PENERAPAN MULTI MODEL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO

  • Firda haqiqi Universitas Negeri Surabaya
  • Rusmini Rusmini Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendidikan, Model Pembelajaran kooperatif dan direct instruction, keterampilan komunikasi

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan multi model untuk melatih keterampilan komunikasi siswa, hal ini dikarenakan berdasarkan hasil pra penelitian diketahui kemampuan komunikasi siswa masih rendah. Keterampilan komunikasi sangat penting dikuasai siswa sebagai bagian dari keterampilan abad 21. Model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dan direct instruction. Penelitian ini dilakukan pada semester genap semester 2018/2019 dengan menggunakan desain survei empat pertemuan The One Group Pre Test-Post Test untuk siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88,33% sehingga termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa memberikan hasil sebesar 60,18% siswa memperhatikan penjelasan guru, siswa mengajukan pertanyaan dan berpendapat sebesar 0,42% dan 0,72%, dan siswa melakukan aktivitas yang tidak relavan sebesar 0,90%, selain itu aktivitas siswa berdiskusi dan mengerjakan LKPD. Keterampilan komunikasi siswa melalui pendekatan kualitas dan kuantitas bertanya dan berpendapat mengalami peningkatan dengan kategori baik. Hasil belajar siswa berdasarkan tes kemampuan kognitif mengalami peningkatan dengan n-gain sebesar 32,55 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik menunjukkan 84% siswa menjawab ya menunjukan penerapan multi model ini dapat diterima siswa dengan baik. Hasil penelitian ini menguatkan penggunaan model yang sesuai dengan karakter materi pelajaran akan memberikan hasil belajar yang memuaskan.

References

Permendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 64 A tahun 2013. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2013. Lampiran 1 Permendikbud RI Nomor 59 tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaj Rosdakarya.

Patnership of 21st Century Learning. 2007. Framework for 21st Century Learning. One Massachusetts Avenue. http://www.p21.org. Diakses tanggal 21 September 2018.

Hu,H, Peng, L., Li, X., & Zhao, X. 2020. A Survey of Children’s Peer Communication Ability : Comparison of High Vision Courses with Other Courses. journal. International Conference on Big Data and Informatization Education (ICBDIE )., pp. 114-118.

Maryanti. 2010. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. http://ejournal,unp,ac,id/index,php/konselor/art icle/download/700/594/. Diakses tanggal 7November 2018.

Depdikbud. 2016. Permendikbud No 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur, M., & Wikandari, P., R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Slavin, Robert, E. 2009. Cooperative Learning Teori. Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Arrends. Richard., L. 2012. Learning To Teach 10th Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Kusumaningrum. 2010. Penerapan Model Pengajaran Langsung dan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Stoikiometri di SMA Negeri 2 Bojonegoro , Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Jelatu, S., Amul, M., I., Jeramat, E., & Jundu, R. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia., Vol 4, No 1, pp. 12-17.

Novianti, F., D., Muchlis, M. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI Sma Negeri 11 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education., Vol 9, No 1, pp. 31-37.

Wildaningsih, S., Mutaqin, E, J., & Muslihah, N., N. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs)., Vol 2, No 2, pp.184-192.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Richard, R, & Hake, 1998. "Analyzing Change/Gain Score" American Educational Research Association's Division D. Measurment and Research Methodology. http://www.physics.indiana.edu. Di akses 2 April 2018.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 194