PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Authors

  • Qonik Zuliatin Universitas Billfath
  • Fatayah Fatayah
  • Ika Farida Yuliana

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v11n3.p195-201

Keywords:

e-LKPD, STEM, Struktur Atom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) yang valid dan praktis digunakan pada pembelajaran struktur atom di X SMA. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) menggunakan model Addie. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, dan lembar praktikalitas peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi e-LKPD diperoleh nilai rata-rata 88,51% dikategorikan sangat valid. Hasil praktikalitas e-LKPD oleh peserta didik menunjukan rata-rata 87,13% kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis STEM sangat valid dan praktis digunakan peserta didik kelas X SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziah, F. 2021. Meningkatkan Ketrampilan Siswa dalam Menganalisis Sistem Periodik Unsur Melalui Model Inquiry Terbimbing di Kelas X TSM SMKN 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No.1, pp. 2081–2088.

Iskandar. 2002. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Termokimia. JS (Jurnal Sekolah), Vol. 6, No. 3, pp. 32–36.

Wijaya, W.U. 2020. Analisis Kebutuhan untuk Mengembangkan Media Video Animasi Pada Materi Struktur Atom dan Ikatan Kimia. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, Vol. 2, No. 2, pp. 59–67.

Anggereni, S.,&Khairurradzikin, K. 2016. Efektivitas pembelajaran menggunakan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika materi hukum Newton. Jurnal Biotek, Vol. 4,No. 2, pp. 333–350.

Nasional, D. P. 2008. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah.

Nengsi, S., Zulyetti, D., & Nelvi, M. H. 2021. Pengembangan LKS Biologi Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas. Jurnal Edukasi, Vol. 1, No.1, pp. 12–28.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. 2017. Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, Vol. 6, No.3, pp. 53–58.

Abadi Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Arifin, M. 2022. Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Minyak Bumi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Andarini, T. 2012. Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) melalui media flipchart dan video ditinjau dari kemampuan verbal dan gaya belajar. Surakarta: UNS (Sebelas Maret University).

Susilana, R., & Riyana, C. 2008. Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sya’idah, F. A. N., Wijayati, N., Nuswowati, M., & Haryani, S. 2020. Pengaruh model blended learning berbantuan e-LKPD materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar peserta didik. Chemistry in Education, Vol. 9, No. 1, pp. 76–83.

Ma’sumah, A., & Mitarlis, M. 2021. Pengembangan LKPD Berorientasi STEM dengan Model PjBL Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit dengan Memanfaatkan Bahan Sekitar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), Vol. 3, No.1, pp. 22–34.

Mufidah, L., Fatayah, F.,&Yuliana, I. F. 2021. Keterlaksanaan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Koloid. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 10, No. 3, pp. 261–267.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Priyasmika, R. 2022. STEM Integrated Chemistry Learning Effectiveness (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) In The Time Of Covid-19. JCER (Journal of Chemistry Education Research), Vol. 6, No.1, pp.72–76.

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim, I. 2017. Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017.

Hamzah, A. 2021. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Aldoobie, N. 2015. ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, Vol. 5, No.6, pp. 68–72.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Mufidah, L. 2022. Validity and Reliability Analysis in Supporting Mastery Learning STEM Model. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, Vol. 18, No.1, pp. 49–60.

Riduwan, S. P. 2016. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles
Abstract views: 893 , PDF Downloads: 900