PENGEMBANGAN TES LITERASI MEMBACA DAN NUMERASI MATERI LARUTAN BUFFER BERBASIS KOMPETENSI MINIMUM UNTUK IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNISI

  • Yusuf Rahmad Ramadhan Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Priatmoko Universitas Negeri Semarang
Keywords: Literasi Membaca, Numerasi, Larutan Buffer, Metakognisi

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan instrumen tes literasi membaca dan literasi numerasi berbasis kompetensi minimum untuk mengidentifikasi kemampuan metakognisi peserta didik pada materi larutan buffer. Metode penelitian berupa Research & Development (RnD) model ADDIE. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Mojolaban. Teknik analisis data berupa hasil jawaban instrumen tes paket A dan B. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan permodelan rasch dan aplikasi Winsteps. Validitas tes paket A dan B melalui penilaian pakar didapatkan rata-rata skor sebesar 54 dari total skor 60 dan mencapai taraf validitas sangat baik. Desain instrumen tes paket A dan B yang dikembangkan dinyatakan reliabel dan valid dengan kondisi seluruh butir soal sesuai kriteria item fit, tidak ada yang bermasalah dan output interaksi antara responden dengan item sudah terdapat kesesuaian. Hasil tes kompetensi minimum tes paket A dan B memiliki proporsi ketercapaian tertinggi pada materi perhitungan pH sebesar 43% dan 36%. Profil metakognisi tes paket A paling besar dimiliki metakognisi level tinggi 61% sementara tes paket B paling besar dimiliki profil metakognisi level rendah dengan 42% dan level sedang 33%. Simpulan dari penelitian adalah instrumen tes yang dikembangkan dapat dikatakan valid, reliabel dan mampu mengukur profil metakognisi peserta didik dengan baik.

References

Programme for International Student Assessmet (PISA). 2018. Result PISA of Indonesian Students. http://ncs.ed.gov/surveys /PISA. Diakses tanggal 12 Januari 2022.

Kemdikbud. 2020. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta.

Kemdikbud. 2018. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta.

Panggayuh, V. 2017. Pengaruh Kemampuan Metakognitif Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika (JIPI), Vol. 2, No. 1, pp. 20-25.

Febriyanti, E. A., & Haryani, S. 2020. Profil Metakognisi Peserta Didik pada Pengembangan Instrumen Tes Pengukuran Metakognisi Teruji Produk Materi Asam Basa. Journal of Chemistry In Education, Vol. 9, No. 1, pp. 17.

Zuniati, L. & Sugiarto, B. 2015. Identifikasi Aktivitas Karakteristik Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Kesetimbangaan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 4, No. 2, pp. 288-297.

Zuhaida, A., Haryani, S., & Susilaningsih, E. 2014. Penyusunan Asesmen Metakognisi Calon Guru Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, Vo. 2, No. 1, pp. 15.

Hartin, A., Djudin, T. & Nurussaniah. 2020. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal ditinjau dari Jenis Kelamin pada Materi Listrik Statis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), Vol. 6, No. 1, pp. 39-46.

Wijayanti, A. 2014. Pengembangan Authentic Assessment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No. 2, pp. 102-108.

Kala, N., Yaman, F., dan Ayas, A. 2013. Effectiveness of Predict-Observe Explain Technique in Probing Students Understanding about Acid-Base Chemistry: Case for Concepts of pH, pOH and Strength. International Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 11, No. 2, pp. 555-574.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. 2015. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Surabaya: Trim Komunikata.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. 2015. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Surabaya: Trim Komunikata.

Berger, J.L., & Karabenick, S.A. 2016. Construct Validity of Self-Reported Metacognitive Learning Strategies. Educational Assessment, Vol. 21, No. 1, pp 19–33.

Coutinho, S. 2007. Relationship Between Goals, Metacognition and Academic Success. Educate Journal, Vol. 7, No. 1, pp. 39-47
Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 519
PDF Downloads: 524