PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p30-37Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Laju ReaksiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran, kegiatan siswa, kemampuan siswa dalam literasi sains, hasil belajar siswa mengenai perlakuan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian ini ialah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan sasaran 25 siswa di kelas XI penjurusan Kimia Analis di salah stau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pengamatan, tes dan kuesioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Pembelajaran terlaksana dengan nilai rata-rata 96,7% maka tergolong pada kategori sangat baik. (2) Kegiatan siswa yang sesuai yaitu diperoleh angka 92,2% dan 95 % kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa 100% telah tuntas memenuhi standart KKM. (4) Hasil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan peningkatan pada kategori sedang sebesar 16% dan kategori tinggi 84% dengan rata rata skor N-Gain 0,7 termasuk kategori tinggi (5) Siswa merespon baik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan literasi.
Downloads
References
Syahputra, E. 2018. Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, Vol 1, pp. 1276¬‒1283.
PISA. 2009. PISA 2011 Assesment Framework. Perancis: OECD-PISA (www.oecd.org/pisa/pisaproducts/444 55820.pdf)
PISA. 2013. PISA 2015 Draft Science Framework. Perancis : OECD-PISA. (www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa 2015draftframeworks.htm)
Fathurrohman, M. 2015. Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Puspaningtyas, K. & Suparno, S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analisis Danketerampilan Proses Sains. Indonesian Journal of Science and Education, Vol 1, No 1, pp. 8‒16.
Citra, D. A. & Muchlis. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Manyar Gresik. UNESA Journal of Chemistry Education, Vol 6, No 1, pp. 102‒110.
Crowell, A. & Schunn, C. 2016. Unpacking The Relationship Between Science Education and Applied Scientific Literacy. Research in Science Education, Vol 46, No 1, pp. 129–140.
OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing. doi:10.1787/9789264255425-en.
Permendikbud No. 34 , 2018. Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan. (https://jdih.kemdikbud.go.id/)
Zahra, S. & Mitarlis. 2023. Development of Student Worksheets with Guided Inquiry Oriented on Reaction Rate Materials to Improve the Ability of Scientific Literacy of Pharmaceutical Vocational Students. Journal of Science Education Research, Vol 7, No 1, pp. 1–11.

