PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI di ERA MERDEKA BELAJAR

  • Iga Putri Subandi Universitas Negeri Surabaya
  • Sudzuasmais Sudzuasmais Universitas Negeri Surabaya
  • A’an Dimas Triana Universitas Negeri Surabaya
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Minyak Bumi

Abstract

Penelitian ini betujuan mengembangkan E-LKPD berbasis problem based learning pada materi minyak bumi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di era merdeka belajar dengan kriteria kelayakan meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur yang digunakan penelitian adalah 4D oleh Thiagarajan dan pada uji terbatas dilakukan design penelitian onegroup pretestposstest. Instrumen yang digunakan yaitu lember validasi media untuk validitas, lembar angket respon peserta didik untuk uji kepraktisan, dan lembar tes hasil belajar untuk keefektifan E-LKPD. SMA Negeri 1 Puri memiliki nilai hasil belajar kimia yang sangat rendah yakni 20%. Berdasarkan wawancara dengan guru kimia diperoleh bahwa model pembelajaran kimia dikelas sering menerapkan model ceramah, diskusi, mencatat materi yang dibacakan oleh guru sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik dalam pelajaran kimia kurang memuaskan terutama pada materi minyak bumi. Selain itu, guru juga jarang menerapkan media pembelajaran yang tepat untuk mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik di era merdeka belajar. Hasil validasi produk terdiri atas 94% kelayakan isi, 93% kelayakan kebahasaan, dan 93% kelayakan penyajian dengan kriteria ketiganya sangat valid. Hasil kepraktisan didapatkan 96% kelayakan isi, 98% kelayakan penyajian, dan 94% kelayakan kebahasaan dengan kriteria ketiganya sangat praktis. Hasil nilai N-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang sehingga E-LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar di era merdeka belajar.

References

Sunarya, Yayan. 2010. Kimia Dasar 1 Berdasarkan Prinsip-prinsip Kimia Terkini. Jakarta: Erlangga.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arends, R.I. 2008. Learning to Teaching. Terjemahan oleh Helly P.S. dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sofyan, H. dan Komariah, K. 2016. Masalah Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi , 6(3), hlm. 260–271.doi: 10.21831/jpv.v6i3.11275.

Indarwati, D. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. [Online]. Tersedia: http://ris.uksw.edu/download/jurnal/kode/J01167 .

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Standar Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Hidayah, R., Fajaroh, F., & Narestifuri, R. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama , 13 (2), 503-520.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Moust, J., Bouhuijs, P., & Schmidt. H. 2021. Introduction to Problem Based Learning (4th ed.). Routledge.

Ahmad Rivai & Nana Sudjana. 2013. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Umriani, F. S. 2020. Studi Pendahuluan: ELKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian,2682(1),131–140. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php /jkpm/article/view/8169 .

Sari, F. N., Nurhayati, & Soetopo, S. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1, 83–98. http://conference.unsri.ac.id/index.php/SN
BI/article/view/505/125 .

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. 2019. Development of LKPD Based on Problem Based Learning on Natural Science Subjects with Style Material. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar 2, 69–76.

Nufus, H., Khadun, I., & Nazar, M. 2018. Pengembangan Lembar kerja peserta didik (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 46–53.

Awe, E.Y dan Ende. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV Sdi Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA.5(2):48-61.

Merdeka Belajar Menuju Pendidikan Ideal. (2019, Desember 18). Media Indonesia. Diakses dari https://mediaindonesia.com/read/detail/278427-merdeka-belajar-menuju-pendidikanidea

Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Lestari, D. D. 2021. e-LKPD berorientasi Contextual Teaching and Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol 5, No 1, pp. 25-33.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Hake, R. 1998. Interactive Engagement Versus Traditional Methods. Alfabeta.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kurniawan, Dian., Dewi, Sinta Verawati. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media ScreencastO-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, Vol. 3, No. 1, 2017. ISSN 2476-9312.

Latan, H. 2014. Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk Ilmu Sosial dan Sains Mengggunakan IBM SPSS. Bandung:
Alfabeta.
Published
2023-03-06
Section
Articles
Abstract Views: 273
PDF Downloads: 251