IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X (THE IMPLEMENTATION OF QUANTUM LEARNING IN THE REDUCTION-OXIDATION REACTION MATTER TO INCREASE THE LEARNING ACTIVITIES OF X GRAD

  • Akhmad Fauzi . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlis . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kuantum pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah One shot case study yaitu penelitian yang dilakukan tanpa adanya kelompok pembanding dan tanpa pretes. Hasil penelitian menunjukkan persentase waktu yang diperlukan siswa untuk melakukan aktivitas bertanya siswa pada pertemuan I, II, dan III sebesar 4.22%, 4.44%, dan 5,56%. Aktivitas berpendapat pada pertemuan I, II, dan III sebesar 11,56%, 8,22%, 6,67%. Aktivitas membaca pada pertemuan I, II, dan III sebesar 8,89%, 8,89%, dan 9,56%. Aktivitas mencatat pada pertemuan I, II, dan III sebesar 3,56%, 4%, dan 7,11%. Aktivitas mengerjakan soal pada pertemuan I, II, dan III sebesar 16,66%, 22,45%, 19,78%. Aktivitas memperhatikan penjelasan guru pada pertemuan I, II, dan III sebesar 42,22%, 42,22%, 43,11%. Aktivitas yang tidak relevan pada pertemuan I, II, dan III sebesar 12,89%, 9,78%, dan 8,21%. Berdasarkan data tersebut aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kuantum memperoleh kategori baik.

Kata kunci: Model pembelajaran kuantum, aktivitas belajar, reaksi reduksi-oksidasi.

The purpose of this research is to know the student activity after applied the quantum learning in the reaction of reduction-oxidation matter. This research was used One Shot Case Study, that are the research without comparison group and no pre-test. The research result shown  the time percentage which needed by the student to ask in the 1st, 2nd, 3rd meeting is 4.22%, 4.44%, and 5.56%. The opine activities in the 1st, 2nd, 3rd meeting is 11.56%, 8.22%, 6.67%. The reading activities in the 1st, 2nd, 3rd meeting is 8.89%, 8.89%, and 9.56%. The writing activities in the1st, 2nd, 3rd meeting is 3.56%, 4%, and 7.11%. The activity of performing the task in the 1st, 2nd, 3rd meeting is 16.66%, 22.45%, 19.78%.  The attention of the teacher explanation in the 1st, 2nd, 3rd meeting is 42.22%, 42.22%, 43.11%. The irrelevant  activities in the 1st, 2nd, 3rd meeting is 12.89%, 9.78%, dan 8.21%. Based on the data of the student activities through applied the quantum learning model, got a good categories.

Keywords: Quantum learning, learning activities, reduction-oxidation reaction.


Published
2013-05-30
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 32