HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF COLLISIONS DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Ilham Pradana Putra Harahap SMA GIKI 1 Surabaya
  • Fitrah Nadia Rizqiyyah SMA Unggulan Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto
  • Pradnya Parameswari Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Multimedia interaktif Collisions, Hasil belajar, Persepsi

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi dunia pendidikan di Indonesia, dengan sistem pembelajaran jarak jauh menuntut guru dan peserta didik untuk lebih inovatif dan komunikatif, salah satunya dengan penggunaan multimedia interaktif Collisions sebagai media pembelajaran saat daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan persepsi peserta didik melalui pembelajaran berbasis multimedia interaktif Collisions pada materi ikatan kimia. Subjek penelitian yaitu peserta didik SMA GIKI 1 Surabaya dan SMA Unggulan Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Peningkatan hasil belajar peserta didik SMA GIKI 1 Surabaya dapat dikategorikan tinggi karena rata-rata n-gain yang mencapai 0,89. Peningkatan hasil belajar peserta didik SMA Unggulan Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto dapat dikategorikan tinggi karena rata-rata n-gain yang mencapai 0,88. Persepsi peserta didik terhadap multimedia interaktif Collisions termasuk kategori sangat baik dengan persentase positif pada tiap aspek mencapai >80%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dan peserta didik memberikan persepsi yang sangat baik melalui pembelajaran berbasis multimedia interaktif Collisions pada materi ikatan kimia.

References

Amalia, A., & Sa’adah, N. 2020. Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia.
Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1, 1–6.

PlaymadaGames. 2020. Collisions. Playmada Games LLC. https://www.playmadagames.com/

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910–1924. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p 1910-1924

Slavin, R. E. 2018. Educational Psychology : Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education, Inc.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., & Pintrich, P. R. (Eds.). 2001. ATaxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (Abridged). Addison Wesley Longman.

Mari'a, H & Ismono. 2021. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dipadukan dengan Keterampilan HOTS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Studi Literatur. Unesa Journal of Chemical Education, 10(1): 10-21.

Ramadhan, V. C., Ramadani, & Sulastry, T. 2019. Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Makassar
(Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Chemica, 20(2), 213–221.

Sudiatmika, I. M. A., Subagia, I. W., & Muderawan, I. W. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model
Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 172–178.

Iswara, G. P. S., Kuswandi, D., & Husna, A. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi Dengan
Simulasi Untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 6(2), 58–68. https://doi.org/10.17977/um031v6i22
020p058

Jumadil, J., Gonggo, S. T., & Rahmawati, S. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Multimedia pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMK Negeri Parigi Selatan. Jurnal Akademika Kimia, 2(1), 39–46.

Setiawan, M. A., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. 2016. Pengaruh Bahan Ajar

Rakhmat, J. 2000. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. 2011. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Rizqiyyah, F. N. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Conceptual Change Untuk Meremidiasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A sixthousand-student survey of-mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(64), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Wahyuni, S., Marwan, A. R., & Susanna. 2017. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 135-140.
Published
2021-11-26
Section
Articles
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 245