PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMAN 1 WARU

  • Siti Mahmuda Universitas Negeri Surabaya
  • Utiya Azizah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran dengan model
kooperatif tipe NHT, aktivitas peserta didik, dan melatihkan keterampilan metakognitif pada materi asam
basa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu One Group Pre-test Post-test pada kelas XI MIA
6 SMAN 1 Waru sebanyak 36 peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan : 1) Nilai
keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tiap-tiap fase berturut-turut sebesar 4,00;
3,33; 4,00; 3,89; 3,93; dan 3,85 pada pertemuan pertama, pada pertemuan 2 berturut-turut sebesar 4,00;
3,56; 4,00; 4,00; 4,00; dan 4,00, pada pertemuan 3 berturut-turut sebesar 4,00; 4,00; 4,00; 4,00; 4,00; dan
3,70, dengan kategori sangat baik. 2) Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1, 2, dan 3 yang memiliki
persentase lebih besar adalah peserta didik saat melakukan percobaan (monitoring skills) yang mempunyai
persentase rata-rata sebesar 23,90%, 17,40%, dan 18,30% dibanding dengan aktivitas peserta didik yang
lainnya. 3) Keterampilan metakognitif mengalami peningkatan yang baik memperoleh N-gain sebesar
80,56% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
kooperatif tipe NHT dapat melatihkan keterampilan metakognitif pada materi asam basa meningkat secara
baik.
Kata kunci: NHT, keterlaksanaan, aktivitas, keterampilan metakognitif.
Abstract
This study aims to describe the implementation of learning models with NHT type cooperative models,
student activities, and practice the metacognitive skills on acid-base material. The design used in the study
is One Group Pre-Test Post-test in class XI MIA 6 SMAN 1 Waru as many 36 students. The results of the
research that have done show: 1) The value of the implementation of the NHT type of cooperative learning
model in each successive phase is 4.00; 3.33; 4.00; 3.89; 3.93; and 3.85 at the first meeting, at the 2nd
meeting in a row at 4.00; 3.56; 4.00; 4.00; 4.00; and 4.00, at the 3rd meeting in a row at 4.00; 4.00;
4.00; 4.00; 4.00; and 3.70, with a perfect category. 2) Student activities at meetings 1, 2, and 3 that have
a Higher percentage are students when conducting experiments (monitoring skills), which have an average
rate of 23.90%, 17.40%, and 18.30% compared to the activities of other students. 3) Metacognitive skills
had a good increase in N-gain of 80.56% with a high category. Based on results of the study, it could be
concluded that the implementiton of NHT type cooperative model can practice metacognitive skills on acidbase material to increase correctly.
Keywords: NHT, Feasibility, Activity, Metacognitive skills.
PENDAHULUAN
Pendidikan pada saat ini menjadi hal yang
sangat krusikal bagi semua aspek kehidupan, yang
dimana pemerintah dan masyarakat memegang
peranan yang sangat penting. Banyak perubahan
yang terjadi pada sistem pendidikan guna dapat
meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Pengembangan kualitas sumber d

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 401