KORELASI MODEL KOOPERATIF STAD SECARA DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

  • Yulinarti Choinirul Nisyah Pendidikan Kimia Universitas Jambi
  • Fatria Dewi Universitas Jambi Kampus Mendalo
  • Syamsurizal Syamsurizal Pendidikan Kimia Universitas Jambi
Keywords: STAD, berpikir kritis, korelasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan model kooperatif STAD secara daring dan menentukan apakah terdapat korelasi yang positif antara model kooperatif STAD dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan” larutan penyangga”.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini didesain dengan mixed method dan model Triangulasi Konkuren. Subjek penelitian ditetapkan kelas XI MIPA 3 SMAN 3 Kota Jambi secara purposive sampling. Interpretasi data melalui analisis substantive dan analisis korelasional. Hasil penelitian selama tiga kali kegiatan pembelajaran daring menunjukkan efektifitas model kooperatif STAD cenderung meningkat dengan nilai rata-rata 34,68 ±5,69; 41,66 ±5,29; 55,18 ±8,07. Adapun faktor-faktor pendukung pencapain keberhasilan model kooperatif STAD ini adalah suasana yang tercipta, kemandirian dan rasa keigin tahuan siswa. Berdasarkan capaian keberhasilan model kooperatif STAD tersebut terlihat pula berkorelasi positif dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan capaian nilai rata-rata sebesar 29,55 ±6,09; 40,17 ±5,32; 53,04 ±11,59 dengan nilai korelasi, rxy = 0,70 termasuk kategori kuat sedangkan koefisien determinasinya 49% kategori sedang.

References

Sariati., Kadek. N., Suardana., Nyoman. I., Waratini., & Made.I. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran., Vol.
4, No.1, pp. 86-97.

Hidayati, N. 2016. Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajran IPA Melalui Kerja Ilmiah. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13,
No. 1, pp. 118-127

Dewi, L. M. S., Wibawa, I. M. C., & Agustiana, T. I. G. A. 2020. Improving Science Learning Outcomes Through Student Team Achievement Division (STAD). International Journal of Elementary Education., Vol. 4, No. 3, pp. 329.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. 2019. Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review., Vol. 4, No. 4, pp. 517–524.

Murtihapsari., Sri, N, P., & Radite, Y. 2021. Ulasan: Keberhasilan Belajar Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Title. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 5, No. 1, pp. 38–48.

Khairunnisa, I., & Aziz, M. T. 2019. Implementation of Cooperative Learning Model Learning Through The STAD Method in Improving Student’s Critical Thinking Ability. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application)., VOl. 2, No. 1, pp. 9-11.

Hariyati, Budi J, & Raharjo. 2020. Development of Online Science Learning Devices Cooperative Model Type STAD Assisted by Video Media to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research., Vol. 1, No. 3, pp. 301–313.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. 2021. Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary., Vol. 4, No. 1, pp 18-22.

Arends. 2012. Learning To Teach, Ninth Edition. McGraw-Hill.

Irna Hanifah Ameliah, Mumun Munawaroh, A. M. 2016. The Influence of Curiosity and Self-Confidence of Students. EduMa Vol. 5
No. 1, pp 9–21.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Kencana Prenada Media Group.

Suranto. 2015. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., Vol. 25, No. 2, pp. 11–19.

Anzora. 2017. Analisis Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Teori Humanistik. Jurnal Gantang., Vol. 2, pp. 99–103.

Warkintin. 2014. Hubungan Keaktifan Mengemukakan Pendapat dalam Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Vox Edukasi., Vol. 5, No. 1, pp. 125–130.

Wahyuni., Masshudi., & Bambang, B, U. 2019. Analisis Penerapan Metode Diskusi Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas X. Untan Pontianak: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan FKIP.
Published
2021-12-20
Section
Articles
Abstract Views: 172
PDF Downloads: 200