PENGARUH METODE GALLERY WALK PADA MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SENYAWA HIDROKARBON

  • Atikah Salsabila Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Danial Universitas Negeri Makassar
  • Sugiarti Sugiarti Universitas Negeri Makassar
Keywords: metode gallery walk, model discovery learning, hasil belajar, senyawa hidrokarbon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode gallery walk pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang pada materi pokok senyawa hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dimana terdapat dua kelompok sampel yakni kelompok eksperimen (XI MIPA 1) dan kelompok kontrol (XI MIPA 3). Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dimana terdapat empat kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan  pemberian posttest yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir, observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta observasi aktivitas belajar peserta didik. Teknik  analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil  belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Analisis statistik inferensial dilakukan dengan uji nonparametrik Mann-Whitney dengan taraf α = 0,05 dan diperoleh Zhitung (9,62) > Ztabel. (1,64). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode gallery walk pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Enrekang pada materi pokok senyawa hidrokarbon.

References

Triwijayanto, T. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mentari, L., Suardana, I. N., & Wayan, I. S. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Llarutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis, 2(1), 77.

Umbara, Uba. 2017. Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3 (1).

Nazalin & Muhtadi, Ali. 2016. Pengembangan_Multimedia Interaktif Pembelajaran_Kimia_Pada Materi Senyawa_senyawa_hidrokarbon Untuk Peserta_didik_Kelas_XI_SMA. Jurnal Inovasi_Teknologi_Pendidikan,

Jamil, Muhammad. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Praktik dengan Metode Project Work Collaborative untuk Siswa SMK Negeri Klakah Lumajang. STEAM Engineering, 2 (1), 13

Barazandeh, E., Gorjian, B., & Hayati, M. 2017. An_Evaluation_of_The_Effect_of Art on _Vocabulary _Learning through Multisensory_Modalities. _The_Iranian EFL_Journal, _8_ (4),_28-49.

Mariyaningsih, Nining. 2014. Peningkatan_Aktivitas_dan Hasil Belajar Akuntansi_Materi_Laporan Keuangan melalui_Metode_Gallery_Walk Duati-Duata. _Jurnal_Pendidikan_dan Ekonomi _Dinamika_Pendidikan, 9 (1), 63-68.

Indahwati, _Prasis. _2017. Meningkatkan Kemampuan_Matematika dengan Metode_Pameran_Berjalan_bagi_Peserta Didik_Kelas_VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3 (1), 519.

Sunarti, Titin & Dilla Ayu Septiana, 2019. The_Effect of Problem _Based_Learning with_Gallery Walk Strategy to_Creativity and_Communication_Skills. _Atlantis Press, 95..

Francek, _Mark_2006. _Promoting Discussion_in_the_Science Classroom Using Gallery_Walks. _Journal of Collage Science Teaching.

Dengo,_F. _2018. _Penerapan_Metode Gallery_Walk_dalam Meningkatkan Hasil_Belajar_Peserta_Didik pada Pembelajaran_IPA. _TADBIR_: Jurnal Manajemen_Pendidikan_Islam., _6 (1), 50-51.

Suparti, Tuti. 2016. _Upaya Meningkatkan_Prestasi_Belajar Peserta didik_dengan_Menggunakan Metode Kooperatif_Tipe_Gallery_Walk dalam Pembelajaran Konsep Kelistrikan. Scientiae_Educatia: _Jurnal_Sains dan Pendidikan_Sains, 2 (2), 101-104.
Published
2023-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 72