LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBANTUAN APLIKASI PHET PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Syam Qeisha Kaukaba Universitas Negeri Surabaya
  • Nora Nora Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Wilujeng Fattikasari Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Zulfatur Rizqiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: LKPD, simulasi PhET, motivasi belajar, asam basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan aplikasi PhET pada pembelajaran konsep asam basa. Metode penelitian yang digunakan model pengembangan Define, Design, Develop, and Dessiminate (4D) yang telah disesuaikan dengan tujuan penelitian hanya sampai tahap Develop. Data yang diperoleh hasil validasi ahli dari tiga validator. Hasil validasi LKPD berbantuan aplikasi PhET mendapat skor 88% untuk kriteria isi, 88% untuk kriteria konstruk, 90% untuk kriteria penyajian, dan 85% untuk kriteria kebahasaan yang berarti LKPD yang dikembangkan telah memenuhi tingkat validitas. Selain itu, kepraktisan LKPD diperoleh menggunakan angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 96%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Uji keefektifan LKPD menggunakan instrumen lembar pretest dan posttest serta angket motivasi belajar peserta didik. Hasil uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada pretespostes 0,000 artinya Sig. (2-tailed) < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil data angket motivasi peserta didik diperoleh rata-rata penilaian 93%. Hal ini menunjukkan bawa LKPD sangat efektif dalam meningkatkan motivasi peserta didik.

References

Razaq, M. Fahmi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis Savi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN Jogoroto Jombang. Unesa Journal Chemistry Eduation, vol. 7, no. 3, pp. 415–421.

Murtiningrum, T.T., Ashadi, A.T., & Mulyani, S. 2013. Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa. Inkuiri Jurnal Pendidikan IPA, vol. 2, no. 03. https://.doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9804.

Rustaman, N. 2013. Peranan Praktikum Dalam Pembelajaran Biologi. Malang: UM Press.

Nisa, U.M. 2017. Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, vol. 14, no. 1, pp. 62–68.

Candra, R., & Hidayati, D. 2020. Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, vol. 6, no. 1, pp. 26–37.
https://.doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289.

Kurniawan, A., Siswati, B.H., & Savira, N.I.I. 2021. Motivasi Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pembuatan Preparat Apusan Darah Tingkat SMA di Kabupaten Jember, Indonesia. Biosfer Jurnal, vol. 6.

Astuti, Y., & Setiawan, B. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 88–92. https://.doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Asdaniar, Y., Hala, & Taiyeb, A.M. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Peta Konsep Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMPN 1 Awangpone. Journal Bionature, vol. 17, no. 2, pp. 102–106. https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/2839.

Putri, S.B., & Akhlis, I. 2018. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Lab Virtual dan Eksperimen Riil untuk Peningkatan Penguasaan Konsep dan Pengembangan Aktivitas Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, vol. 7, no. 1, pp. 14–22.

Habe, H., & Ahiruddin, A. 2017. Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuangan dan
Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 39–45. https://.doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.

Sholikhah, Z., & Sucahyo, I. 2021. Pengembagan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Fluida Dinamis. Pendipa Journal of Science Education, vol. 5, no. 3, pp. 372–378. https://.doi.org/10.33369/pendipa.5.3. 372-378.

Emda, A. 2017. Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, vol. 5, no. 1, p. 83. https://.doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061

Permana, C.D., & Puspasari, D. 2021. Perancangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, vol. 9, no. 1, pp. 121–131.

Kartini, K.S., & Putra, I.N.T.A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 4, no. 1, p. 12. https://.doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981.

Susilo, M.A., & Suwahyo, S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 19, pp. 91–98. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index.

Yulia, L., & Setianingsih, W. 2020. Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Babakan Muncang Tamansari Kota Tasikmalaya). Jurnal Maneksi, vol. 9, no. 1, pp. 346–354. http://www.ejournalpolnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/397.

Umbaryati. 2016. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, vol. 1, no. 9, pp. 217–225.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2014. Permendikbud Nomor 81 A 2013 Implementasi Kurikulum Kurikulum, no. 1, pp. 1–97.

Ozmen, H., & N., Yidirim. 2005. Effect of Work Sheets on Student’s Success . Journal Turkish Science
Education, vol. 2, no. 2, pp. 2–5. http://www.tused.org/internet/tused/tusedv2i2s4.

Galuh, N., Tono, K., & Nuddin, Z. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Multimedia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 30 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, vol. 2, no. 2.
Published
2022-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 953
PDF Downloads: 1137