PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN LITERASI SAINS UNTUK SISWA TUNARUNGU SMALB

Authors

  • Marlisa Dwi Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Poedjiastoeti Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p23-33

Keywords:

MMI, media pembelajaran, literasi sains, siswa tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif (MMI) sebagai media pembelajaran penunjang kegiatan literasi sains bagi siswa tunarungu yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) oleh Sukmadinata. Uji coba terbatas dilakukan kepada 5 siswa kelas XI SMALB Negeri Gedangan Sidoarjo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon, observasi siswa, dan lembar tes. Hasil Penelitian menunjukkan validitas MMI yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, penyajian, dan kebahasaan masing-masing mendapatkan penilaian dengan rentang presentase 80,00% - 93,33%; 80,00% - 100%; dan 86,67% - 93,33% dengan modus masing-masing 4-5, dari ketiga aspek masuk kategori validengan kriteria sengat baik. Kepraktisan ditinjau dari respon siswa dengan rentang presentase 60% - 100% dan hasil observasi siswa selama tahap uji coba dengan persentase 100%. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa rentang nilai 80 - 100 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa MMI yang dikembangkan pada materi kimia dalam rumah tangga untuk siswa tunarungu layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syofyan, H., dan Amir, T. L. 2019. Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA untuk Calon Guru SD. Journal Pendidikan Dasar, Vol. 10, No. 2, pp. 35–43.

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., dan Amalyaningsih, R. 2020. Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, Vol. 1, No. 1, pp. 32–36.

Kemendikbud, Tim. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa. Jakarta: Kemendikbud

Poedjiastoeti, S., Wagino, dan Soffa, D. A. 2019. School Literacy Movement, Scientific Literacy, and Science Matter Iventory for Hearing Impaired Students. Atlantis Highlights in Chemistry and Pharmaceutical Sciences, Vol. 1, pp. 202-208.

Zahroh, F., Habibi, H., dan Herowati, H. 2018. Pengembangan Media Video Sains Interaktif untuk Siswa SLB Tunarungu. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2, pp. 54–68.

Wauters, L. N., Van Bon, W. H. J., dan Tellings, A. E. J. M. 2006. Reading comprehension of Dutch deaf children. Reading and Writing, Vol. 19, No. 1, pp. 49–76.

Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3, No. 2, pp. 21–28.

Nurhayati, E. J., Yasir, N., dan Ernawalis. 2019. Meningkatkan Literasi Sains dengan Multimedia. Simpul Juara, Vol. 1, No. 1, pp. 28–35.

Setyaningsih, F. 2018. Analisis Literasi Sains Pada Siswa Tunarung Terhadap konsep IPA. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 12, No. 3, pp. 1–21.

Permana, M. S., Johar, D., dan Bunyamin. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, Vol. 11, No. 2, pp. 254–263.

A’yuni, N. Q., dan Sukarmin. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Tema Makanan dan Minuman Bergizi Untuk Siswa SMPLB Tunarungu. Journal of Chemical Education, Vol. 9, No. 1, pp. 94–100.

Herlianti, J. J. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran IPA bagi Anak Tunarungu Kelas VI di SLB YPPLB Padang. Jurnal Ilmiah Pendidkan Khusus, Vol. 1, No. 1, pp. 60–71.

Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wahyuni, P. S., dan Poedjiastoeti, S. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Pokok Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Siswa SMALB Tunarungu. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 5, No. 3, pp. 703-709.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish

Alias, A., Mustaffa, dan Halabi. 2015. Enhancing Learning Ability Among Deaf Students Using Interactive Images. International Journal of Education and Research, Vol. 3, No. 3, pp. 285-296.

Nikolaraizi, M., Vekiri, I., dan Easterbrooks, S.R. 2013. Investigating Deaf Students’ Use of Visual Multimedia Resources in Reading Comprehension. American of the Deaf, Vol. 157, No. 5, pp. 458-473.

Darmawan, D. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Efendi, M. 2009. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suparno. 2001. Pendekatan Komunikasi Total bagi Anak Tunarungu. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan Nomer 3

Slavin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Indeks.’

Yusuf, S. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Soemantri, S. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika.

Rahayu, P. 2019. Multimedia Interaktif Berbasis Komunikasi Total (KOMTAL) pada Materi Bahan Kimia di Rumah Tangga untuk Pesertad didik SMPLB-B. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 8, No. 3, pp. 299-304.

Downloads

Published

2021-12-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 336 , PDF Downloads: 45