EFEKTIFITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS

  • Coni Norviana Arisandy Unesa
  • Rudiana Agustini Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Poedjiastoeti Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: efektivitas, perangkat pembelajaran, kemampuan analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektifan perangkat pembelajaran sains berbasisis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik SMP/MTs pada bahasan perubahan materi. Kemampuan analisis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk memecahkan suatu masalah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Faktor yang diteliti berupa keefektifan perangkat yang didapat dari tes kemampuan analisis serta aktifitas peserta didik. Data diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. berdasarkan hasil evaluasi pretest dan posttest presentase ketuntasan klasikal 13 % menjadi 93% dan nilai N-Gain rata-rata 0,74 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembagan perangkat pembelajaran sains berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik.

References

Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, pp. 2239-2253.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung: PT Refika aditama.

Rosadi, I., Maridi, & Sunarno, W. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI MIA Madrasah Aliyah Negeri 2 Ngawi. Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan Biologi UKSW, pp. 250-256.

Annisa, N., Dwiastuti, S., & Fatmawati, U. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melakui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unnes.J.Biol.Educ. Vol 5, No. 2, pp. 163 - 170.

Zulfah, H., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2015). Penerapan Inquiry Learning Dipadu Jurnal Belajar Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis pada Siswa Kelas XI MIA 3 SMA N 7 Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Belajar Reflektif, pp. 466-469.

Devi, F., Irianto, S., & Muryaningsih, S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Kurikulum 2013 Berbasisi Kompetensi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, pp. 74-79.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning Teaching and Assessing. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) Vol 2, No 1, pp. 80 - 89.

Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 25285742), pp. 359-367.

Achmad, P. I. (2016). Penaruh Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analisis . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 19 Tahun ke-5, 1861 - 1869.

Apriani, H., Rizkiana, F., & Khairunnisa, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Zat dan Kerakteristiknya. l Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 11, No. 2, 135148.

Nuangchalerm, P. (2009). Cognitive Development, Analytical Thinking and Learning Satisfaction of Second Grade Students Learned through Inquiry-based Learning . Asian Social Science vol 5, no 10, 82-87.

Hamdani, M. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Puspaningtyas, K., & Suparno. (2017). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis dan Keterampilan Proses Sains. Indonesian Journal of Science and Education, Volume 1, Nomor 1, 8-16.

Arafah, S. F., Ridlo, S., & Priyono, B. (2012). Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, pp 47-53.

Junarti, Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2011). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN KIMIA DAN FISIKA DI KELAS VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 7, No 1, pp 1-9.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabet

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1 ISSN 2528-259X (pp. 263 - 278). Malang: Universitas Kanjuruhan.

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru Ipa Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, pp 66-70.

Wahyuningsih, F., Saputro, S., & Mulyani, S. (2014). Pengembangan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia, Vol.17 No. 1, pp 94-103.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psycho Log^^ : Theory And Practice (8th ed ed.). (A. E. Burvikovs, Ed.) Pearsn Education, Inc.

Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, Vol 06, No 2, pp 209-219.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Areesophonpichet, S. (2013). A Development of Analytical Thinking Skills of Graduate Students by Using Concept Mapping. The Asian Conference on Education 2013 Official Conference Proceeding. (pp.795-816). Thailand: Chulalongkorn University.

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, pp 230-237.

Bierera, E., & Muchlis. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analitis Pada Materi Elektrolit Dan Nonelektrolit . UNESA Journal of Chemical Education, pp 149-158.

Wina, S. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Published
2021-12-29
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 9851