PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA

  • NIMAH NURUL AFIFAH
  • MITARLIS

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran, aktvitas siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan sasaran 36 siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Waru Sidoarjo. Pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design dengan metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Hasil penilitian diketahui (1) Rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam tiga pertemuan yaitu, Pendahuluan 95,83% (sangat baik), Fase 1 100% (sangat baik), Fase 2 95,84% (sangat baik), Fase 3 100% (sangat baik), Fase 4 93,75 (sangat baik), Fase 5 93,05 (sangat baik) dan Penutup 100% (sangat baik). (2) Persentase aktivitas relevan siswa tiap-tiap pertemuan sebesar 99,45% pertemuan pertama, 98,9% pertemuan kedua dan 100% pada pertemuan ketiga. (3) Keterampilan berpikir kritis siswa dalam tiga pertemuan mengalami kenaikan dengan hasil posttest akhir menunjukkan persentase sebesar 66,67% pada kategori sedang dan 33,33% pada kategori tinggi. (4) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan rata-rata hasil pretest dan posttest yang diperoleh yaitu sebesar 70,18 dan 95,55. (5) Pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing mendapatkan respon positif dari siswa dengan memperoleh jawaban positif sebesar 97,84%.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa

The aim of this research is explain the feasibility of the implementation learning model, student activity, improvement of critical thinking skills, learning outcomes and student responses after applied guided inquiry learning models on acid-base material. The type of this research is quantitative descriptive with the target is 36 students of Eleven Science Five at Senior High School 1 Waru Sidoarjo. This research use the one group pretest-posttest design with method of data collection is observation and testing. The results of the research are known (1) The average implementation of the guided inquiry learning model in three meetings, namely, Introduction 95.83% (very good), Phase 1 100% (very good), Phase 2 95.84% (very good), Phase 3 100% (very good), Phase 4 93.75 (very good), Phase 5 93.05 (very good) and Closing 100% (very good). (2) Percentage of relevant activities of students at each meeting of 99.45% in the first meeting, 98.9% in the second meeting and 100% in the third meeting. (3) Critical thinking skills of students in the three meetings increased with the results of the final Posttest showing a percentage of 66.67% in the medium category and 33.33% in the high category. (4) Student learning outcomes have increased after using guided inquiry model learning with the average results of the pretest and posttest obtained which were equal to 70.18 and 95.55. (5) Learning using a guided inquiry model gets a positive response from students by obtaining a positive answer of 97.84%.

Keyword : Guided Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skills, Acid Base

Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 33