Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognif Siswa pada Materi Koloid Kelas XI SMA

  • Toriqotin Ma'rufah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas, keterampilan metakognitif, koloid

Abstract

Abstrak:

Penelitian berikut mempunyai sebuah tujuan guna memberikan deskripsi akan keterlaksanaan model pembelajaran, aktivitas peserta didik, serta keterampilan metakognitif siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam materi koloid. Rancangan penelitian yang dipakai yakni One Shot Case Study, dengan sasaran penelitian 36 siswa kelas XI IPA 2 di MAN 2 Gresik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya: 1) Persentase keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di tiap fase berturut-turut berjumlah 90%; 91,6%; 100%; 82,5%; 90%, 100% pada pertemuan pertama, di pertemuan kedua bertutur-turut 100%; 91,6%; 100%, 75%, 85%, 100% berkategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 yang mempunyai persentase dominan ialah siswa ketika melaksanakan percobaan (moitoring skills) dengan persentase rata-rata berjumlah 26,3% dan 27,03%. 3) Nilai keterampilan metakognitif siswa berdasar dari tes berbasis keterampilan metakognitif dalam dua pertemuan berturut-turut bagi planning skills 72,22%; 91,66%; monitoring skills 7,77%; 86,1%; evaluating skills 75%; 88,8%. Nilai tersebut didukung pula dengan nilai inventori metakognitif dalam dua pertemuan yakni planning skills 85,71%; 92,86%; monitoring skills 82,14%; 96,42%; evaluating skills 83,33%; 91,66%. Berdasar dari nilai yang didapatkan tersebut, pada segi klasikal ketermpilan metakognitif peserta didik mengalami peningkatan dan mampu terlatih secara baik.

References

Permendikbud Nomor 20 Thun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Schraw, G. & Dennison, R.S. 1994. Assessing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology. Vol 19, Hal 460-475.
Azizah, U., dan Nasrudin, H. 2018. Empowerment of Metakognitive Skills Through Development of Instructional Materials on The Topic of Hydrolisis and Buffer Solution. The 2nd International Joint Conference on Science and Technology (IJCST) Journal of Physics : Conf. ser.953 012199. DOI : 10.1088/1742-6596/1/012199.
Sindhawani, A. & Sharma, M. k. 2009. Metakognitive Learning Skills. India: Educationia Confab.
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. 10th Edition. Part two. Boston: Pearson Education. Inc.
Slavin, R. E. 2010. Instruction Based on Cooperative Learning in R mayer and P Alexander (Eds), Handbook of Research on Learning and Intruction, London: Taylor & Francis.
Karyadi. 2012 Keefektifan Metode Pembelajaran Numberd Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Fungsi Tabungan. Economic Education Analysis Journal. Vol. 1 (1); Hal 1-6.
Hasanah, I., dan Mitarlis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Strategi Metakognitif Materi Koloid Kelas XI Semester Genap di SMAN 2 Bangkalan. Surabaya: Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5 (3): Hal 588-595.
Arends, R. L. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yostanti, D. M., dan Azizah, U. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Materi Laju Reaksi Kelas XI di SMAN 3 Tuban. Unesa Journal of Chemical Education. Vol 5 (2): Hal 278-285.
Nur. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press.
Febiliyanti, R., Tiwow, V. M. A., dan Gonggo, S. T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolo pada Materi Pelajaran Kimia Koloid. Jurnal Akademika Kimia. Vol. 3 (2) Hal; 98-103.
Kumala, C., Nasrudin, H. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Melalui Blended Learning untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah. Vol. 10 (1) Hal: 4-16.
Kumoro, A. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Sistem Koloid Siswa Kelas XI SMA. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol 2 (2) Hal 81-90.
Mahmudah, S., dan Azizah U. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 1 Waru. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 9 (3) Hal: 417-426.
Malinda. W. F., Azizah, U. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 4 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 8 (2): Hal 237-242.
Nafilah. E., dan Azizah, U. 2015. Keterampilan Metakognitive Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI SMAN 1 Sumenep. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 4 (2) Hal: 204-211
Pulmones, R. 2010. Learning Chemistry in a Metacognitive Environment From St. Scolastica’s Colege, Vol. 16, hal 170.
Rosalinda, E., dan Azizah, U. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Asam Basa di Kelas XI. Unesa Journal of Chemical Education. Vol 6 (3): Hal 440-445.
Shofa, A.U., Azizah, U. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education. Vol.6 (2) Hal: 522-530.
The teaching Excellence in Adult Literacy. 2012. Metacinitive Process. American Institutes for Research
Published
2023-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 15