INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA (INTERNALIZATION OF CHARACTER EDUCATION THROUGH STAD TYPE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL ON MAIN SUBJECT OF BUFFER)

  • Dita Kusumaningrum . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pngetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Utiya Azizah .

Abstract

Penelitian tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini bertujuan untuk mendeskripsikan penginternalisasian pendidikan karakter melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran kimia pada materi pokok larutan penyangga. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 14 Surabaya pada tanggal 20 Februari sampai 1 Maret 2013 dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel kelas XI IPA 1 yang dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Shot Case Study”. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan karakter siswa oleh observer dan lembar self assesment siswa,. Hasil penelitian pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga menunjukkan bahwa karakter jujur siswa pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-urut memiliki persentase penilaian rata-rata sebesar 79,18%; 72,92%; dan 81,25%. Karakter tanggung jawab siswa pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-urut 74,99%; 87,50%; dan 83,33%. Karakter peduli siswa pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-urut 75,00%; 84,38%; dan 84,38%. Karakter bersih siswa pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-urut 78,13%; 71,88%; dan 84,38% dengan kriteria baik. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa internalisasi karakter jujur, tanggung jawab, peduli, dan bersih dapat dilakukan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Kata kunci : pendidikan karakter, pembelajaran kooperatif tipe STAD, larutan penyangga

Research about STAD type of cooperative learning model aims to describe internalization of character education through STAD type of cooperative learning model to learning the subject matter of chemistry in buffer solution. The study was conducted in 14 Senior High School of Surabaya on February 20 until March 1, 2013, the population is all students of XI class and the samples is XI IPA 1 class were selected at random. The study used a "One shot case study". In this research, the instruments used is character observation sheet by observer and self-assessment by student. The results at the first, second, and third meeting show that the character of honest students at the first, second, and third meeting consecutive sequence has an average assessment percentage of 79,18%; 72,92%; and 81,25%. Responsibility character of students at the first, second, and third meeting consecutive serial 74,99%; 87,50%; and 83,33%. Care character students at the first, second, and third meeting order respectively 75,00%; 84,38%; and 84,38%. Clean character students at the first, second, and third meeting order respectively 78,13%; 71,88%;  and 84,38% with good criteria. From the above data it can be concluded that the internalization of honest character, responsibility, caring, and clean can be done through STAD type of cooperative learning model.

Keywords: character education, STAD cooperative learning, buffer

Published
2013-05-30
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 30