SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB PADA PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p100-107Keywords:
Media pembelajaran, Virtual lab, Systematic Literature ReviewAbstract
Pembelajaran kimia pada tingkat SMA memuat adanya praktikum yang merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan pemahaman pada siswa mengenai suatu materi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mendorong berbagai upaya pembaruan untuk pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran virtual lab. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan virtual lab terhadap peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran kimia dan kontribusinya terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dari beberapa artikel dan jurnal. Virtual lab merupakan media pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran secara tidak langsung yang memanfaatkan perkembangan teknologi multimedia. Media pembelajaran ini menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan pengetahuan dan memudahkan pemahaman materi. Virtual lab mampu memberikan dampak positif terhadap pemahaman kognitif, pemahaman konseptual, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan efikasi diri siswa.
Downloads
References
Makransky, G., Thisgaard, M. W., and Gadegaard, H. 2016. Virtual Simulations as Preparation for Lab Exercises: Assessing Learning of Key Laboratory Skills in Microbiology and Improvement of Essential Non-Cognitive Skills. PLoS ONE, Vol. 11, No. 6, pp. 1–11.
Fatahu, F., Walukou, M. A., Mulyana, W. O., dan Mandasari, E. C. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Smartphone Android. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, Vol. 6, No. 3, pp. 207–218.
Chan, P., Van Gerven, T., Dubois, J.-L., dan Bernaerts, K. 2021. Virtual Chemical Laboratories: A Systematic Literature Review of Research, Technologies and Instructional Design. Computers and Education Open 2, pp. 1–17.
Jones, N. 2018. The Virtual Lab. Can A Simulated Laboratory Experience Provide the Same Benefits for Students as Access to A Real-World Lab?. Springer Nature, Vol. 562, pp. S5–S7.
Arifin, Z., Destiansari, E., dan Amizera, S. 2020. Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 5, No. 2, pp. 123–130.
Gunawan., A.H., Harjono, A., dan Hairunnisyah S. 2015. Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1, pp. 232–237.
Uwitonze, D., dan Nizeyimana, G. 2022. Effects of Virtual Laboratories on Students’ Conceptual Understanding of Biology in Selected Secondary Schools of Rwamagana District, Rwanda. Journal of Research Innovation and Implications in Education, Vol. 6, No. 4, pp. 249–258.
Hikmah, N., Saridewi, N., dan Agung, S. 2017. Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), Vol. 2, No. 2, 186–195.
Arsani, I. A. A., Manuaba, I. B. P., dan Darma, I. K. 2022. Pengembangan Laboratorium Virtual Praktik Elektroplating Sebagai Media Pembelajaran Kimia di Pendidikan Tinggi Vokasi. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), Vol. 13, No. 2, pp. 118–132.
Lubis, I. R., dan Ikhsan, J. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 1, No. 2, pp. 191–201.
Febrita, Y., dan Ulfah, M. 2019. Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 5, pp. 181–188.
Oktiarmi, P., Rusdi, M., dan Asrial. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Praktikum Titrasi Asam Basa. Edu-Sains, Vol. 3, No. 1, pp. 6–12.
Rusdi, M.A., Herliani, dan Rijai, L. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Materi Titrasi Asam Basa pada Siswa SMA Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Zarah, Vol. 9, No. 2, pp. 125–130.
Lutfi, A. 2017. Pengembangan Media Laboratorium Virtual Bersarana Komputer untuk Melatih Berpikir Kritis pada Pembelajaran Asam, Basa, dan Garam. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, Vol. 1, No. 1, pp. 26–33.
Al-Balushi, S. M., Al-Musawi, A. S., Ambusaidi, A. K., dan Al-Hajri, F. H. 2017. The Effectiveness of Interacting with Scientific Animations in Chemistry Using Mobile Devices on Grade 12 Students’ Spatial Ability and Scientific Reasoning Skills. Journal of Science Education and Technology, Vol. 26, No. 1, pp. 70–81.
Muslim, F. E., dan Ardhana, I. A. 2023. Development of Android-Based Chemistry Virtual Laboratory Media on Acid-Base Materials for 11th Grade High School Students. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, Vol. 11, No. 2, pp. 166–177.
Putri, Y. D., Elvia, R., dan Amir, H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Vol. 5, No. 2, pp. 168–174.
Rahmawati, T., dan Partana, C. F. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Asam Basa Berbasis Android Terhadap Efikasi Diri Peserta Didik. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), Vol. 4, No. 2, pp. 147–156.
Hidayat, A., Army, A., dan Muhammad, A. 2021. Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android “ChemOndro” pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Bone (Studi Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia), Vol. 2, No. 2, pp. 29–38.
Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Ikhsan, J., dan Sugiyarto, K. H. 2020. Android-Based-Game and Blended Learning in Chemistry: Effect on Students’ Self-Efficacy and Achievement. Cakrawala Pendidikan, Vol. 39, No. 3, pp. 507–521.
Haryanti, I., Kurniawati, Y., dan Lubis, F. H. 2023. Penerapan Virtual Laboratory dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, Vol. 2, No. 1, pp. 42–49.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo.
Lang, J. 2012. Comparative Study of Hands-On and Remote Physics Labs for First Year University Level Physics Students. Transformative Dialogues: Teaching and Learning Journal, Vol. 6, No. 1, pp. 1–25.
Makransky, G., Thisgaard, M. W., and Gadegaard, H. 2016. Virtual Simulations as Preparation for Lab Exercises: Assessing Learning of Key Laboratory Skills in Microbiology and Improvement of Essential Non-Cognitive Skills. PLoS ONE, Vol. 11, No. 6, pp. 1–11.
Kurbanoglu, N. I., and Akim, A. 2010. The Relationships Between University Students’ Chemistry Laboratory Anxiety, Attitudes, And Self-Efficacy Beliefs. Australian Journal of Teacher Education, Vol. 35, No. 8, pp. 48–59.
Buck, L. B., Lowery, B. S., and Towns, M. H. 2008. Characterizing the Level of Inquiry in the Undergraduate Laboratory. Journal of College Science Teaching, Vol. 38, pp. 52–58.
Martinez-Jimenez, P., Pontes-Pedrajas, A., Polo, J., and Climent-Bellido, M. S. 2003. Learning in Chemistry with Virtual Laboratories. Journal of Chemical Education, Vol. 80, No. 3, pp. 346–352.
Dalgarno, B., Bishop, A., Adlong, W., Bedgood, Jr., and Danny. 2009. Effectiveness of A Virtual Laboratory as A Preparatory Resource for Distance Education Chemistry Students. Computers and Education, Vol. 53, No. 3, pp. 853–865.
Larasati, D. S., dan Sukisno, M. 2014. Penggunaan Media Simulasi Berbasis Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Lintas Minat di SMA Negeri 3 Pekalongan. Unnes Physics Education Journal, Vol. 3, No. 3, pp. 48–53.
Nurrokhmah. I., E., dan Sunarto, W. 2013. Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Journal Jurusan Kimia FMIPA, Vol. 2, No. 1, pp. 200–207.
Jagodzinski, P., and Wolski, R. 2014. The Examination of the Impact on Students’ Use of Gestures While Working in a Virtual Chemical Laboratory for Their Cognitive Abilities. Problem of Education, Vol. 61, pp. 46–57.
Garcia-Ruiz, M. A., C. Santana, P., and Molina, I. 2014. Using Effective Stereoscopic Molecular Model Visualizations in Undergraduate Classrooms. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education, Vol. 5, No. 1, pp. 1593–1598.
Hamalik, O. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsilo.
Pati, D., and Lorusso, L. N. 2018. How to Write a Systematic Review of the Literature. HERD, Vol. 11, No. 1, pp. 15–30.
Wati, A. 2021. Penggunaan media virtual laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep materi dan kemandirian siswa melakukan praktikum. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, Vol. 4, No. 2, pp. 256–270.
Howard, M. C., and Van, Z. E. C. 2021. A Meta-Analysis of the Virtual Reality Problem: Unequal Effects of Virtual Reality Sickness Aross Individual Differences. Virtual Reality, Vol. 25, No. 4, pp. 1221–1246.
Muchson, M., Munzil, M., Winarni, B. E., dan Agusningtyas, D. 2019. Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android. Jurnal Pembelajaran Kimia, Vol. 4, No. 1, pp. 51–64.
Dalgarno, B., Bishop, A., Adlong, W., Bedgood, Jr., and Danny. 2009. Effectiveness of A Virtual Laboratory as A Preparatory Resource for Distance Education Chemistry Students. Computers and Education, Vol. 53, No. 3, pp. 853–865.
Fikriyani, N., Lestari, S. M., Fitriani, D., dan Utari, E. M. 2020. Hubungan Efikasi Diri dan Kecemasan dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, Vol. 2, No. 2, pp. 224–231.
Tarigan, F. L., dan Hilda, N. 2019. Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI SMK Putra Anda Binjai. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga, Vol. 3, No. 1, pp. 13–20.

