PENGEMBANGAN SOFTWARE ANTI MISCHEMISTRY DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA

  • Fina Parniyanda Universitas Negeri Surabaya
  • Sukarmin Sukarmin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: software Anti mischemistry, miskonsepsi, Conceptual Change Text, Asam Basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan software anti mischemistry yang dikembangkan untuk mereduksi miskonsepsi pada materi asam basa kelas 11 dengan menggunakan strategi conceptual change text. Keefektifan dalam penelitian ini untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi ditinjau dari pergeseran konsep siswa dari miskonsepsi menjadi tahu konsep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra kesperimen dengan model one group pretest-posttest design. Subjek yang diambil berjumlah 15 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Galis Pamekasan. Three tier test yang digunakan untuk mengetahui konsep siswa diberikan sebagai deteksi konsep awal dan deteksi konsep akhir. Sedangkan miskonsepsi yang dimiliki oleh siswa direduksi dengan strategi conceptual change text. Software dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, dan CSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebesar 79,63% siswa mengalami pergeseran konsep miskonsepsi menjadi tahu konsep sehingga dapat ditunjukkan bahwa software anti mischemistry sangat efektif digunakan untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi siswa pada materi asam basa.

References

Pinarbasi, T and Canpolat, N. 2003. “Students’ Understanding of Solutions Chemistry Concepts”. Journal of Chemical Education, Vol. 80, No. 11, Hal. 1328-1332.

Hasan, S., Bagayoko, D., dan Kelly, E. L.. 1999. “Misconception an The Certainty of Response index (CRI)”. Journal: Physics Education, Vol. 34, No. 5, Hal. 294-299.

Ibrahim, Muslimin. 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Sendur,G. dan Toprak,M. (2013). The role of conceptual change text to improve students‟ understanding of alkenes. Chemistry Education Research and Practice. 14, hlm. 431-449.

Mulyadi, Mutya Lestari. 2015. “Pengaruh Conceptual Change Text (CCT) Terhadap Perubahan Konsepsi Peserta Didik pada Materi Struktur Atom”. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto. 2015. Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education , Vol. 4, No. 2, pp. 41 – 49

Kirbulut, Zubeyde Demet. 2014. Using ThreeTier Diagnostic Test to Assess Students Misconceptions of Stsates of Matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(5)

Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Davis, J. 2001. Conceptual Change. In M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives on Learning, Teaching and Technology. Available Website: http://www.coe.uga.edu/epltt/conceptualchange.html

Prashnig, Barbara. 2007. The Power of Learning Style : Memacu anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya. Bandung: Kaifa
Published
2022-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 318