PENINGKATAN SELF EFFICACY DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI SMAN 9 SURABAYA (INCREASE IN SELF EFFICACY AND CRITICAL THINKING THROUGH IMPLEMENTATION MODEL STUDY OF INKUIRY ON SUBJECT MATTER O

  • NURIKA Hanifah HANIFAH Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

Critical thinking skills can basically train student’s self-efficacy. One of the determination of student’s self-efficacy is how a person thinks. This study aims to describe an increase in critical thinking and self-efficacy of students through the application of inquiry learning model. Targets in this study are 40 students at XI IPA 3 in SMA Negeri 9 Surabaya. This study is an experimental study using the "One Group Pretest posttest design". Average of pretest self-efficacy results in the classical style is 65.86 increased to 86.45 on the posttest. In the calculation of the t test, the price of 20.259 t count bigger than t table price, which means existence of different of pretest and posttest in self-efficacy after applying the learning by using a model of inquiry learning. An increase in the classical style which is an average result of students' critical thinking test of 10.94 to 78.05. Based on a t test, the price of 54.402 t count bigger than t table with a significant level of 0.05, meaning that inquiry learning model can give different result of pretest and posttest to students' critical thinking.

Key Words: Inquiry Learning Model, Critical Thinking, Self Efficacy

Kemampuan berpikir kritis pada dasarnya dapat melatih self efficacy siswa. Salah satu dalam menentukan self efficacy yaitu bagaimana seseorang berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis dan self efficacy siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 9 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan “One Group Pretest Posttest Design”. Rata-rata Hasil pretest self efficacy secara klasikal yaitu 65,86 meningkat menjadi 86,45 pada hasil posttest. Pada perhitungan uji t, harga t hitung sebesar 20,259 lebih besar dari harga t tabel, artinya adanya perbedaan pretest dan posttest pada self efficacy setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Adanya peningkatan secara klasikal yaitu rata-rata hasil tes berpikir kritis siswa dari 10,94 menjadi 78,05. Berdasarkan perhitungan uji t, harga t hitung sebesar 54,402 lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikan 0,05, artinya model pembelajaran inkuiri dapat memberikan perbedaan hasil tes pretest dan posttest berpikir kritis siswa.

Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Kritis, Self Efficacy.


Published
2012-09-01
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 224