PENGEMBANGAN SOFTWARE ANTI MISCHEMISTRYistry DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA

  • Fina Parniyanda Universitas Negeri Surabaya
  • Sukarmin Sukarmin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan software anti mischemistryistry yang dikembangkan untuk mereduksi miskonsepsi pda materi asam basa kelas 11 dengan menggunakan strategi conceptual change text. Kelayakan sebuah software dapat ditijanu daari tiga aspek yitu 1) Validitas isi dan validitas konstruk, 2) Kepraktisan dapat ditunjukkan dengan hasil angket respon siswa yang didukung dengan hasil observasi, 3) keefektifan dapat ditunjukkan dengan hasil pergeseran konsepsi siswa dari miskonsepsi menjadi paham konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh sugiyono dengan subjek 15 siswa SMAN 1 Galis Pamekasan yang mempunyai persentse miskonsepsi tertinggi. Hasil yang dperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa software dinyatakan layak untuk mereduksi miskonsepsi siswa dalam materi asam basa dengan menunjukkan perolehan validasi isi dengan rata-rata sebesar 83,15% dan validasi konstruk memperoleh 81,83%, kepraktisan dari hasil angket respon siswa mendapat rata-rata persentase sebesar 76,41% dan observasi aktivitas siswa mendapat rata-rata persentase sebesar 82,90% serta keefektifan bisa ditunjukkan dengan hasil pergeseran konsepsi siswa yng awalnya miskonsepsi menjadi pahm konsep mendapat rata-rata sebesar 83,63%.

Kata kunci: software Anti mischemistryistry, Miskonsepsi, Conceptual Change Text, Asam Basa.

Published
2022-05-15
How to Cite
Parniyanda, F., & Sukarmin, S. (2022). PENGEMBANGAN SOFTWARE ANTI MISCHEMISTRYistry DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. UNESA Journal of Chemical Education, 11(2), 87-94. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n2.p87-94
Section
Articles
Abstract View: 19
PDF Download: 36