THE IMPLEMENTATION OF LEARNING COMMUNITY STRATEGY THROUGH STAD TYPE OF COOPERATIVE LEARNING IN HYDROLYSIS MATTER TO TRAIN STUDENT RESPONSIBILITY IN CLASS OF XI IPA 3 SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v2n2.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tanggung jawab siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran yang menerapkan strategi learning community dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok hidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi. Penelitian dilakukan di kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Manyar Gresik tahun ajaran 2012-2013 pada materi pokok hidrolisis. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh data yaitu waktu yang digunakan siswa untuk aktivitas yang mencerminkan learning community sebesar 57,1% pada pertemuan I dan 66% pada pertemuan II dari total waktu 90 menit. Hasil pengamatan karakter tanggung jawab pada pada pertemuan I terdapat 5 siswa yang memperoleh nilai karakter dengan kategori membudidaya dan 28 siswa memperoleh kategori mulai berkembang. Pada pertemuan II, terjadi penurunan jumlah siswa yang memperoleh kategori mulai berkembang menjadi 12 siswa, dan jumlah siswa yang memperoleh kategori membudidaya naik menjadi 21 siswa. Sebanyak 72,7% siswa mengalami kenaikan nilai karakter tanggung jawab dari pertemuan I ke pertemuan II. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terwujudnya learning community dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa.Kata Kunci :Learning community, karakter tanggung jawab, aktivitas siswa, pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
Abstract
The purpose of this research is to know the student responsibility during implementation of learning community strategy through cooperative learning STAD type in hydrolysis matter. The research was conducted in class XI IPA 3 SMA Negeri 1 Manyar Gresik school-year 2012-2013 in hydrolysis matter used observation method. Based on the observation of student activity showed that the time students to spend for activities that reflect learning community is 57.1% in the first meeting and 66% in the second meeting of total time of 90 minutes. Observations on student responsibility in the first meeting are 5 students got cultivate category and 28 students got began to develop category. In the second meeting, there was a decreasing number of students who get the category began to develop into 12 students, and the number of students who get cultivate category increase into 21. As many as of 72.7% of students got increasing in the value of responsibility from the first meeting to the second meeting. Based on those result, it can be conclude that the implementation of learning community can increase the value of responsibility.
Key word : Learning community, responsibility, STAD type of cooperative learning
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

