PENERAPAN PEMBELAJARAN MATERI KIMIA HIJAU MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

  • Eris Ratnawati SMA NEGERI 1 Kedungwaru Tulungagung
  • Susilo Praptomo SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung
Keywords: Kimia Hijau, Model PjBL, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi kimia hijau. Desain penelitian ini adalah eksperimental semu pretest-posttest control group design. Sampel dipilih dari populasi dengan teknik convenience sampling. Sehingga sampel yang dipilih adalah kelas X-11 di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes sebelum (pretes) dan sesudah (pascates) perlakuan menggunakan instrumen hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hasil pascates menunjukkan 13 peserta didik berpredikat sangat baik, 10 peserta didik berpredikat baik, dan 2 peserta didik berpredikat cukup.

References

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidik. 2022. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Azizah, Y.N. & Cahyono, E. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Dengan Model Flipped Classroom Learning. Chemistry in Education, Vol.8, , No.2, pp. 1-8.

Lestari, A. et al. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Dan Basa. Jurnal Zahrah, Vol. 9, No.2, pp. 117-124.

Tsaparlis, G. 2017. Problems And Solutions In Chemistry Education. Journal of Turkhis Chemical Society and Chemical Education, 1(1)1-30.

Jannah, R. et al. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Siswa. Spin Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, Vol. 2, No.2, pp. 116-131.

Zhao, Y. & Wang, L. 2022. A case study of student development across project-based learning units in middle school chemistry. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, Vol. 4, No.5, pp. 1-20.

Umar, M.A. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Entropi, Vol. 11, No.2, pp. 132-138.

Irdhawati. 2016 . Kimia Hijau dalam Bidang Industri dan Pengolahan Limbah. Seminar Nasional Green Chemistry: Peranan dan Aplikasi dalam Mewujudkan Keberlangsungan Masa Depan Indonesia I. FMIPA Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidik. 2022. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Anggriani, F. 2019. Pengaruh Project-Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol.13, No.2, pp. 2404 – 2413

Creswell, J.W. 2012. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research Fourth Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS ISBN No. 979-545-0270-1. FMIPA UNESA. Surabaya.

Sasmono, S. 2018. Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, Vol. 2, No.2, pp. 189-200.

Mulaiman, A., & Mellyzar, M. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, Vol. 9, No.2, pp. 1-5.
Published
2023-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 482
PDF Downloads: 1560