PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER MENGHARGAI BAGI SISWA KELAS XI IPA MA BAHAUDDIN SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROXIMATION I

  • Misbachun Nisya’ . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlis . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter menghargai dan hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan Contxtual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Bahauddin Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat siklus yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan karakter menghargai siswa pada putaran I sebesar 62,5% dengan kategori baik, pada putaran II sebesar 70,8% dengan kategori baik, dan pada putaran III sebesar 81,2% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada putaran I sebesar 62,5%, pada putaran II sebesar 87,5%, pada putaran III sebesar 87,5%. Berdasarkan data tersebut selama penerapan pendekatan CTL karakter menghargai siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal pada putaran II dan III.

Kata kunci: pendekatan CTL, karakter menghargai, hidrolisis garam.

The purpose of this research is to know the student appreciate character and student learning outcomes after the application of CTL approximation in the salt hydrolysis matter. The subjects were students of class XI IPA MA Bahauddin Sidoarjo. The method used is action research with four cycle, 1) planning, 2) implementation, 3) observation, and 4) reflection. The result  showed that student  appreciate character at the first meeting is 62.5% in a good categories, the second meeting is 70.8% in a good categories, the third meeting is 81.2% in a very good categories. Student learning outcomes at the first meeting is 62.5%, the second meeting is 87.5%, and the third meeting is 87.5%. Based on that data during application of CTL approximation the student appreciate character  increased and the student learning outcomes has reached total learning outcomes.

Keywords: CTL approximation, appreciate character, salt hydrolysis.


Published
2013-05-30
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 49