PENGARUH METODE GALLERY WALK PADA MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SENYAWA HIDROKARBON

Authors

  • Atikah Salsabila Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Danial Universitas Negeri Makassar
  • Sugiarti Sugiarti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p112-120

Keywords:

metode gallery walk, model discovery learning, hasil belajar, senyawa hidrokarbon

Abstract

Tujuan penelitian yaitu menentukan ada tidaknya pengaruh penerapan metode gallery walk yang terdapat dalam discovery learning terhadap ketercapaian hasil belajar kelas XI MIPA di salah satu SMA Negeri di Enrekang pada materi pokok senyawa hidrokarbon. Desain penelitian quasi experiment  dimana terdapat dua kelompok sampel yakni kelompok eksperimen (XI MIPA 1) dan kelompok kontrol (XI MIPA 3). Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dimana terdapat empat kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan   pemberian posttest yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir, observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta observasi aktivitas belajar peserta didik. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rerata hasil  belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Analisis statistik inferensial dilakukan dengan uji nonparametrik Mann-Whitney dengan taraf α = 0,05 dan diperoleh Zhitung (9,62) > Ztabel. (1,64). Metode gallery walk pada model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Triwijayanto, T. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mentari, L., Suardana, I. N., & Wayan, I. S. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Llarutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis, 2(1), 77.

Umbara, Uba. 2017. Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3 (1).

Nazalin & Muhtadi, Ali. 2016. Pengembangan_Multimedia Interaktif Pembelajaran_Kimia_Pada Materi Senyawa_senyawa_hidrokarbon Untuk Peserta_didik_Kelas_XI_SMA. Jurnal Inovasi_Teknologi_Pendidikan,

Jamil, Muhammad. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Praktik dengan Metode Project Work Collaborative untuk Siswa SMK Negeri Klakah Lumajang. STEAM Engineering, 2 (1), 13.

Barazandeh, E., Gorjian, B., & Hayati, M. 2017. An Evaluation of The Effect of Art on Vocabulary Learning through Multisensory Modalities. The Iranian EFL_Journal, 8(4), 28-49.

Mariyaningsih, Nining. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Materi Laporan Keuangan melalui Metode Gallery Walk Duati-Duata. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9(1), 63-68.

Indahwati, P. 2017. Meningkatkan Kemampuan Matematika dengan Metode Pameran Berjalan bagi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1), 519.

Sunarti, Titin, & Dilla Ayu Septiana, 2019. The Effect of Problem Based Learning with Gallery Walk Strategy to Creativity and Communication Skills. Atlantis Press, 95.

Francek, M. 2006. Promoting Discussion in the Science Classroom Using Gallery Walks. Journal of Collage Science Teaching.

Dengo, F. 2018. Penerapan_Metode Gallery_Walk_dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 50-51.

Suparti, T. 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Gallery Walk dalam Pembelajaran Konsep Kelistrikan. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 2 (2), 101-104.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 101