KORELASI KEBERHASILAN MODEL STAD SECARA DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

  • Yulinarti Choinirul Nisyah Pendidikan Kimia Universitas Jambi
  • Syamsurizal Syamsurizal Pendidikan Kimia Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan model STAD secara daring dan menentukan apakah terdapat korelasi yang positif antara model STAD dengan kemampuan  berpikir kritis siswa pada pokok bahasan” larutan penyangga”.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini didesain dengan mixed method dan model Triangulasi Konkuren. Subjek penelitian ditetapkan kelas XI MIPA 3 SMAN 3 Kota Jambi secara purposive sampling. Interpretasi data melalui analisis substantive dan analisis korelasional. Hasil penelitian selama tiga kali kegiatan pembelajaran daring menunjukkan efektifitas model STAD cenderung meningkat dengan nilai rata-rata 34,68 ±5,69; 41,66 ±5,29; 55,18 ±8,07. Berdasarkan capaian keberhasilan model STAD tersebut terlihat pula berkorelasi positif dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan capaian nilai rata-rata sebesar 29,55 ±6,09; 40,17 ±5,32; 53,04 ±11,59 dengan nilai korelasi, rxy = 0,70 termasuk kategori kuat sedangkan koefisien determinasinya 49% kategori sedang.

Published
2021-12-20
How to Cite
Nisyah, Y., & Syamsurizal, S. (2021). KORELASI KEBERHASILAN MODEL STAD SECARA DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. UNESA Journal of Chemical Education, 11(1), 70-77. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p70-77
Section
Articles
Abstract View: 43
PDF Download: 63