KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLIS GARAM (STUDENT METACOGNITIVE SKILLS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING ON SUBJECT MATTER OF SALT HYDROLYSIS)

  • Fitri Aprilia . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sugiarto .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif yang meliputi keterampilan merencanakan, keterampilan memonitor, dan keterampilan mengevaluasi, setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisi garam. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan satu kelompok subjek yang diberi perlakuan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes yang telah terintegrasi dengan keterampilan metakognitif dan inventori metakognitif (metacognitive awareness inventory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki keterampilan metakognitif dengan keterampilan metakognitif siswa yang paling dominan adalah keterampilan merencanakan.

Kata Kunci: Keterampilan metakognitif, inkuiri terbimbing, hidrolisis garam.

The aim of this study is to know the student’s metacognitive skills which include planning skill, monitoring skill, and evaluation skill after implementartion of guided inquiry learning on salt hydrolyzed material. This study used pre-experimental methods that used in one group subject  that will be treated with the implementation of guided inquiry learning. Instruments that used in this study are test item that integrated with metacognitive skills and metacognitive awareness inventory. Result of the research showed that students have already using their metacognitive skills with the most dominant skills is planning skill.

Keywords: Metacognitive skills, guided inquiry learning, salt hydrolysis.


Published
2013-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 194