PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMK

  • Wildan Takhis El-Haqq UNESA
  • Mitarlis Mitarlis Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Laju Reaksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, kemampuan literasi sains, hasil belajar, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI jurusan kimia analis di SMKN 1 Pasuruan. Metode pengumpulan data yaitu metode pengamatan, tes, dan angket. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata 96,7 % termasuk kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa yang relevan sebesar 92,2% dan 95 % dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil belajar siswa 100% telah tuntas memenuhi standar kriteria ketuntasan minimum. (4) Hasil kemampuan literasi sains siswa mengalami peningkatan kategori sedang 16% dan kategori tinggi 84% dengan rata rata skor N-Gain 0,7 dengan kategori tinggi. (5) Siswa memberikan respon baik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.

References

Crowell, A. & Schunn, C. 2016. Unpacking The Relationship Between Science Education and Applied Scientific Literacy. Research in Science Education, 46(1): 129–140.

Desyrula Affandy, Muchlis. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. UNESA Journal of Chemistry Education ISSN: 2252-9454 Vol.6 No.1. 102-110.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model pembelajaran inovatif.Yogyakarta: ArRuzz Media.

Hamidah,N., haryani, warhani. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 12, No. 2, hal 2212-2223.

Kan, A. Ü., & Murat, A. (2018). Investigation of Prospective Science Teachers’ 21st Century Skill Competence Perceptions and Attitudes Toward STEM. International Online Journal of Educational Sciences, 10(4), 251–272.

Llewellyn,D (2005). Teaching High School Science Through Inquiry. California: Corwin Press.

Musya'idah (2017). Pengaruh Penggunaan Analogi Model FAR (Focus, Action, Reflection) dalam Pendekatan Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry-Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Berbeda pada Materi Laju Reaksi.

Naseriazar, Ozmen, & Badrian. 2011. Effectiveness of Analogies on Students Understanding of Chemical Equlibrium. Western Anatolia Journal of Educational Sciences. 491-495.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing. doi:10.1787/9789264255425-en .

OECD. (2001). Knowledge and Skills for Life: First Results from the OECD Programme for International Student Assessment (PISA) 2000. USA: OECD-PISA.

PISA. 2009. PISA 2009 Assesment Framework. Perancis: OECD-PISA (www.oecd.org/pisa/pisaproducts/444 55820.pdf).

PISA. 2013. PISA 2015 Draft Science Framework. Perancis : OECD-PISA. (www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa 2015draftframeworks.htm).

Puspaningtyas, K., & Suparno, S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analisis Danketerampilan Proses Sains. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 8-16.

Riduwan. (2017). Pengantar Statistika untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan bisnis. Alfabeta.

Roesminingsih, M. V., & Susarno, Hadi, L. (2017). Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkaji dan Pengembangan Ilmu Pendidikan.

Rohman Abduhan, et al (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berkombinasi Dril And Practice Dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. ISSN: 2337-9995. Vol. 4, No. 4, 2015.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1(March), 1276–1283. https://www.researchgate.net/publication/331638425_PEMBELAJARAN_ABAD_21_DAN_PENERAPANNYA_DI_INDONESIA/link/5c847e51458515831f96f565/download.

Usrotin, D., Wiyanto, & Nugroho, S. E. (2013). Penerapan pembelajaran melalui kegiatan laboratorium inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, berkomunikasi dan bekerjasama. Unnes Physics Education Journal, 2(3), 68–73. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/2933.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas.
Published
2024-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 30