ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN GARAM MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

  • Dinda Melissa Ardi Universitas Riau
  • Erviyenni Erviyenni Universitas Riau
  • Maria Erna Universitas Riau
Keywords: Ketuntasan Belajar, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam melalui pembelajaran tatap muka terbatas tahun ajaran 2021/2022 di kelas XI MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data pada penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi nilai ulangan harian kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diolah secara deskriptif untuk menggambarkan proses pembelajaran kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Data kuantitatif berupa hasil ulangan harian peserta didik digunakan untuk menganalisis bagaimana ketuntasan belajar peserta didik baik secara individual, klasikal, maupun ketuntasan indikator. Hasil data proses pembelajaran yaitu persentase ketuntasan belajar individual peserta didik yang tuntas sebesar 55,2% dan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 44,8. Persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru sebesar 54,4%. Persentase indikator dengan ketuntasan tertinggi sebesar 88%, sedangkan indikator dengan ketuntasan terendah sebesar 40%.

References

Komara dan Ratnaningsih, Nani. 2022. Dampak Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Selama Pandemi Covid-19. Journal of Autehentic Research on Mathematics Education, Vol 2, No 2, pp 152-171.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiyarsi, A., dan Priyambodo, E. 2011. Efektifitas Penerapan Penilaian Proyek (Project Based Assessment) pada
Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketuntasan Belajar Kimia Siswa SMA di Sleman. Prosiding seminar Nasional Kimia Unessa, pp121–127.

Eryanti, Ika. 2015. Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,Vol 1, No 2, pp 45-58.

Yusuf, Yustini., Arnetis, dan Tambunan, Eka. 2008. Analisis Ketuntasan Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI Semester 1 SMA Negeri Kampar Tahun Pelajaran 2006/2007. J. Pilar Sains, Vol 7, No 1, pp 45-51

Nilamsari, Weni Putri dan Indah, Novita K. 2022. Implementasi LKPD Elektronik Berbasis Guided Discovery Pada Materi Fotosintesis Untuk Melatih Keteramppilan Proses Sains Terintegrasi. Elektronik Jurnal Unesa Bioedu, Vol 11, No 2, pp 446-456

Fitranda, Muh Iqbal dan Muntholib. 2020. Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hidrolisis GaramMenggunakan Langkah Penyelesaian Soal Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 5, No 1, pp 3239

Priliyanti, Anggi., Muderawan, I.W., danMaryam, S. 2021. Analisis Kesulitan BelajarSiswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, Vol 5, No1, pp 11-18

Mulyasa, E. 2014. Kurikulum BerbasiKompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum danPembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yulinarsyah. 2021. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GIUntuk Meningkatkan Aktivitas Dan HasiBelajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia DSMA Negeri 7 Kota Bengkulu. JurnaBioeduscientific PPs UNMUH Bengkulu, Vo2, No 1, pp 93-100.

Suryani, Lely., Tuteh, Kristianus Jago., Nudur, Maria Purnama., dan Pendy, Agnes. 2022. Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 6, No 3, pp 2234-2244.

Daryanto dan Amirono. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dharma, Surya. 2018. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. . dan Widiana, I, W. 2016. Analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisis. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4, No 1, pp 2-4.

Gunawan, Imam., dan Palupi, Anggarini Retno. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol 2, No 2: 100-114

Nurwanda,Yayang., Milama Burhanudin., dan Yunita, Luki. 2020. Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Pondok Pesantren. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 14, No 2, pp 2629-2641.

Utami, Devita Rizka., Nusantara, Toto., dan Qohar, Abd. 2021. Analisis Kesulitan Siswa Pada Aspek Kognitif Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Kesalahan Neman. Jurnal Pendidikan, Vol 6,
No 12, pp 1853-1860.

Muderawan, I Wayan., Wiratma I Gusti Lanang., dan Nabila, Muthia Zahra. 2019. Analisis Fakto-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 3, No 1, pp 17-23.

Simanjuntak, Yustika Mawarini dan Silitonga, Pasar Maulim. 2020. Kontribusi Kemampuan Matematika Pada Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Terhadap Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Journal Inovasi Pembelajaran Kimia, Vol 2, No 1, pp 31-35.
Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 379