EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STEM–PROJECT-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

  • Dhea Fairuza Zahirah Universitas Negeri Malang
  • Oktavia Sulistina Universitas Negeri Malang
Keywords: STEM, project-based learning, literasi sains, berpikir kreatif

Abstract

Kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif merupakan keterampilan abad 21 yang penting untuk dikuasai siswa. Penggunaan STEM–project-based learning dalam pembelajaran dapat digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas model pembelajaran STEM–project-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains siswa selama proses pembelajaran kesetimbangan kimia. Sampel dalam penelitian adalah 29 siswa SMA kelas XI. Instrumen penelitian berupa tes berpikir kreatif, tes literasi sains, pedoman wawancara, dan dokumen. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran project-based learning yang diintegrasi STEM secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek pengetahuan dengan persentase 51,72% pada kriteria kreatif dengan persentase tertinggi pada indikator originality sebesar 86,20%. Penerapan STEM–project-based learning juga secara signifikan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada aspek pengetahuan dengan rerata kemampuan literasi sains pada kriteria sedang dengan persentase 62,07%.

References

Rahayu, S. 2017. Mengoptimalkan aspek literasi dalam pembelajaran kimia abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY (Vol. 21, No. 4, pp. 183-188).

National Education Association. 2012. Preparing 21st Century Students for a Global Society Great Public Schools for Every Student: An Educator’s Guide to the Four C’s. Preparing 21st Century Students for a Global Society, 1–38.

Lynch, M., Sloane, G., Sinclair, C., & Bassett, R. 2013. Resilience and art in chronic pain. Arts and Health, 5(1), 51–67. https://doi.org/10.1080/17533015.2012.693937.

Febriani, S., & Ratu, D. N. 2018. Mosharafa. 7(1).
http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa.

Hadianti Tarlina, W., Afriansyah, E. A., Matematika, P., Garut, S., Pahlawan, J., 32, N., & Garut, S. 2016. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Creative Problem Solving (Vol. 5, Issue 2).

Yani, N., & Margana, P. A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger (Studi Penelitian Eksperimen di SMP Al-Hikmah Tarogong Kaler Garut) (STKIP Garut Tahun 2012/2013). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Kurniawan Rangkuti, R. 2019. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-STAD Terintegrasi ICT. https://www.researchgate.net/publication/342078891.
8.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. 2019. Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185.

OECD. 2017. PISA for Development Assessment and Analytical Framework Reading, Mathematics And Science Pisa Preliminary Version. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.

Windyariani, S. (n.d.). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung.

Siregar, M. I. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Terintegrasi Model Pembelajaran Discovery Learning (Model Pembelajaran Penemuan) dan Project-Based Learning (Berbasis Proyek) Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Kelas XI (Doctoral dissertation, UNIMED).

Gultom, E. R., Muchtar, Z., & Artikel, I. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran E-Learning Materi Kesetimbangan Kimia. 1.

Anggriani, F., Wijayati, N., Susatyo, E. B., & Kharomah, D. 2019. Pengaruh Project-Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 13, Issue 2).

Nuraini, & Muliawan, W. 2020. Development of Science Learning with Project Based Learning on Science Process Skill : A Needs Analysis Study. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/17426596/1539/1/012055.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. 2016. Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5493.

Lutfi, L., Azis, A. A., & Ismail, I. 2018. Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains, kreativitas dan hasil belajar peserta didik. In Seminar Nasional Biologi.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (Eds.). 2013. STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Springer Science & Business Media.

Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. 2018. Hasil Belajar, Minat dan Kreativitas Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika menggunakan Model Project Based Learning dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 1-7.

Khumaeroh, N., & Sumarni, W. 2020. Kreativitas Dan Pengetahuan Siswa Pada Materi Asam-Basa Melalui Penerapan Project Based Learning dengan Produk Kreatif Teri Puter. EDUSAINS, 11(2), 203–212. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.11494.

Ismayani, A., & Pangeran Hidayatullah No, J. 2016. Pengaruh Penerapan Stem Project-Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org.

Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. 2021. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Published
2023-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 172
PDF Downloads: 340