PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p159-170Keywords:
Asesment kognitif, HOTS, Quizizz, dan Ikatan Kimia.Abstract
Pada tahun 2015, Laporan PISA (Programme for International Student Assessment) yang dikeluarkan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) keterampilan HOTS Indonesia menduduki peringat ke 7 dari bawah dari 76 negara yang disurvei. Salah satu faktor yang memicu rendahnya keterampilan berpikir tersebut yaitu kurangnya latihan bagi para siswa dalam mengerjakan soal-soal yang menuntut kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Tujuan dari penelitian ini menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada materi ikatan kimia yang disajikan dalam bentuk kuis interaktif Quizizz dan mengembangkan instrumen penilaian kognitif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, namun hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Metode yang digunakan meliputi angket, wawancara, dan pemberian soal tes. Tahap instrumen pada penelitian ini dilakukan uji coba sebanyak 2 kali, yaitu uji coba terbatas kepada 27 siswa dan uji coba skala sedang kepada 69 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Instrumen memiliki keterbacaan soal sebesar 75,75%, 2) Validitas dari ahli materi 87,80%, validitas ahli media 85,45% dan reliabilitas 0,647, 3) Tingkat kesukaran butir soal 0,30, dan daya beda 0,11, 4) Frekuensi pencapaian HOTS 1,45% baik, 28,98% cukup, 46,38% kurang, 23,19% sangat kurang. Berdasarkan penelitian tersebut sebagian besar siswa masih tergolong kategori kurang dalam memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam menyelesaikan soal HOTS, instrumen dikatakan layak jika memiliki reliabilitas dan validitas yang baik.
Downloads
References
Ningrum, R. T. L. 2016. Pengaruh Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI Materi Buffer dan Hidrolisis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Afriani, A., Setyarini, M., dan Efkar, T. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Berbasis HOTS pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia (JPPK), Vol. 7, No. 2, pp. 1–12.
Aisya, N., Corebima, A. D., dan Mahanal, S. 2017. KELAS X MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RQA Pendahuluan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Vol. 21, No. 3, pp. 172–177.
Sutama, I., Arnyana, M., dan Swasta, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Ketrampilan Proses Sains Pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol. 4, No. 1, pp. 1–14.
Ningrum, R. T. L. 2016. Pengaruh Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI Materi Buffer dan Hidrolisis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kane, S. N., Mishra, A., and Dutta, A. K. 2016. Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, Vol. 755, pp. 1–3.
Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Asam-Basa Berbasis Keterampilan Proses Sains. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Baehaki, F. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Agustin, D. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Pada Materi Teori Atom Bohr dan Mekanika Kuantum. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Effendy. 2017. Molekul, Struktur, dan Sifat-Sifatnya. Malang: Indonesian Academic Publishing.
Siwa, I. B., Muderawan, I. W., dan Tika, I. N. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari gaya Kognitif Siswa. e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program studi IPA, Vol. 3, pp. 1–13.
Muchson, M. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Topik Gaya Antarmolekul pada Matakuliah Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 1, No. 1, pp. 14–25.
Al-Tabany, T. I. B. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Invotif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group
Asyhari, A., dan Silvia, H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 5, No. 1, pp. 1–13.
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azmi, N. L., Nurhayati, S., Priatmoko, S., dan Wardani, S. 2021. Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur HOTS Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. School Science and Mathematics, Vol. 2, No. 3, pp. 133–139.
Masitoh, L. F., dan Aedi, W. G. 2020. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2, pp. 886–897.
Megawati, M., Wardani, A. K., dan Hartatiana, H. 2019. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 14, No. 1, pp. 15–24.
Aulia, E, V., dan Ismono. 2015. Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Widya Darma Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 4, No. 2, pp. 163–171.
Shidiq, A. S., Masykuri, M., dan Susanti, E. 2015. Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas XI SMA N 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, pp. 159–166.
Ridwan, E. 2010. Kemampuan Fisika Siswa Indonesia dalam TIMSS. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika, pp. 1–29.
Redhana, W. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir. Forum Kependidikan, Vol. 27, No. 2, pp. 103–112.
Muyassaroh, L. 2013. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Open Ended Pada Materi Listrik Dinamis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Devi, P. K. 2007. Pengaembangan Soal HOTS “ Higher Order Thinking Skill" dalam Pembelajaran IPA SMP/ MTs. Jakarta: Academia Edu Publishing.

