PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PERGESERAN KONSEP SISWA PADA KETIGA LEVEL REPRESENTATIF KIMIA (MAKROSKOPIS, SUBMIKROSKOPIS, DAN SIMBOLIK) PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA UNTUK SISWA KELAS XI SMA N 1 KERTOSONO NGANJUK (THE EFFECT OF ANIMAT

  • Adji Dovan Tri Rahmawan Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Sukarmin . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media animasi terhadap pergeseran konsep siswa pada ketiga level representatif (makroskopis, mikroskopis, dan simbolik) pada materi pokok larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tes tertulis dimana soal yang diberikan berupa soal benar salah yang dikombinasikan dengan metode CRI (Certainty Response Index). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada konsepsi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami kenaikan pada 3 level representatif. Pada level makroskopis, CRIB kelas kontrol naik dari 0,80 menjadi 3,35, sedangkan pada kelas eksperimen naik dari 0,94 menjadi 3,48. Pada level submikroskopis, CRIB kelas kontrol naik dari 0,07 menjadi 3,42, dan pada kelas eksperimen naik dari 1,05 menjadi 3,47. Pada level simbolik, CRIB kelas kontrol naik dari naik dari 0,39 menjadi 3,35, dan pada kelas eksperimen naik dari 0,61 menjadi 3,49. Berdasarkan perhitungan CRIS, kedua kelas tidak mengalami miskonsepsi pada prakonsepsi dan penguasaan konsep akhirnya. Hasil CRI untuk kedua kelas menunjukkan bahwa kelas sampel telah masuk ke dalam kategori tahu konsep, namun kelas eksperimen melalui penerapan media animasi mampu menguasai konsep lebih baik dari kelas kontrol.

Kata Kunci : Pergeseran konsep, animasi, CRI, level representatif

The purpose of this research is to learn about how animation media implementation can affect student conception shifting on three representative levels of chemistry (macroscopic, submicroscopic, and symbolic) of buffer. The data collecting method is a test which questions are right-wrong statement that have combined with CRI (Certainty Response Index). Basen on the result of research, students conception in control and experiment classes of three representative levels have increased. In macroscopic level, RCRI of control class increase from 0,80 t0 3,48, and RCRI of experiment class increase fromĀ  0,94 to 3,48. In submicrocopic level, RCRI of control class increase from 0,77 to 3,42, and RCRI of experiment class raise from 1,05 to 3,47. In symbolic level, RCRI of control class increase from 0,39 to 3,35, and RCRI of experiment class increase from 0,61 to 3,49. Based on calculation of WCRI, sample classes have no misconception for praconception and concept mastery after the implementation. The CRI Result of both classes show that the sample classes have included in know knowlegde cathegory, but the experiment class, through the animation medias implementation, can master the concept better than the control class.

Keywords : Conception Shifting, animation, CRI, representative level

Published
2013-05-30
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 98