IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI ASAM-BASA MELALUI LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN SAINTIFIK

Authors

  • Maria Aloisia Uron Leba Universitas Katolik Widya Mandira - Kupang
  • Vinsensia Helena Bao Hayon Universitas Katolik Widya Mandira - Kupang
  • Maria Benedikta Tukan Universitas Katolik Widya Mandira - Kupang
  • Hendriana Rosina Bria SMA Kristen Maktihan - Besikama Malaka
  • Maria Imakulata Bubu Universitas Katolik Widya Mandira - Kupang

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p156-163

Keywords:

LKPD, hasil belajar, asam basa, potensi lokal, pigmen tumbuhan

Abstract

Implementasi LKPD berbasis potensi lokal pada materi asam basa dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Kristen Maktihan Besikama-Kabupaten Malaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan (KI3) dan aspek keterampilan (KI4). Data hasil belajar aspek KI3 diperoleh melalui tes sedangkan data hasil belajar aspek KI4 diperoleh melalui observasi keterampilan kinerja pada saat perserta didik melakukan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar aspek KI3, KI4 dan hasil belajar keseluruhan berturut-turut adalah 91,34, 86,71 dan 89,80. Hasil belajar ini telah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) matapelajaran kimia yang ditetapkan oleh sekolah dalam kurikulum K-13.  Data ini menunjukan bahwa semua peserta didik telah tuntas belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., Indrawati G. Ayu. 2017. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol.1, No. 2, pp.13-22.

Komisia, F., Tukan, M. B., Leba, M. A. U. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia yang Mengintegrasikan Model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS untuk SMA. Indonesian Journal of Educational Science, Vol. 4, No. 2, pp. 100–110.

Mursalim, M., Rumbarak, T. A. 2021. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD YPK Getsemani Warwanai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, pp.175–184.

Muslimah. 2020. Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Conference Series, Vol. 3, No. 3, pp.1471–1479.

Badiah, N., Erviyenni, Herdini. 2022. Analisis Ketuntasan Belajar Pesrta Didik pada Pokok Bahasan kesetimbangan Kimia Melalui pembelajaran Blended Learning di Kelas XI MIPA SMAN 2 Tambang. Unesa Journal of Chemical Education, Vol.11, No. 3, pp.186‒194.

Fitrah, A., Yantoro, Y., Hayati, S. 2022. Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 2, pp. 2943-2952.

Daga, A. T. 2022. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, Vol. 3, No. 1, pp. 11–28.

Elvianasti, M., Lufri, L., Asrizal, A., Rikizaputra, R. 2021. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia: Suatu Meta-Analisis. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 1, pp. 390–398.

Bria, F. A. M., Leba, M. A. U., Tangi, H. C. 2022. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan LKPD Berbasis Lingkungan. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 2, pp. 353–358.

Lase, N. K., Sipahutar, H., Harahap, F. 2026. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidik Biologi, Vol. 5, No. 2, pp. 99–107.

Fuadati, M., Wilujeng, I. 2019. Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 5, No. 1, pp. 98–108.

Fara, A., Haerullah, A., Masud, A. 2022. Pengemabngan LKPD Berbasis Potensi Lokal Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 2 Halmahera. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 9, No. 1, pp. 659–668.

Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., Suryadarma, I. G. P. 2017. The development of science domain based learning tool which is integrated with local wisdom to improve science process skill and scientific attitude. Jurnal Pendidik IPA Indonesia, Vol. 6, No. 1, pp. 23–31.

Ilma, S., Wijarini, F. 2017. Developing of environmental education textbook based on local potencies. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), Vol. 3, No. 3, pp. 194–201.

Yunilawati, R., Yemirta, Cahyaningtyas, A. A., Saputro, A. H. 2019. Co-pigmentation of purple sweet potatos (ipomoea batatas l) anthocyanin extract using green tea extract. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 1317, No. 1.

Bria, H. R., Leba, M. A. U., Kopon, A. M. 2021. Penggunaan Ekstrak Umbi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) sebagai Indikator Asam-Basa Alami. Jurnal Beta Kimia, Vol.1, No. 2, pp. 35–41.

Bria, H. R., Leba, M. A.U., Kopon, A. M. 2021. Pembuatan Kertas Indikator Alam dari Ekstrak Umbi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.). Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (SN-KPK), pp. 33–42.

Jenimat, A. D., Lawung, Y. D., Baunsele, A. B., Boelan, E. G., Leba, M. A. U. 2023 Phytochemical Content Of Fresh Purple Sweet Potato ( Ipomea batatas L . ) Extract as Acid-Base Titration Indicator. Jurnal Sains Natural, Vol. 13, No. 2, pp. 57–66.

Leba, M. A. U., Tukan, M. B., Komisia, F. 2022. pH Indicator Paper by Immobilizing Turmeric Rhizome Ethanol Extract on Filter paper. Jurnal Sains Natural, Vol. 12, No. 2, pp. 45–53.

Kopon, A. M., Leba, M. A. U., Lawung, Y. D., Jenimat, A. D., Komisia, F., Tukan, M. B Boelan, E. G., Baunsele, A. B. 2022. Aplication of Turmeric Rhizome Pigment as Acid-Base Titration Indicator. Jurnal Sains Natatural, Vol. 12, No. 4, pp. 143–152.

Anu, M. Y., Leba, M. A. U., Hayon, V. H. B. 2022. Pembuatan Kertas Indikator Dari Ekstrak Daun Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) Sebagai Indikator Asam Basa Alami Dalam Praktikum Kimia. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Univ. Nusa Cendana, Vol. 1, No. 1, pp. 230–40.

Utami, D. N., Aznam, N. 2020. Pengembangan LKPD IPA “Pesona Pantai Parangtris” berbasis learning cycle 7E beserta efeknya terhadap critical thinking. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 6, No. 1, pp. 11–25.

Anisa, A. 2017. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 3, No. 1, pp. 1-11.

Komisia, F., Leba, M. A. U., Tukan, M. B. 2022. Pelatihan Praktikum Kimia Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kupang. Jurnal Abdimas Galuh, Vol. 4, No. 1, pp. 453–462.

Timun, M. F., Wariani, T., Leba, M. A. U. 2021. Hubungan Sikap Responsif Peserta Didik dengan Hasil Belajar Kimia pada Materi Redoks. Jurnal Education and Development, Vol. 9, No. 4, pp. 51–55.

Wurha, E., Wariani, T., Tukan, M. B. 2022. Pengaruh Sikap Responsif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu pendidikan, Vol. 1, No. 1, pp. 33–42.

Nurbudiyani, I. 2013. Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor pada Matapelajaran IPS kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, Vol. 13, No. 10, pp. 88–93.

Andari, D., Rohiat, S., Nurhamidah. 2021. Analisis Soal Pada Buku Teks Kimia Sma Kelas XI Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidik dan Ilmu Kimia, Vol. 5, No. 2, pp. 175-182.

Murtiningrum, T. T., Ashadi, A. T., Mulyani, S. 2013. Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa. INKUIRI J Pendidik IPA, Vol. 2, No. 3, pp. 288-301.

Asnaini, A. 2017. Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Lantanida Jurnal, Vol. 4, No. 1, pp. 60-71.

Firdaus, M., Wilujeng, I. 2018. Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovovasi Pendidikan IPA, Vol. 4, No. 1, pp. 26–40.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 94 , PDF Downloads: 211