PENERAPAN PEMBELAJARAN KIMIA HIJAU MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p141-147Keywords:
Model PjBL, hasil belajar , kimia hijauAbstract
Telah dilakukan Penelitian dengan tujuan untuk mendeskripkan penerapan pembelajatam dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan hasil belajar peserta didik pada materi kimia hijau. Rancangan penelitian menggunakan eksperimental semu pretest-posttest control group design. Sampel dipilih dari populasi dengan teknik convenience sampling. Sehingga sampel yang dipilih adalah siswa kelas X-11 salah satu SMAN Tulungagung. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest) menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hasil posttest menunjukkan 13 peserta didik berpredikat sangat baik, 10 peserta didik berpredikat baik, dan 2 peserta didik berpredikat cukup. Hal ini berarti 92% hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam kategori baik dan sangat baik dan sebesar 8% dalam kategori cukup.
Downloads
References
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidik. 2022. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Azizah, Y.N. & Cahyono, E. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Dengan Model Flipped Classroom Learning. Chemistry in Education, Vol. 8, No. 2, pp. 1-8.
Lestari, A. et al. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Dan Basa. Jurnal Zahrah, Vol. 9, No.2, pp. 117-124.
Tsaparlis, G. 2017. Problems And Solutions in Chemistry Education. Journal of Turkhis Chemical Society and Chemical Education, 1(1)1-30.
Jannah, R. et al. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Siswa. Spin Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, Vol. 2, No.2, pp. 116-131.
Zhao, Y. & Wang, L. 2022. A case study of student development across project-based learning units in middle school chemistry. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, Vol. 4, No.5, pp. 1-20.
Umar, M.A. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Entropi, Vol. 11, No.2, pp. 132-138.
Irdhawati. 2016. Kimia Hijau dalam Bidang Industri dan Pengolahan Limbah. Seminar Nasional Green Chemistry: Peranan dan Aplikasi dalam Mewujudkan Keberlangsungan Masa Depan Indonesia I. FMIPA Universitas Tanjungpura. Pontianak.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidik. 2022. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Anggriani, F. 2019. Pengaruh Project-Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol.13, No.2, pp. 2404 – 2413.
Creswell, J.W. 2012. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research Fourth Edition. Boston: Pearson Education Inc.
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X ITS ISBN No. 979-545-0270-1. FMIPA UNESA. Surabaya.
Sasmono, S. 2018. Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, Vol. 2, No.2, pp. 189- 200.
Mulaiman, A., & Mellyzar, M. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, Vol. 9, No.2, pp. 1-5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

