MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

  • ADE TIYAS WIDYAWATI
  • HARUN NASRUDDIN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 36 siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada tiga pertemuan tiap fase memperoleh rata-rata persentase 87,96%; 91,67%; 87,14%; 88,89%; dan 83,33% dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa yang relevan terhadap proses pembelajaran memperoleh rata-rata persentase pada pertemuan I, II, dan III berturut-turut sebesar 97,50%; 97,92%; dan 98,33%. (3) Nilai rata-rata keterampilan metakognitif siswa terjadi adanya peningkatan dari uji Gain Score nilai pre-test dan post-test yaitu sebanyak 5,56% siswa termasuk kategori rendah, 33,33% siswa termasuk kategori sedang, dan 61,11% siswa termasuk kategori tinggi. Data pendukung menggunakan inventori metakognitif dengan perolehan nilai keterampilan merencanakan, keterampilan memantau dan keterampilan mengevaluasi berturut-turut adalah 85,22 (sangat baik); 82,14 (sangat baik); dan 78,36 (baik). (4) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif tuntas secara klasikal sebesar 86,11%.

Kata kunci: Keterampilan metakognitif, inkuiri terbimbing, kesetimbangan kimia.


Abstract

This research aims to describe the metacognitive skills of students through the application of guided inquiry learning models in chemical equilibrium matter of class XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. The type of research that used was pre-experimental with research design "One Group Pre-test Post-test Design" with the subject of the study as many as 36 students of class XI MIA 2 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. The results of the study show that: (1) The implementation of the guided inquiry learning model at the three meetings in each phase obtained an average percentage of 87.96%; 91.67%; 87.14%; 88.89%; and 83.33% with very good criteria. (2) Student activities relevant to the learning process obtain an average percentage in meetings I, II, and III respectively at 97.50%; 97.92%; and 98.33%. (3) The average value of students metacognitive skills occurs when there is an increase in the Gain Score test of the pre-test and post-test scores, which is 5.56% of students including the low category, 33.33% of the students including the moderate category, and 61.11% students belong to the high category. Supporting data using metacognitive inventory with the acquisition of the value of planning skills, monitoring skills, and evaluating skills respectively 85.22 (very good); 82.14 (very good); and 78.36 (good). (4) Student learning outcomes in the cognitive realm complete in a classical manner at 86.11%.

Keywords: Metacognitive skills, guided inquiry, chemical equilibrium.


Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 230
PDF Downloads: 222