PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS IKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

  • Kholifia Nabila Hasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Rudiana Agustini Universitas Negeri Surabaya
Keywords: e-LKPD, Keterampilan Proses Sains, Inkuiri Terbimbing, Larutan Penyangga

Abstract

Satu di antara beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan untuk melatih keterampilan proses sains siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian berikut mempunyai tujuan guna menghasilkan LKPD berbentuk elektronik yang layak dengan model pembelajaran inkuiri guna melatih keterampilan proses sains pada peserta didik dalam materi larutan penyangga, ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian berikut ialah penelitian pengembangan menerapkan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) dengan 12 siswa kelas XI MIA 4 SMAN 4 Blitar sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya e-LKPD yang dilakukan pengembangannya dikategorikan valid dengan memperoleh modus skor ≥ 4 dalam validitas isi serta modus skor 5 dalam validitas konstruk. E-LKPD yang dilakukan pengembangannya dinilai praktis digunakan persentase respon siswa sejumlah 92% serta persentase aktifitas siswa sejumlah 100%. E-LKPD dinyatakan efektif guna melatih keterampilan proses sains dengan perolehan nilai N-Gain sejumlah 0,75. Berdasar dari hasil penelitian bisa diberikan kesimpulan bahwasanya e-LKPD yang dilakukan pengembangannya memiliki kelayakan dipakai guna melatihikan keterampilan proses sains pada siswa.

References

Permendikbud. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspendik. 2019. Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2019. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2020. Permendikbud No. 719/P Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riyatuljannah, T. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivis. Journal of Islamic Primary Education, Jilid 1, No. 2, Hal 45-53

Permendikbud. 2013. Permendikbud No. 81A Tahun 2016 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurtang, Herman, dan Abdul Haris. 2019. Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 24 Bone. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Jilid 15, No. 3, Hal 53-62.

Fajriah, I., Marjono, Dwiastuti, S. 2017. Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomandu Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 10, No. 2, Hal. 63-67

Permendikbud RI No. 59. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.

Wibowo, S. V., Nurhayati, S. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Melalui Guided Inquiry Blended Learning pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemisry in Education, Vol. 8, No. 2.

Masruhah, G. D., Rusdianto, Wahyuni, S. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, Vol. 7 No. 1, Hal. 169-177.

Mahjatia, N., Susilowati, E., dan Mariam, S. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 4, No. 3, Hal. 139-150.

Liveworksheet. “About This Site”. https://www.liveworksheets.com. Diakses tanggal 23 Februari 2023.

Ibrahim dan Wahyukartiningsih. 2014. Model Pembelajaran Inovatif melalui Pemaknaan. Surabaya: Unesa University Press.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta.

Hake, R. R.1998. Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Physics, Vol. 66 No. 1, Hal 64-74.

Slavin, R. E. 2012. Educational Psychology Theory and Practice Tenth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Nursyam, A. 2019 Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan Vol. 18, No. 1

Dahar, R. Wills. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Nurlina. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Terbimbing Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 7, 133.

Diasanti, M. R., Rosdiana, L. 2019. Kevalidan LKPD Berbasis Strategi Active Knowledge Sharing untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 7, No. 2, Hal 220-224.

Rusydina, N. I. 2021. Validitas LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Submateri Sistem Indera Kelas XI SMA. Jurnal Bioedu Unesa, Vol. 10 No. 1 Hal. 102-112.

Masitah, Miriam, S., Misbah. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Hands on Activity untuk Melatihkan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika Tandulako Online, Vol. 8, No. 1, Hal. 24-33.

Liandari, E., Siahaan, P., Kaniawati, I., Isnaini. 2017. Upaya Meningkatkan kemampuan Merumuskan dan Menguji Hipotesis melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains dengan Metode Praktikum. Jurnal Wahana Fisika, Vol. 2, No. 1, Hal. 50-55.

Fitriana, Kurniawati, Y., Utami, L. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, Vol. 4, No. 2, Hal. 226-236.
Published
2023-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 80