PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

  • Mochamad Wahyuda Putra Hutama Universitas Negeri Surabaya
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: titrasi asam basa, multimedia interaktif, adobe flash, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis flash untuk meningkatkan hasil belajar pada materi titrasi asam basa ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang dibatasi pada tahap ujii coba terbatas. Kevalidan ditinjau dari validitas isi, validitas konstruk, kualitas intruksional, dan kualitas teknis. penilaian dilakukan oleh 2 dosen kimia Universitas Negeri Surabaya dan 1 guru kimia SMK Semen Gresik. Pada kepraktisan ditinjau dari hasil observasi peserta didik dan angket respon peserta didik. Keefektifan ditinjau berdasarkan hasil pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian didapatkan persentasi rata-rata hasil validasi sebesar 88,96% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan kepraktisan didapatkan hasil persentase rata-rata sebesar 89,165% yang masuk dalam kriteria sangat praktis. Keefektivan mendapatkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan rata-rata nilai yang didapatkan sebesar 88,34%. Hasilnya dapat ditarik kesimpulan berupa multimedia interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam media pembelajaran guna melakukan peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Sakinah, N. A., & Dwiningsih, K. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit (Development Interactive Multimedia Based Blended Learning In Electrolyte And Non Electrolyte Solution). Unesa Journal of Chemical Education, Vol 7, No 3 pp. 87-165.

Prasetya, A. T., & Priatmoko, S. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 2, No 2 pp. 287-293.

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. JPFT JurnalPendidikan Fisika Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/6053. Diunduh tanggal 7 Desember 2021.

Lutfi, A., Suyono, S., Erman, E., & Hidayah, R. 2019. Edutainment With Computer Game As A Chemistry Learning Media. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), Vol 8, No 2 pp. 1684–1689.

Bahar, H., & Salempa, P. 2018. Pengaruh Penggunaan Video Praktikum Pada Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Mahasiswa Stikes Mega Rezky Makassar (Studi Pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa). ChemistryEducation Review (CER), Vol 2, No 1 pp. 7086.

Suriyani, N., Khaeruman, K., & Pahriah, P. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstualterhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Asam Basa Untuk Sma. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Apriatna, C. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Bahan Bakar Dengan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor Smk Karya Nasional Kuningan Tahun Pelajaran 2014/2015. Vol 7, No 1 pp. 57-60.

Mayer, R. E. 2003. The promise of multimedia learning: using the same instructional design methods across different media. Learning and instruction, Vol 13, No 2 pp.125-139.

Junaidi, Q. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sistem Transmisi Pada Siswa Kelas Xii Smk Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2016/2017. 8.

Kingsley, Karla V. & Boone, R. 2006. Effects of Multimedia Software on Achievement of Middle School Students in an American History Class. Journal of Research on Technology in Educational (US & Canada: JRTE), Vol 42, No 2 pp.203-221. ISTE

Lutfi, A. 2017. Pengembangan Media Laboratorium Virtual Bersarana Komputer Untuk Melatih Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Asam, Basa, Dan Garam. 8. (Online) https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/art icle/view/1945. Diunduh tanggal 19 Desember 2021.

Rahayu, P. T. 2019. Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Level Representasi Mikroskopik Berbasis Adobe Flash Pada Materi Titrasi Asam Basa. 182.

Merdekawati, A. D. C., Saputro, S., & Sugiharto. 2014. Pengembangan One Stop Lerning Multimedia Menggunakan software adobe flash pada Materi Bentuk Molekul dan Gaya Antar Molekul Kelas XI SMA. Jurnal
Pendidikan Kimia (JPK). Vol 3, No 1 pp.9510.

Sukmadinata, N. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuralifah, R. N., & Hidayah, R. 2021. Pengembangan Lkpd Berbasis Ideal Problem Solving Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah. UNESA Journal of Chemical Education, Vol 10, No 2, pp.94-102.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Wijayanti, M. T., & Lutfi, A. 2021. Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, Vol 5, No 3, pp.269-276.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, R. D., & Hidayah, R. 2021. Development of Android-based Kimi Kimo Adventure Game as Learning Media on Chemical Bonds. International Journal of Active Learning, Vol 6, No 2, pp.65-75.

Arifin, J. 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Published
2022-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 344
PDF Downloads: 366