PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p60-69Keywords:
LKPD, Kesetimbangan Kimia, Problem Posing, Keterampilan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis problem posing pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Kelayakan LKPD meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas pada aspek isi mendapatkan kriteria valid dengan persentase 80,90%, sedangkan aspek penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan mendapatkan kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 92,49%; 85%; dan 83,33%. Kepraktisan mendapatkan kriteria sangat praktis ditinjau dari hasil respon peserta didik terhadap LKPD dengan persentase dari keseluruhan aspek sebesar 93,63% didukung hasil observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 dengan persentase 100%; dan pertemuan 2 dengan persentase 100%. Keefektifan mendapat kriteria efektif ditinjau dari hasil n-gain score tes keterampilan berpikir kreatif diatas 0,3 sebanyak 55% didukung hasil uji Paired Sample T-Tes dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar <0,001 (Ha diterima) yang artinya penggunaan LKPD yang dikembangkan memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Jadi dapat disimpulkan LKPD berbasis problem posing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kesetimbangan kimia.
Downloads
References
Permendikbud No 36. 2018. Kemendikbud. pp. 1–12. Diakses tanggal 2 Agustus 2023.
Yan, Y, K., Subramaniam, R. 2016. Diagnostic appraisal of grade 12 students’ understanding of reaction kinetics. Chemistry Education Research and Practice. Vol 17, No. 4, pp. 1114–1126. doi: 10.1039/c6rp00168h.
Indriani, A., Suryadharma, I. B., & Yahmin, Y., 2017. Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Dalam Memahami Kesetimbangan Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia). Vol. 2, No. 1, pp. 9–13. doi: 10.17977/um026v2i12017p009.
Bain, K., Towns, M. H., 2016. A review of research on the teaching and learning of chemical kinetics. Chemistry Education Research and Practice. Royal Society of Chemistry. Vol. 17, No. 2. pp. 246–262. doi: 10.1039/c5rp00176e.
Partnership for 21st Century Skills. 2009. P21 Framework Definition. Diakses tanggal 23 Agustus 2023.
Child, S., Shaw, S. 2016. Collaboration in the 21st century: Implications for assessment. A Cambridge Assessment Publication, No. 22.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta.
Silver, E. A. 1994. On mathematical problem posing. doi: 10.2307/40248099.
Erduran, S., Ozdem, Y., & Park, J. Y. 2015. Research trends on argumentation in science education: a journal content analysis from 1998–2014. Int J STEM Educ, Vol. 2, No. 1. doi: 10.1186/s40594-015-0020-1.
Sulastri, R., Meutia, H. 2018. Pendekatan Problem Posing Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1.
Irianti, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kreativitas Belajar Dan Hasil BELAJAR SISWA Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Nabire Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang,. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 2. doi: 10.31957/jipi.v5i2.245.
Thiagarajan. 1974. Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Research and Development. Diakses tanggal 23 Agustus 2023.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Diakses tanggal 23 Agustus 2023.
Nuryadi, T. D., Astuti, E., Utami, S., & Budiantara, M., 2017 Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. Diakses 22 Agustus 2023.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta. Jurnal Binawakya, Vol. 15, No. 11.
Ishtiaq, M. 2019. Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching. Vol. 12, No. 5. pp. 40. doi: 10.5539/elt.v12n5p40.
Hake, R. R. 1998 Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am J Phys, Vol. 66, No. 1. pp 64–74. doi: 10.1119/1.18809.
Sugiarti, R., Farida, I. 2013. Analisis Buku Teks Kimia SMA pada Konsep Kesetimbangan Kimia Ditinjau dari Kriteria Representas. Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran Sains.

