Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Direct Instruction melalui Blended Learning pada Materi Hidrokarbon
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v8n2.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa yang efektif ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan dari LKS berorientasi direct instruction melalui blended learning pada materi hidrokarbon. Model pengembangan LKS menggunakan model 4-D dari Thiagarajan,dkk (1974) yang terdiri 4 tahapan pengembangan ini yaitu define, design, develop dan disseminate akan tetapi pada disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini terbatas pada tahap uji coba. Lembar kerja siswa ini ditelaah dan divalidasi oleh 2 dosen kimia UNESA dan 1 guru kimia SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Subyek penelitian adalah 15 siswa kelas XI MIA 6 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan terdiri dari 3 LKS dinyatakan valid dengan kategori valid dan sangat valid dengan perolehan persentase kelaakan sebesar (a) LKS-1 80,48%; (b)LKS-2 82,70%; dan (c)LKS-3 82,70%.
Kata Kunci:LKS, direct instruction, blended learning, hidrokarbon.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

