KAJIAN LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN GREEN CHEMISTRY SKILL

  • Legendaria Raula Saputri UIN SUNAN KALIJAGA
  • Jamil Jamil Suprihatiningrum UIN SUNAN KALIJAGA
Keywords: Problem based learning, asam basa, critical thingking, dan green chemistry skills.

Abstract

Mata pelajaran kimia seringkali dianggap sulit oleh siswa, karena menyangkut reaksi-reaksi kimia dan perhitungan serta menyangkut konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga banyak diantara mereka yang kesulitan dalam mempelajarinya. Materi asam basa merupakan salah satu materi dalam kurikulum kimia SMA yang harus dipelajari dan dipahami oleh siswa. Pedoman atau langkah pembelajaran yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memudahkan siswa memahami materi di dalam kelas disebut sebagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui peneraparan model pembelajaran problem based learning (PBL) materi asam basa untuk meningkatkan critical thinking dan green chemistry skill SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dan deskriptif kualitatif. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah menggumpulkan berbagai jurnal model pembelajaran asam-basa berskala nasional yang telah dipublikasikan dengan rentang waktu antara tahun 2008-2020. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu problem based learning (PBL) berbasis karakter green chemistry skills. Hasil penelitian ini menyimpulkan penerapan model problem based learning (PBL) berbasis karakter green chemistry skill telah terbukti dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat berpikir siswa dan membuat siswa peduli terhadap lingkungan.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] M. A. Hertiavi, H. Langlang, and S. Khanafiyah, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP’, 2010.
[2] M. Murtihapsari, F. Achmad, C. N. Larasati, and R. Yogaswara, ‘Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia’, Jambura J. Educ. Chem., vol. 4, no. 2, pp. 64–69, Aug. 2022, doi: 10.34312/jjec.v4i2.14050.
[3] U. Setyorini, S. E. Sukiswo, and B. Subali, ‘Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’, 2011.
[4] D. R. Puspitasari, L. Yuliati, and S. Kusairi, ‘Keterkaitan antara Pola Keterampilan Berpikir dengan Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran Strategi Metakognisi Berbantuan Thinking Map’, Indones. J. Appl. Phys., vol. 4, no. 02, p. 142, Feb. 2017, doi: 10.13057/ijap.v4i02.4978.
[5] Suci, F. R., & Nasruddin, H. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 1 Gedeg Mojokerto. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3).
[6] L. G. Snyder and M. J. Snyder, “Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills,” Delta Pi Epsil. J., vol. 50, no. 2, pp. 90–99, 2008.
[7] E. E. Peter, “Critical Thinking: Essence For Teaching Mathematics And Mathematics Problem Solving Skills,” African J. Math. Comput. Sci. Res., vol. 5, no. 3, pp. 39–43, 2012.
[8] A. N. Chukwuyenum, “Impact Of Critical Thinking On Performance In Mathematics Among Senior Secondary School Students In Lagos State,” IOSR J. Res. Method Educ., vol. 3, no. 5, pp. 18–25, 2013.
[9] Indriyani, Sri Herli dan Nasrudin, Harun. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Sumenep”. UNESA Journal of Chemical Education. Vol. 5, No.3, pp.571-579.
[10] Rampi, O., Pongoh, E., & Caroles, J. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Asam Basa Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tenga. Oxygenius, 3(2), 102-108.
[11] Fitriya, S. L., & Mitarlis, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Berwawasan Green Chemistry pada Materi Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 280–289. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p280-289
[12] Rahmah, E. M., Dewi, S. A., Hafizhah, Z., & Mulyanti, S. (2023, January). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Dalam Materi Asam Basa. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 1, pp. 20-25).
[13] Rahmawati, S. D., & Hidayat, T. (n.d.). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 9 No. 2 Juli 2022 P-ISSN : 2339-2258 (Print) E-ISSN: 2548-821X(Online) http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE. 8
[14] Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
[15] Akbarini, N. R., Indrawati, C. D. S., & Subarno, A. (2016). Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dengan Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 15
[16] Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin. (2017). Pembelajaran Konvensional dan Dual Situated Learning ‎Model ( DSLM ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian & pengembangan (JPtpp), 2(3), 385–391.‎ http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
[17] Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).
[18] Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
[19] Nusi, K., Laliyo, L. A. R., Suleman, N., & Abdullah, R. (2021). Deskripsi Pemahaman Konseptual Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 118-127.
[20] Harris, M. V., Darmanto, Y. S., & Riyadi, P. H. (2016). Pengaruh Kolagen Tulang Ikan Air Tawar Yang Berbeda Terhadap Karakteristik Fisik Dan Kimia Sabun Mandi Padat. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 5(1), 118-124.
[21] Nazarudin, N. (2017). Penerapan Pembelajaran dengan Strategi Konflik Kognitif Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Asam Dan Basa Di Kelas XI MAN Mojosari Kota Mojokerto (Implementation Of Cognitive Conflict Strategy To Reduce Student’s Misconception On Acid And Base Of XI Grade In MAN Mojosari Mojokerto). Unesa Journal Of Chemical Education, 6(1).
[22] Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202-208.
[23] Wulandari, C., Susilaningsih, E., & Kasmui, K. (2018). Estimasi Validitas dan Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Multi Representasi: Definitif, Makroskopis, Mikroskopis, Simbolik pada Materi Asam Basa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 165-174.
[24] Afandy, M. A., Nuryanti, S., & Diah, A. W. M. (2017). Ekstraksi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L.) Menggunakan Variasi Pelarut Serta Pemanfaatannya Sebagai Indikator Asam-Basa. Jurnal Akademika Kimia, 6(2), 79-85.
[25] Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar ‎Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. ‎https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478‎
[26] Afandi, Tulus J., dan Rachmi A. (2016). Implementasi Digital Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Surakarta
[27] Rosita, A., -, S., & Marwoto, P. (2014). Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Green Chemistry Materi Hidrolisis Garam untuk Mengembangkan Soft Skill Konservasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,3(2).https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3112
[28] Manahan, 2006, Chemistry, green chemistry, and environmental chemistry. From green chemistryand the Ten Commandments of Sustainability, Chemchar Research, Inc., 2006
[29] Mitarlis, Ibnu, S., Rahayu, S., dan Sutrisno., 2017, “Enviromental Literacy with Green Chemistry Oriented in 21st Century Learning,” AIP Conference Proceedings 1991, Vol. 020020: Hal 1-6.
[30] Ulandari, A., & Mitarlis, M. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berwawasan Green Chemistry untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2764-2777.
[31] Mitarlis, M., Azizah, U., & Yonatha, B. (2018). Pemanfaatan Indikator Alam dalam Mewujudkan Pembelajaran Kimia Berwawasan Green Chemistry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 1-7.
Published
2023-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 1667
PDF Downloads: 231