ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT MENGGUNAKAN INSTRUMEN MULTIREPRESENTASI FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST BERBASIS PIKTORIAL

  • Atika Nur is Santi Universitas Islam negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Mike Rahayu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: miskonsepsi, larutan elektrolit dan non elektrolit, multirepresentasi four-tier diagnostic test berbasis piktorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa pada setiap aspek multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes diagnostik four-tier terintegrasi multirepresentasi berbasis piktorial sebanyak 22 butir soal. Koefisien reliabilitas soal yang diperoleh dari analisis data hasil uji coba soal sebesar 0,879 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terjadi pada semua aspek multirepresentasi dengan persentase miskonsepsi pada representasi makroskopik-submikroskopik sebesar 28,45%, pada representasi simbolik-submikroskopik persentase miskonsepsi sebesar 22,20%, sedangkan pada representasi makroskopik-simbolik persentase miskonsepsi sebesar 20,85%. Faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa adalah karakteristik dan keterkaitan materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan materi sebelumnya, minat dan gaya belajar siswa, sistem pembelajaran jarak jauh, dan rendahnya kemampuan serta penalaran siswa dalam memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

References

Safitri., Nursahaadah, E., & Wijayanti, I. 2019. Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. Jurnal Kimia Dan Pendidikan., Vol 4, No 1, pp. 1-12.

Adadan, E. 2013. Using Multiple Representasions To Promote Grade 11 Students’ Scientific Understanding Of TheParticle Theory Of Matter. Research In Science Education., Vol 43, No 3, pp. 10791105.

Zahro, S., & Ismono. 2021. Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Dimasa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice., Vol 4, No 1, pp. 30-39.

Indrayani, P. 2013. Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik Dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas Xi Ipa Sma Serta Upaya Perbaikannya Dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains., Vol 1, No 2, pp.109-120.

Shui-Te, L., Kusuma, I., Wardani, S., & Harjito. 2019. Hasil Identifikasi Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Aspek Makroskopik, Mikroskopik, Dan Simbolik (Mms) Pada Pokok Bahasan Partikulat Sifat Materi Di Taiwan. Journal Inovasi Pendidikan Kimia., Vol 12, No 1, pp. 2019-2030.

Rahayu, M., Silfianah, I., Arsyka, A., & Rettob, A. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Tadris Biologi Tahun Pertama Pada Topik Ikatan Ionik Dan Kovalen. Musamus Journal Of Science Education ., Vol 3, No 2, pp. 84-91.

Mawarni, A. 2019. Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Surakarta Pada Pokok Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan Tes Diagnostic Two-Tier Multiple Choice. https://digilib.uns.ac.id. Diakses Pada 25 September 2022

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika Cet. 2. Jakarta: Gramedia.

Syahrul, D., & Setyarsih, W. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Dengan Three-Tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika., Vol 4, No 3, pp. 67-70.

Siswaningsih, W., Firman, H., & Rofifah, R. 2015. Pengembangan Tes Diagnostik TwoTier Berbasis Piktorial untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pengajaran MIPA., Vol 20, No 2, pp. 144-149.

Fani, L.A., & Ulianas, A. 2021. Analysis Of Students Misconception Using Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Test On Electrolyte And Nonelectrolyte Topic In SMAN 2 Padang. Internasioanal Journal Of Progressive And Technologies.,Vol 29, No 1, pp. 533-541.

Muchtar, H. 2016. Profil Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan Tes Diagnostik TwoTier

Multiple Choice Berbasis Piktorial. http://repository.upi.edu. Diakses pada 10 Agustue 2022.

Lailiyah, S., & Ermawati, F. 2020. Materi Gelombang Bunyi: Pengembangan Tes Diagnostik Konsepsi Berformat Five-Tier, Uji Validitas Dan Reliabilitas Serta Uji Terbatas. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online. Vol 8, No 3, pp. 104-119.

Ismail, I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. 2015. Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four-Tier Test. Prosiding Semposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains., pp. 381-384.

Wahyuningtyas, W., Sumarti, S., Susilaningsih, E., & Wijayanti, N. 2020. Analisis Miskonsepsi Asam Basa Menggunakan Instrumen Multirepresentasi Diagnostic Test Berbasis Web. Chemistry In Education., Vol 9, No 1, pp.1-7.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono, N. 2018. Buku Interaktif Kimia Untuk SMA/MA. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Sudarmo, U. 2016. Kimia Untuk Sma/Ma Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sudono & Priharwantiningsih, A. 2020. KIMIA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Chang, R. 2005. KIMIA DASAR: Konsep Konsep Inti, Jilid I / Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Hermawan, Sutarjawinata, P., & Pratomo, H. 2009. Aktif Belajar Kimia Untuk SMA & MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Okmarisa, H., & Hasmina. 2021. Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebab Miskonsepsi Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test . Konfigurasi,.,Vol 5, No 1, pp.23-31.

Yulianti, Y. 2017. Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remidiasinya. Jurnal Bio Education., Vol 2, No 2, pp. 50-58.
Published
2022-09-29
Section
Articles
Abstract Views: 601
PDF Downloads: 678