Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Aplikasi PhET Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

  • Syam Qeisha Kaukaba Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan aplikasi PhET pada pembelajaran konsep asam basa. Metode penelitian yang digunakan model pengembangan Define, Design, Develop, and Dessiminate (4D) yang telah disesuaikan dengan tujuan penelitian hanya sampai tahap pengembangan. Data yang diperoleh hasil validasi ahli dari tiga validator. Hasil validasi perangkat Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan aplikasi PhET mendapat skor 88% untuk kriteria isi, 88% untuk kriteria konstruk, 90% untuk kriteria penyajian, dan 85% untuk kriteria kebahasaan yang berarti Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan telah memenuhi tingkat validitas. Selain itu, kepraktisan LKPD diperoleh menggunakan angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 96%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Uji keefektifan LKPD menggunakan instrumen lembar pretest dan posttest serta angket motivasi belajar peserta didik. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada pretes-postes 0,000 artinya Sig. (2-tailed) < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil data angket motivasi peserta didik diperoleh rata-rata penilaian 93%. Hal ini menunjukkan bawa LKPD sangat efektif dalam meningkatkan motivasi peserta didik.

Kata kunci: LKPD, simulasi PhET, motivasi belajar, asam basa

Abstract

This research aims to develop an LKPD with PhET about the concept of acid base. Research methods that are used 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) development model which has been customised for the purpose of only reaching the development step. The received data obtained through expert validation from three validators. Validation result of the LKPD with PhET as a support application device received a score of 88% for filling criteria, 88% for construct criteria, 90% for presentation criteria, and 85% for language criteria which means LKPD have been developed belong in a very valid criteria. In addition, the practicality of the LKPD obtained by using student response questionnaire received an average score of 96% which means LKPD have been developed belong in a very practical criteria for a learning media. The effectiveness of LKPD obtained by using pretest and posttest sheet instrument and student learning motivation questionnaires. The result of t-test is the significance (2-tailed) of the pretest and posttest was 0,000 which means sig. (2-tailed) < 0,05 showed significant differences between the pretest and posttest. This shows that LKPD is said to be very effective in improving student learning outcomes. The result of the student motivation questionnaire data received a score of 93%. It shows that LKPD is very effective in increasing student motivation.

Key words: LKPD, PhET Simulation, learning motivation, Acid-base

Published
2022-05-15
How to Cite
Kaukaba, S. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Aplikasi PhET Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 11(2), 143-157. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n2.p143-157
Section
Articles
Abstract View: 31
PDF Download: 27