KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 1 SURABAYA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) (SOCIAL SKILL OF STUDENT CLASS X ON ELECTROLYTE AND NON ELECTROLYTE SOLUTION

  • ISDIANTI Fitria FITRIA YUNANI Jurusan Kimia FMIPA Unesa

Abstract

The aims of this research are to figure the students social skills including communication skills (asking as well as contribute ideas or opinions), the skills to be a good listener, and collaboration skills and student learning outcomes through the application of learning models of cooperative Think-Pair-Share (TPS) type. Objective of this study is the students in class X SMA Negeri 1 Surabaya. The design of this study using the “one shoot case study”. Data collection methods for social skills through observation using the observation sheet. The results of this study indicate that (1) students social skills that include asked aspect have good categories at the meeting I and II, present an idea or an opinion aspect have bad category at the meeting I and good category at the meeting II, aspect of being good listener at the meeting I and II have very good categories, and cooperation aspect at the meeting I and II have very good categories.

Key words : Social Skill, Cooperatif Learning Model Think-Pair-Share (TPS),      Electrolyte and Non Electrolyte Solution

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa yang meliputi keterampilan berkomunikasi (bertanya dan menyampaikan ide atau pendapat), keterampilan menjadi pendengar yang baik, dan keterampilan bekerjasama serta hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan “one shoot case study”. Metode pengumpulan data keterampilan sosial melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa  yang meliputi aspek bertanya pada pertemuan I dan II mendapat kategori baik, aspek menyampaikan ide atau pendapat pada pertemuan I mendapat kategori buruk dan pertemuan II mendapat kategori baik, aspek menjadi pendengar yang baik pada pertemuan I dan II mendapat kategori sangat baik, serta aspek bekerjasama pada pertemuan I dan II mendapat kategori sangat baik.

Kata kunci : Keterampilan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit


Published
2012-09-01
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 96