KETERAMPILAN BERPIKIR LEVEL C4, C5, & C6 REVISI TAKSONOMI BLOOM SISWA KELAS X-3 SMAN 1 SUMENEP PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (THE THINKING SKILL C4, C5, & C6 LEVEL REVISION TAXONOMY BLOOM OF

  • Rini Julistiawati . Pendidikan Kimia FMIPA UNESA
  • Bertha Yonata .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa level C4, C5, & C6 Revisi Taksonomi Bloom melalui model pembelajaran inkuiri pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit. Keberhasilan pembelajaran ini dinilai dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil belajar siswa yang terdiri dari tes keterampilan proses dan tes produk. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Shot Case Study”. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar yang berupa tes keterampilan proses dan produk yang berada pada ranah kognitif C4 (analisis), C5 (evaluasi), dan C6 (kreasi) untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian setelah pembelajaran inkuiri menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa (produk) secara individual telah dicapai 26 siswa dan ketuntasan klasikal sudah mencapai 81,25% melebihi kriteria ketuntasan minimal (≥76%). Pada setiap pertemuan semakin banyak siswa yang mendapatkan kategori sangat baik dalam keterampilan proses. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata memperoleh  penilaian baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri.

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, keterampilan berpikir tingkat tinggi, larutan elektrolit dan non elektrolit

The aim of this research to determine higher order thinking skill of student C4, C5, & C6 level Revision Taxonomy Bloom through inquiry learning model on main subject of electrolyte and non electrolyte solution. This study assessed the success of higher order thinking skill of student according to student learning outcomes test which consist of process skill test and product test. The design of this research is “One Shot Case Study”. The research instrument are student learning outcomes sheet consist of process skill test and product which are cognitive level C4 (analyze), C5 (evaluate), and C6 (creat) to know higher order thinking skill. This research result after inquiry learning show that mastery of student learning outcomes (product) the individual has been achieved by 26 students and a classical mastery has reached 81.25% over the criteria mastery minimal (≥76%). For each meeting more and more students are getting category very good for process skill. Higher order thinking skill of student average got good achievement in implementation inquiry learning model.

Keywords: inquiry learning model, higher order thinking skill, electrolyte and non electrolyte solution


Published
2013-05-30
Abstract Views: 1179
PDF Downloads: 479