KORELASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

  • Cindy Felia Agam Universitas Jambi Kampus Mendalo
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Jambi
  • Epinur Epinur Universitas Jambi Kampus Mendalo
Keywords: PjBL, Kreativitas, Larutan Penyangga

Abstract

Dewasa ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membutuhkan aktifitas pembelajaran yang lebih banyak mendorong kreativitas belajar dan memberikan kesempatan yang luas kepada siswa mengaktualisasikan gagasannya melalui pengalaman belajar berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat keberhasilan model Project Based Learning (PjBL) dalam memberdayakan kreativitas siswa di kelas XI IPA SMA N 11 Muaro Jambi pada pokok bahasan larutan penyangga dan menentukan sejauh mana korelasi antara keberhasilan model PjBL dengan kreativitas siswa. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara mix method mengikuti desain sequential eksplanatory. Subjek penelitian ditetapkan kelas XI IPA 2 melalui purposive sampling. Data-data hasil penelitian dianalisis secara substantive dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan ada kecendrungan model PjBL berhasil dibelajarkan selama tiga kali pertemuan berturut-turut dengan capaian rata-rata sebesar 44,14 ± 3,51; 64,04 ± 5,13; 75,25 ± 3,70 yang termasuk kategori baik. Keberhasilan model ini dibelajarkan juga paralel dengan kecenderungan meningkatnya kreativitas belajar siswa pada setiap pertemuan dengan nilai rata-rata masing-masing; 21,32 ± 6,54; 46,14 ± 7,92; 63,89 ± 9,99. Hasil ini juga didukung oleh adanya korelasi yang positif keberhasilan model PjBL terhadap kreativitas siswa mempelajari pokok bahasan larutan penyangga dengan nilai 𝑟 121 𝑥𝑦 = 0,66 (termasuk kategori kuat) sedangkan nilai koefisien determinasinya 43,56% (kriteria sedang).

References

Lestari, N.T., 2018, Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kota Palembang, Jurnal Neraca Vol 2, No 1, pp 68-79.

Widaddari & Zamhari, U. I. N. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Dengan Creative Exercise Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 3, No 1, pp 28-38.

Putri,S.D., Wijayati, N., Mahatmanti, F.W., Rachmadiyono D., 2021, Keefektifan Materi Ajar Penyangga Berbasis Pemecahan Masalah Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2): 2864 – 2872

Daniel. F., 2017, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Saintifik, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), Vol 1, No 1, pp 7-13.

Inayah.S.,2017, Penerapan Project Based Learning Untuk Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA-4 Man Tuban Tp 2016/2017 Pada Konsep Polimer, Jurnal Pembelajaran Kimia, Vol.2, No.2, pp 23 -29.

Nuryati.W.D., 2020, Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Masa Pandemi, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.8, No.2: 98-106.

Al-Tabany, B, ,I, T,. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Pranadamedia Group.

Sari,P.K.,Neviyarni,Irdamurni,2020, Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.7, No 1, pp 44-50.

Sumarni.W., Kadarwati.W., 2020, EthnoStem Project-Based Learning: Its Impact To Critical And Creative Thinking Skills, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 9, No 1, pp 11-21.

Maryani.I., Martanigsih.T.S., 2015, Correlation between Teacher’s PCK (Pedagogical Content Knowledge) and
Student’s Motivation in Primary School, International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE),Vol.4, No.1, pp 38-44.

Octafianellis. F. D., Sudarmin. S., Wijayanti N, Pancawardhani. H., 2021, Analysis Of Student’s Critical Thiking Skill And Creativity After Problem-Based Learning With STEM Integration, Journal Of Science Education research, Vol 5, No 1, pp 31-37.

Santyasa. W., Agustini. K., Pratiwi. E. W. N., 2021, Project Based E-Learning and Academic Procrastination Of Student In Learning Chemistry, International Journal Of Intruction, Vol. 14, No.3, pp 909-928.

Suyanti.D.R.,Sinuraya.A.Y., 2018, Project Based Learning Model Integrated With Lesson Study To Increase Student’s Learning Outcome On Buffer Solution Topic, AIP Conference Proceedings: 1-7.

Budner. D., Simpson. B., 2018, Project Based Learning Integrated Lecture And Laboratory Quantitative Analysis Course, Journal Of Chemical Education, 1533–
1540.

Suprapto.K.P., Ahamad. B.Z.M., Chaidir.M.D., Ardiansyah.R., Diella.D. 2018. Spatial Intelligence And Students’ Achievement, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 7, No 2, pp 224-231.

Syafaatunniyah,S.,E. Cahyano, Susatyo. B.E., 2018, Kefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap HasilBelajar Kognitif Siswa, Chemistry In Education, Vol 7, No 1.

Syolendram F.D., Laksono W.E., 2019, TheEffect Of Discovery Learning On Students’Integrated Thinking Abilities And Creative Attitudes, Journal of Physics: ConferenceSeries.

Rahardjanto.A., Husamah, Fauzi. A., 2019, Hybrid-PjBL: Learning Outcomes, CreativeThinking Skills, and Learning Motivation ofPreservice Teacher, International Journalof Instruction, Vol.12, No.2, pp 179-192.
Published
2022-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 323