PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

  • Mochamad Wahyuda Putra Hutama Universitas Negeri Surabaya
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi titrasi asam basa ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang dibatasi pada tahap ujii coba terbatas. Kevalidan ditinjau dari validitas isi, validitas konstruk, kualitas intruksional, dan kualitas teknis. penilaian dilakukan oleh 2 dosen kimia Universitas Negeri Surabaya dan 1 guru kimia SMK Semen Gresik. Pada kepraktisan ditinjau dari angket observasi peserta didik dan angket respon peserta didik. keefektifan ditinjau berdasarkan hasil pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian didapatkan persentasi rata-rata hasil validasi sebesar 88,96% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan kepraktisan didapatkan hasil persentase rata-rata sebesar 89,165% yang masuk dalam kriteria sangat praktis. Keefektivan mendapatkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 88,34%. Hasilnya dapat ditarik kesimpulan  berupa multimedia interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan untuk dilakukan dalam media pembelajaran guna melakukan peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: titrasi asam basa, multimedia interaktif, adobe flash, hasil belajar.

 

 

Published
2022-07-01
How to Cite
Hutama, M. W., & Hidayah, R. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3), 158-176. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n3.p158-176
Section
Articles
Abstract View: 177
PDF Download: 185