EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PERCOBAAN MAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p268-275Keywords:
Efektivitas, Percobaan Maya, Berpikir Analisis, Laju ReaksiAbstract
Keterampilan dalam analisis diperlukan untuk memahami penjelasan fenomena dengan bantuan percobaan ilmiah di bidang kimia. Diperlukan pendekatan dengan tujuan memperbaiki keterampilan analisis siswa melalui eksperimen, dengan memanfaatkan media pembelajaran percobaan virtual. Penelitian ini mengarah pada penilaian efektivitas belajar menggunakan sarana simulasi digital terhadap keterampilan berpikir analitis peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode quasi-experiment (desain kelompok kontrol yang tidak setara). Metode pengumpulan data melibatkan tes uraian, dengan data yang disertai analisis uji t dan N-gain. Analisis uji t, nilai signifikansi yang tercatat adalah 0.002, kurang dari 0.05, mengakibatkan penolakan terhadap Ho dan penerimaan Ha. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam kemampuan analitis antara siswa yang menggunakan media simulasi digital dan mereka yang tidak menggunakannya. Adapun pada uji N-gain, ditemukan bahwa pada kelas eksperimen, terdapat siswa dengan rata-rata nilai yang berada di kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol, tidak terdapat peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi digital pada pembelajaran terbukti mampu secara efektif meningkatkan kapasitas analitis peserta didik. Media simulasi percobaan maya ini dapat membantu dalam proses pembelajaran, mempermudah kegiatan praktikum, dianggap menyenangkan, dan lebih mudah dipahami. Dengan demikian, media ini berpengaruh pada peningkatan kemampuan analitis peserta didik.
Downloads
References
Rokhim, D. A., Asrori, M. R., dan Widarti, H. R. 2020. Pengembangan Virtual Laboratory pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 3, No. 2, pp. 216-226.
Fakinah, I., Taib, E. N., dan Agustina, E. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Sub-Materi Enzim dikelas XII MAS Dartul Al-tami Aceh Selatan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, pp. 735-741.
Syarifudin, A. S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5, No. 1, pp. 31-34.
Prasetiyaningsi, A. 2020. Meningkatkan Kemampuan Analitik dan Aktivitas Siswa SMP melalui Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction, Obsevation, Explanation). Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 9, No. 1, 26-34.
Hasyim, F. 2018. Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al-hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, Vol. 2, No. 1, pp. 80-89.
Nais, M. K., Sugiyarto, K., and Ikhasan, J. 2018. Virtual Chemistry Laboratory (Virtual-Cham Lab) : Potensial Experimental Media in Hybrid Learning. Jurnal Of Physics, pp. 1-6.
Anam, A. C., Wiyanto, and Alimah, S. 2018. The Analysis of Student's Conceptual Understanding and Motivation in Guided Inquiry Science Learning Model Assistend by Android Virtual Laboratory. Jounar Of Innovative Science Education, Vol. 7, No. 2, pp. 407-416.
Nurrokhmah, I., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Lab Menggunakan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry In Education, Vol. 2, No. 1, pp. 200-207.
Rohmah, M., Ibnu, S., dan Budiasih, E. 2019. Pengaruh Real Laboratory dan Virtual Laboratory terhadap Pemahaman Konsep Peerta Dididk dengan Kemampuan awal Berbeda pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Teladan, Vol. 4, No. 1, pp. 85-97.
Klentien, U., and Wannasawade, W. 2016. Development Of Blended Learning Model With Virtual Science laboratory For Secondary Students. Procedia Social and Behavioral Sciences, pp. 706-711.
Kurniawati, Y. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (dibidang Ilmu Pendidikan Kimia). Pekanbaru: Cahaya Firdaus.
Hartono. 2008. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol.9, No. 1, pp. 15-32.
Kurniawati, Y. 2018. Teknik Penyusun Instrumen Penelitian Pendidikan Kimia. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Abdjul, T. 2019. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gelombang Bunyi dan Cahaya di SMA Kabupaten Bone Bolago. Prosiding Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora, pp. 382-387.
Ismail, I., Permanasari, A., dan Setiawan, W. 2016. Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Perbedaan Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 2, No. 2, pp. 190-201.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

