SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB PADA PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p100-107Keywords:
Media pembelajaran, Virtual lab, Systematic Literature ReviewAbstract
Abstrak
Pembelajaran kimia pada tingkat SMA memuat adanya praktikum yang merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan pemahaman pada siswa mengenai suatu materi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mendorong berbagai upaya pembaruan untuk pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran virtual lab. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan virtual lab terhadap peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran kimia dan kontribusinya terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) atau tinjauan literatur sains dari beberapa artikel dan jurnal. Virtual lab merupakan media pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran secara tidak langsung yang memanfaatkan perkembangan teknologi multimedia. Media pembelajaran ini menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan pengetahuan dan memudahkan pemahaman materi. virtual lab memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa dari segi manapun. Namun, virtual Lab ini juga memiliki kekurangan dan kelebihannya.