PENGEMBANGAN WEBSITE KEARIFAN LOKAL JAMU MADURA PADA MATERI ZAT ADITIF
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p1-8Keywords:
kearifan lokal jamu madura, pembelajaran IPA, websiteAbstract
Pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal masih jarang diterapkan akibat kurangnya sarana dan prasarana dalam pengintegrasian informasi dengan materi IPA. Siswa lebih tertarik dengan pembelajaran berbasis digital. Solusi yang diberikan melalui penelitian ini yaitu melalui pengembangan website kearifan lokal jamu Madura pada materi zat aditif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, dan respons siswa terhadap media website kearifan lokal jamu Madura. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Aanalyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kamal dengan subjek penelitian kelas IX-H dan IX-I yang berjumlah 44 siswa semester genap tahun ajaran 2022-2023. Teknik pengumpulan data melalui angket validasi ahli media, ahli materi, keterbacaan siswa, dan respons siswa terhadap media. Hasil penelitian mendapatkan data bahwa : (1) Pengembangan website kearifan lokal jamu Madur layak digunakan dengan persentase kelayakan dari ahli media sebesar 97 % dalam kategori sangat valid, dan persentase dari ahli materi sebesar 86 % dalam kategori sangat baik. (2) Keterbacaan siswa terhadap media mendapat nilai rata-rata sebesar 83,5 % dalam kategori sangat baik. (3) Respons siswa terhadap media mendapat nilai rata-rata sebesar 82 % dalam kategori sangat baik.
Downloads
References
Ahmadi, Y., Astuti, B., & Linuwih, S. 2019. Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. UPEJ Unnes Physics Education Journal, Vol 8, No 1, pp. 53–59.
Rahmi, D. A. & Rosdiana, L. 2018. Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Science. Ejournal-Pensa, Vol 6, No 2, pp. 108–113.
Pramasari, I. F. & Wijaya, N. Q. 2021. Strategi Pengembangan Jamu Ramuan Madura Di Kabupaten Sumenep. Jurnal Pertanian Cemara, Vol 18, No. 1, pp. 50–63.
Satriyati, E., Biroli, A., & Hana, S. N. 2019. Pilihan Rasional Perempuan Madura Dalam Pemertahanan Tradisi Minum Jamu di Kabupaten Bangkalan Dan Sumenep. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis (JSPH), Vol 4, No 2, pp. 133–141.
Dewa, M. D. Z., Rusdiyanti, & Astari, A. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Profesional di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), Vol 4, No 3, pp. 866–873.
Trisdiono, H., Siswandari, S., Suryani, N., & Joyoatmojo, S. 2019. Development of Multidisiplin Integrated Project-Based Learning Model To Improve Critical Thinking and Cooperation Skills. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), Vol 8, No 1, pp. 9–20.
Ariawan, R. & Putri, K. J. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), Vol 3, No 3, pp. 293–302.
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. 2021. Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), Vol 10, No 2, pp. 153–162.
Utari, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. 2020. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam. Jurnal Pijar Mipa, Vol 15, No 5, pp. 478–481.
Khasanah, K. & Rusman, R. 2021. Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, Vol 13, No 2, pp. 1006–1016.
Baharom, M. M., Atan, N. A., Rosli, M. S., Yusof, S., & Hamid, M. Z. A. 2020. Integration of science learning apps based on Inquiry Based Science Education (IBSE) in enhancing students Science Process Skills (SPS). International Journal of Interactive Mobile Technologies, Vol 14, No 9, pp. 95–109.
Shahbana, E. B., Farizqi, K., & Satria, R. 2020. Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, Vol 9, No 1, pp. 24–33.
Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., Hofer, S. I., & Reiss, K. M. 2020. The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Comput Educ, Vol 153, No April, pp. 1–25.
Alang, H., Hastuti, Yusal, M. S. 2021. Inventarisasi tumbuhan obat sebagai upaya swamedikasi oleh masyarakat Suku Tolaki Desa Puundoho, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Farmasi, Vol 17, No 1, pp. 19–33

