PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) PADA MATERI STRUKTUR ATOM

  • Qonik Zuliatin Universitas Billfath
  • Fatayah Fatayah
  • Ika Farida Yuliana
Keywords: e-LKPD, STEM, Struktur Atom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) yang valid dan praktis digunakan pada pembelajaran struktur atom di X SMA. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) menggunakan model Addie. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, dan lembar praktikalitas peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi e-LKPD diperoleh nilai rata-rata 88,51% dikategorikan sangat valid. Hasil praktikalitas e-LKPD oleh peserta didik menunjukan rata-rata 87,13% kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM sangat valid dan praktis digunakan peserta didik kelas X SMA.

References

Fauziah, F. 2021. Meningkatkan Ketrampilan Siswa dalam Menganalisis Sistem Periodik Unsur Melalui Model Inquiry Terbimbing di Kelas X TSM SMKN 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No.1, pp. 2081–2088.

Iskandar. 2002. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM (ScienceTechnology, Engineering, and MathematicsPada Materi Termokimia. JS (JurnaSekolah), Vol. 6, No. 3, pp. 32–36.

Wijaya, W.U. 2020. Analisis Kebutuhan untuk Mengembangkan Media Video Animasi PadMateri Struktur Atom dan Ikatan Kimia.Journal of Tropical Chemistry Research andEducation, Vol. 2, No. 2, pp. 59–67.

Anggereni, S.,&Khairurradzikin, K. 2016. Efektivitas pembelajaran menggunakanmedia pembelajaran macromedia flash dalammeningkatkan pemahaman konsep fisikamateri hukum Newton. Jurnal Biotek, Vol4,No. 2, pp. 333–350.

Nasional, D. P. 2008. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar danMenengah. Direktorat Pembinaan Sekolah.

Engsi, S., Zulyetti, D., & Nelvi, M. H. 2021. Pengembangan LKS Biologi DenganPendekatan Kontekstual Materi SistemEkskresi Siswa Kelas. Jurnal Edukasi, Vol. 1No.1, pp. 12–28.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. 2017. Bahan ajar berbasis STEM (ScienceTechnology, Engineering, and Mathematicsuntuk meningkatkan penguasaan konsesiswa SMA. UPEJ Unnes Physics EducationJournal, Vol. 6, No.3, pp. 53–58.

Badi Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:Diva Press.

Arifin, M. 2022. Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets BerbasiContextual Teaching and Learning (CTLPada Materi Minyak Bumi. Jakarta: UINSyarif Hidayatullah Jakarta.

Andarini, T. 2012. Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL (ContextualTeaching and Learning) melalui mediaflipchart dan video ditinjau dari kemampuanverbal dan gaya belajar. Surakarta: UNS (Sebelas Maret University).

Susilana, R., & Riyana, C. 2008. Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sya’idah, F. A. N., Wijayati, N., Nuswowati, M., & Haryani, S. 2020. Pengaruh model blended learning berbantuan e-LKPD materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar peserta didik. Chemistry in Education, Vol. 9, No. 1, pp. 76–83.

Ma’sumah, A., & Mitarlis, M. 2021. Pengembangan LKPD Berorientasi STEM dengan Model PjBL Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit dengan Memanfaatkan Bahan Sekitar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), Vol. 3, No.1, pp. 22–34.

Mufidah, L., Fatayah, F.,&Yuliana, I. F. 2021. Keterlaksanaan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Koloid. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 10, No. 3, pp. 261–267.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Priyasmika, R. 2022. STEM Integrated Chemistry Learning Effectiveness (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) In The Time Of Covid-19. JCER (Journal of Chemistry Education Research), Vol. 6, No.1, pp.72–76.

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim, I. 2017. Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEMPjBL) pada pembelajaran sains. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017.

Hamzah, A. 2021. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Aldoobie, N. 2015. ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, Vol. 5, No.6, pp. 68–72

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Mufidah, L. 2022. Validity and Reliability Analysis in Supporting Mastery Learning STEM Model. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, Vol. 18, No.1, pp. 49–60.

Riduwan, S. P. 2016. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-09-29
Section
Articles
Abstract Views: 728
PDF Downloads: 737