PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

  • Eka Nur Afiyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Rusmini Rusmini Universitas Negeri Surabaya
Keywords: LKPD, Kesetimbangan Kimia, Problem Posing, Keterampilan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis problem posing pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Kelayakan LKPD meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas pada aspek isi mendapatkan kriteria valid dengan persentase 80,90%, sedangkan aspek penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan mendapatkan kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 92,49%; 85%; dan 83,33%. Kepraktisan mendapatkan kriteria sangat praktis ditinjau dari hasil respon peserta didik terhadap LKPD dengan persentase dari keseluruhan aspek sebesar 93,63% didukung hasil observasi aktivitas relevan peserta didik pada 2 kali pertemuan dengan persentase 100%; 100%. Keefektifan mendapat kriteria efektif ditinjau dari hasil n-gain score tes keterampilan berpikir kreatif dengan rata-rata sebesar 0,36 yang menunjukkan kenaikan pada kategori sedang didukung hasil uji Paired Sample T-Tes dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar <0,001 (Ha diterima) yang artinya penggunaan LKPD yang dikembangkan memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Jadi dapat disimpulkan LKPD berbasis problem posing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kesetimbangan kimia.

References

Creswell, J. W., 2014. Reseacrh design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

English, L.D., 1998. Childerns problem posing within formal and informal contexts. National Council of Teachers of Matehematics, 29 (1), hal 83-106

Erduran, S., Ozdem, Y., & Park, J. Y. (2015). Research trends on argumentation in science education: a journal content analysis from 1998–2014. International Journal of STEM Education, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40594-015-0020-1

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Indriani, A., Bagus Suryadharma, I., C1, Y., & Kimia, J. (2017). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Kesetimbangan Kimia.

Jurnal Pembelajaran Kimia OJS, 2(1), 9-13. http://dx.doi.org/10.17977/um026v2i12017p009

Irianti, M., 2017. Penerapan model pembelajaran problem posing terhadap kreativitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI teknik komputer jaringan SMK 1 Nabire pokok bahasan getaran dan gelombanng. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(2), hal 19-25.

Kemendikbud. 2018. Permendikbud No 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 137 Tentang Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kinsey, B. (2016). A Review of Research on The Teaching and Learning of Chemical Equilibrium. Chemistry Education Research and Practice Vol. 17, 246-262

Meutia, H. & Sulastri, R., 2018. Pendekatan problem posing meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 2 (1), hal 42-50.

Nuryadi., Astuti., Dewi. T., Utami, S., Martinus., 2017. Dasar-dasar statisti. Penelitian. (1), Yogyakarta: Sibuku Media, 2017.

Partnership for 21st Century Skills. 2009. P21 framework definitions. [Online]. Diakses dari: http://www.p21.org/storage/documents/P21_Framework_Definiti ons.pdf.

Ridwan., 2015. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Silver, E.A., 1997. On mathematical problem posing. JSTOR, 4(1), hal 91-28

Shoimin, A., 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiarti, R., & Farida, I. (2013). Analisis Buku Teks Kimia SMA pada Konsep Kesetimbangan Kimia Ditinjau dari Kriteria Representasi. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 216-219.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Thabroni, G., 2012. Berpikir kreatif (creative thinking) – pengertian, indikator, tahap, dsb. Jakarta: Serupa.Id

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesot

Yan, Y.K. and Subramaniham. (2016). Diagnostic Apprasisal of Grade 12 Students’ Understanding of Reaction Kinetics. Chemistry Education Research and Practice Vol. 17
Published
2024-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 20