PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING VIRTUAL LABORATORY DENGAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC WRITING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

  • Maryone Saija Universitas Negeri Malag
  • Lazarus Kalvein Beay Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku https://orcid.org/0000-0002-1550-8363
  • Ayu Ningrum Widyasari STIA Said Perintah Masohi
  • Windy Wonmaly Universitas Victory Sorong
Keywords: problem solving, problem solving virtual laboratory, scientific writing, literasi sains

Abstract

Pembelajaran kimia melibatkan siswa dalam praktik sains di dalam kelas maupun laboratorium. Pembelajaran online telah menjadi kebutuhan dunia pendidikan sejak pandemi Covid melanda dunia. Praktikum virtual dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas pembelajaran problem solving virtual laboratory dengan scientific writing untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Desain penelitian adalah quasi experiment pretest-postest control group. Sampel penelitian adalah 140 siswa kelas XI SMA Negeri di Indonesia. 70 siswa di kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran problem solving virtual laboratory dengan scientific writing; dan 70 siswa di kelompok kontrol dengan pembelajaran tanpa eksperimen virtual. Instrumen penelitian adalah tes literasi sains dengan 7 item yang telah divalidasi dan nilai reliabilitas Alpha Cronbach’s sebesar 0.869. Data dianalisis dengan ANCOVA, karena data penelitian terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving virtual laboratory dengan scientific writing berhasil meningkatkan kemampuan literasi sains siswa secara signifikan dengan nilai efek size sebesar 0.748. Analisis deskriptif hasil post-test memperlihatkan bahwa jumlah siswa yang mencapai level tinggi pada kelas eksperimen (54.29%) lebih banyak bila dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol (19.41%). Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran kimia perlu mengintegrasikan eksperimen virtual dan melatih kemampuan scientific writing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

References

Cavas, B., Cavas, P., Ozdem, Y., Rannikmae, M., & Ertepinar, H. 2012. Research Trends in Science Education from the Education from the Perspective of Journal of Baltic Science Education: A Content Analysis from 2002 to 2011. Journal of Baltic Science Education, Vol 11, No 1, pp. 94-103.

OECD. 2016. Country Note-Results from PISA 2015: Indonesia. In OECD. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015Indonesia.pdf. Diakses tanggal 07 Agustus 2021.

Laksono, P. J. 2018. Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 2, No 1, pp. 112.

Saija, M., & Namakule, U. 2019. Profil Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, Vol 7, No 2, pp. 31-38.

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. 2005. The Importance Of Involving High-School Chemistry Teachers In The Process Of Defining The Operational Meaning Of ‘Chemical Literacy’. International Journal of Science Teaching, Vol 27, pp. 323-344.

Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. 2014. Developing a Measure of Scientific Literacy for Middle School Students. Science Education, Vol 98, No 4, pp. 549-580.

Imani, H. A., Ika, M. S., Purwanto. 2016. Profil Literasi Sains Siswa SMP di Kota Bandung terkait Tema Pemanasan Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 242-248. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/wpcontent/uploads/2017/02/Hajar-Adha-242248.pdf.

Basilaia, G., Dgebuadze, M., Kantaria, M., & Chokhonelidze, G. 2020. Replacing The Classic Learning Form At Universities As An Immediate Response To The COVID-19 Virus Infection In Georgia. International Journal for Research in Applied Science & Engineering Technology, Vol 8, No 3, pp. 101-108.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. 2020. Transition To Online Education In Schools During A SARS-CoV- 2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, Vol 5, No 4, pp. 1-9.

Chen, J., Qi, T., Liu, L., Ling, Y., Qian, Z., Li, T., & Song, Z. 2020. Clinical Progression Of Patients With COVID-19 in Shanghai, China. Journal of Infection, Vol 80, No 5, pp. 1-6.

Dhawan, S. 2020. Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Education Technology Systems,Vol 49, No 1, pp. 5-22.

Zhu, X., & Liu, J. 2020. Education in and After Covid-19: Immediate Responses and LongTerm Visions. Postdigital Science and Education,Vol 2, No 3, pp. 695-699.

Hermanto, Y., & Srimulyani, V. A. 2021. The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic Jurnal Pendidikan & Pengajaran, Vol 54, No 1, pp. 46-57.

Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., & Iqbal, M. 2020, Pendidikan Di Era Revolusi4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Deng, Y., Kelly, G. J., & Xiao, L. 2019. The Development Of Chinese Undergraduate Students’ Competence Of Scientific Writing In The Context Of An Advanced Organic Chemistry Experiment Course. Chemistry Education Research and Practice, Vol 20, No 1, pp. 270-287.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. 2016. STEM Virtual Lab: An Alternative Practical Media to Enhance Student’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 5, No 2, pp. 239-246.

Totiana, F., VH Susanti, E., & Redjeki, T. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 1, No 1, pp. 74-79.

Laila, S. I., & Anggaryani, M. 2021. The Use of STEM-Based Virtual Laboratory (PhET) of Newton’s Law to Improve Students’ Problem Solving Skills. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 9, No 2, pp. 125-133.
Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract Views: 249
PDF Downloads: 225