KAJIAN LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN GREEN CHEMISTRY SKILL
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v12n3.p225-236Keywords:
problem based learning, asam basa, critical thinking, green chemistry skillsAbstract
Banyak siswa menganggap kimia menantang karena mengharuskan mereka melakukan perhitungan yang rumit, menangani berbagai variabel eksperimental, dan memperdebatkan berbagai topik teoretis. Artikel ini berfokus pada pendekatan Problem Based Learning (PBL) sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas intelektual siswa SMA/MA, khususnya pada bidang berpikir kritis dan green chemistry. Model PBL juga akan diperluas ke zat asam basa sebagai bagian dari penyelidikan ini. Penelitian ini meliputi tinjauan pustaka kualitatif dan analisis deskriptif. Metode Pengumpulan Data Dalam penelitian ini, langkah mendasar dari tinjauan literatur sistematis disebut sebagai proses tinjauan pelingkupan. Untuk menumbuhkan pemikiran kritis di kalangan siswa, pembelajaran berbasis proyek (PBL) yang berpusat pada keterampilan kimia hijau dapat digunakan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mengajarkan keterampilan kimia hijau kepada siswa dengan menggunakan pendekatan PBL secara signifikan meningkatkan tingkat pemikiran mereka dan memotivasi mereka untuk peduli terhadap lingkungan.
Downloads
References
M. A. Hertiavi, H. Langlang, And S. Khanafiyah, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp’, 2010.
M. Murtihapsari, F. Achmad, C. N. Larasati, And R. Yogaswara, ‘Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia’, Jambura J. Educ. Chem., Vol. 4, No. 2, Pp. 64–69, Aug. 2022, Doi: 10.34312/Jjec.V4i2.14050.
U. Setyorini, S. E. Sukiswo, And B. Subali, ‘Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp’, 2011.
D. R. Puspitasari, L. Yuliati, And S. Kusairi, ‘Keterkaitan Antara Pola Keterampilan Berpikir Dengan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Strategi Metakognisi Berbantuan Thinking Map’, Indones. J. Appl. Phys., Vol. 4, No. 02, P. 142, Feb. 2017, Doi: 10.13057/Ijap.V4i02.4978.
Ebiendele Ebosele Peter, ‘Critical Thinking: Essence For Teaching Mathematics And Mathematics Problem Solving Skills’, Afr. J. Math. Comput. Sci. Res., Vol. 5, No. 3, Feb. 2012, Doi: 10.5897/Ajmcsr11.161.
A. Irfiana, ‘Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Terkait Materi Asam Basa’, 2022.
D. Handayani, R. Elvia, M. M. Aditia, And M. Alperi, ‘Pengembangan Video Asam Basa Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Xi’, J. Teknodik, Vol. 25, No. 2, P. 95, Dec. 2021, Doi: 10.32550/Teknodik.V25i2.620.
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun 13220, Jakarta And N. Nurbaity, ‘Pendekatan Green Chemistry Suatu Inovasi Dalam Pembelajaran Kimia Berwawasan Lingkungan’, Jrpk J. Ris. Pendidik. Kim., Vol. 1, No. 1, Pp. 13–21, Jul. 2011, Doi: 10.21009/Jrpk.011.02.
R. Widiasih, R. D. Susanti, C. W. Mambang Sari, And S. Hendrawati, ‘Menyusun Protokol Penelitian Dengan Pendekatan Setpro: Scoping Review’, J. Nurs. Care, Vol. 3, No. 3, Aug. 2020, Doi: 10.24198/Jnc.V3i3.28831.
F. N. Zakiyyah, Y. Winoto, And R. Rohanda, ‘Pemetaan Bibliometrik Terhadap Perkembangan Penelitian Arsitektur Informasi Pada Google Scholar Menggunakan Vosviewer’, Informatio J. Libr. Inf. Sci., Vol. 2, No. 1, P. 43, Jun. 2022, Doi: 10.24198/Inf.V2i1.37766.
D. H. Aliputri, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, J. Bid. Pendidik. Dasar, Vol. 2, No. 1a, Pp. 70–77, Apr. 2018, Doi: 10.21067/Jbpd.V2i1a.2351.
J. I. Manalu, R. P. Napitupulu, And Y. A. Sidabutar, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V Upt Sd Negeri 02 Limapuluh’.
K. Aryaningrum And R. E. Pratama, ‘Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips’, Vol. 2, No. 2.
A. Emda, ‘Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah’.
M. Saleh, ‘Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning’, J. Ilm. Didakt., Vol. 14, No. 1, Aug. 2013, Doi: 10.22373/Jid.V14i1.497.
H. Humaidi, A. Qohar, And S. Rahardjo, ‘Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika’, Jipm J. Ilm. Pendidik. Mat., Vol. 10, No. 2, P. 153, Oct. 2021, Doi: 10.25273/Jipm.V10i2.9108.
S. Prayogi And M. Asy’ari, ‘Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’, Prisma Sains J. Pengkaj. Ilmu Dan Pembelajaran Mat. Dan Ipa Ikip Mataram, Vol. 1, No. 1, P. 80, Jun. 2013, Doi: 10.33394/J-Ps.V1i1.521.
B. Zuhroti, S. Marfu’ah, And M. S. Ibnu, ‘Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam-Basa’, J-Pek J. Pembelajaran Kim., Vol. 3, No. 2, Pp. 44–49, Dec. 2018, Doi: 10.17977/Um026v3i22018p044.
N. L. Azizah And L. Mahardiani, ‘Analisis Miskonsepsi Dengan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Dan In-Depth Interview Pada Materi Asam Basa’, J. Pendidik. Kim., Vol. 11, No. 2, 2022.
B. Anitasari, A. Winarti, And R. Rusmansyah, ‘Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Asam Basa’, Quantum J. Inov. Pendidik. Sains, Vol. 10, No. 1, P. 8, May 2019, Doi: 10.20527/Quantum.V10i1.5713.
I. Utami And B. Mulyani, ‘Identifikasi Miskonsepsi Asam – Basa Dengan Two Tier Multiple Choice Dilengkapi Interview’, J. Pendidik. Kim., Vol. 9, No. 1, 2020.
N. Fitriah, S. Syafari, And M. Mardani, ‘Analisa Perbedaan Indikator Asam Dan Basa Menggunakan Variasi Ekstrak Bunga (Mawar, Kembang Sepatu, Bougenvile)’, J. Sains Dan Teknol. Reaksi, Vol. 18, No. 01, Jun. 2021, Doi: 10.30811/Jstr.V18i01.2104.
I. Trimahesri And A. T. A. Hardini, ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model’, Vol. 2, No. 2, 2019.
N. Daniati, D. Handayani, R. Yogica, And H. Alberida, ‘Analysis Of Critical Thinking Skill Level Of Students Smp Negeri 2 Padang About Environmental Pollution’, J. Atrium Pendidik. Biol., Vol. 3, No. 1, P. 1, Nov. 2018, Doi: 10.24036/Apb.V3i1.4247.
Ş. D. Belet Boyacı And N. Atalay, ‘Slowmation Application In Development Of Learning And Innovation Skills Of Students In Science Course’, Lnternational Electron. J. Elem. Educ., Vol. 11, No. 5, Pp. 507–518, Jun. 2019, Doi: 10.26822/Iejee.2019553347.
H. Norrizqa, ‘Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa’, 2021.
D. Hariyadi, E. Enawaty, And I. Lestari, ‘Pengaruh Metode Praktikum Green Chemistry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 08 Singkawang Pada Materi Pemisahan Campuran’.
A. Wijaya, ‘Efektivitas Tripartite Environment Ministers Meeting (Temm) Terhadap Penanggulangan Masalah Lingkungan Di Tiongkok, Jepang Dan Korea Selatan’, Vol. 1, No. 1, 2021.
M. Mitarlis, U. Azizah, And B. Yonata, ‘Adaptation Of Basic Chemistry Learning With Green Chemistry Oriented’, J-Pek J. Pembelajaran Kim., Vol. 7, No. 2, Pp. 80–89, Dec. 2022, Doi: 10.17977/Um026v7i22022p080.
D. Darwis, A. Rahman, And M. Latif, ‘Pengaruh Penerapan Model Blended-Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pesrta Didik Pada Materi Asam Dan Basa’, Jrpk J. Ris. Pendidik. Kim., Vol. 10, No. 2, Pp. 79–87, Dec. 2020, Doi: 10.21009/Jrpk.102.03.
S. Fitri And P. S. Ritonga, ‘Strategi Pembelajaran Problem Based Instruction; Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Asam-Basa’, J. Zarah, Vol. 11, No. 1, Pp. 1–8, May 2023, Doi: 10.31629/Zarah.V11i1.4196.
O. Rampi, E. Pongoh, And J. Caroles, ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Asam Basa Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 1 Tenga’, 2021.
R. M. Ayirahma And M. Muchlis, ‘Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Model Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa’, J. Pendidik. Indones., Vol. 4, No. 6, Pp. 675–683, Jun. 2023, Doi: 10.59141/Japendi.V4i6.1961.
H. Zakiyah, A. Adlim, And A. Halim, ‘Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Titrasi Asam Basa Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia’, Lantanida J., Vol. 2, No. 1, P. 107, Jun. 2014, Doi: 10.22373/Lj.V2i1.668.
A. Jariyah, D. Wahyudiati, And B. A. Riyandari, ‘The Effect Of Creative Problem Solving Learning Model On Students’ Critical Thinking Ability On Acid-Base Materials In Class Xi Sman 2 Langgudu’, 2022.
R. Annisa, M. H. Effendi, And D. Damris, ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) Pada Materi Asam Dan Basa Di Sman 11 Kota Jambi’, J. Indones. Soc. Integr. Chem., Vol. 10, No. 2, Pp. 14–22, Apr. 2019, Doi: 10.22437/Jisic.V10i2.6517.
M. Warahmah, R. Rahmawati, And J. Siahaan, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Materi Larutan Penyangga’, Chem. Educ. Pract., Vol. 4, No. 1, P. 73, May 2021, Doi: 10.29303/Cep.V4i1.2200.
S. K. Najih, ‘Penggunaan Pigmen Alami Pada Tenun Troso Dengan Fiksasi Asam-Basa: Pendekatan Green Chemistry Melalui Project Based Learning’, Orbital J. Pendidik. Kim., Vol. 3, No. 1, Pp. 54–64, Jun. 2019, Doi: 10.19109/Ojpk.V3i1.3368.
S. Suryati, H. Hendrawani, And N. Walidatun, ‘Pengaruh Modul Pbl Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Literasi Sains Siswa’, Lensa J. Kependidikan Fis., Vol. 9, No. 1, P. 86, Jun. 2021, Doi: 10.33394/J-Lkf.V9i1.4343.
G. H. Ramadhana And A. Sutiani, ‘Implementation Of Problem Based Learning On Critical Thinking To Increase Learning Outcomes And Student Activities’, Vol. 5, No. 1, 2023.
W. Widyaningrum, S. Nurhayati, And S. Mursiti, ‘Pengaruh Penerapan Blended Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga’, 2023.
A. Haetami And M. A. Marhadi, ‘Analisis Keterampilan Berpikir Krities-Isssni:S27w21-2a963 Pada Materi Perkembangan Model Atom Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl)’, J. Pendidik. Kim., Vol. 6, 2021.
M. Murtihapsari, F. Achmad, C. N. Larasati, And R. Yogaswara, ‘Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia’, Jambura J. Educ. Chem., Vol. 4, No. 2, Pp. 64–69, Aug. 2022, Doi: 10.34312/Jjec.V4i2.14050.
N. Wahdaniyah, R. Agustini, And T. Tukiran, ‘Analysis Of Effectiveness Pbl-Stem To Improve Student’s Critical Thinking Skills’, Ijorer Int. J. Recent Educ. Res., Vol. 4, No. 3, Pp. 365–382, May 2023, Doi: 10.46245/Ijorer.V4i3.312.
R. Yulfiani And M. Muchlis, ‘Implementation Of Problem Based Learning To Train Critical Thinking Skills Students At Basic Acid Materials’, Jcer J. Chem. Educ. Res., Vol. 5, No. 2, Pp. 61–69, Dec. 2021, Doi: 10.26740/Jcer.V5n2.P61-69.
I. Malasari And Y. K. Dewi, ‘The Effect Of The Problem Based Learning Model On The Critical Thinking Skills Of Class Xi Students Of Sma Al-Hamzar’, 2022.
M. N. Aufa, R. Rusmansyah, M. Hasbie, A. Jaidie, And A. Yunita, ‘The Effect Of Using E-Module Model Problem Based Learning (Pbl) Based On Wetland Environment On Critical Thinking Skills And Environmental Care Attitudes’, J. Penelit. Pendidik. Ipa, Vol. 7, No. 3, Pp. 401–407, Jul. 2021, Doi: 10.29303/Jppipa.V7i3.732.