ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MATERI KIMIA STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR MELALUI ASESMEN FORMATIF DI KELAS X-7 SMAN 6 MALANG

Authors

  • Hanifah Ariani Mahmudah Universitas Negeri Malang
  • Rofinda Gita Aini SMA Negeri 6 Malang
  • Nur Kholish Amrullah SMA Negeri 6 Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n1.p34-44

Keywords:

kesulitan belajar, tingkat pemahaman, asesmen formatif, kimia, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skala kesulitan belajar siswa dan tingkat pemahaman siswa pada topik Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur berdasarkan hasil angket dan asesmen formatif di SMAN 6 Malang, melibatkan 32 siswa kelas X-7 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan kode A dan kode B yang telah memenuhi kriteria valid dengan nilai validitas butir soal berdasarkan analisis point biserial berkisar antara 0,311 hingga 0,860 dan nilai reliabilitasnya berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha yaitu 0,880 untuk kode A dan 0,846 untuk kode B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X-7 mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, terlihat dari hasil angket kesulitan belajar dan nilai rata-rata siswa yang masih berada di bawah KKM. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa siswa kesulitan dalam menghubungkan konsep-konsep abstrak, seperti konfigurasi elektron dengan sifat-sifat unsur, serta menunjukkan kecenderungan bergantung pada hafalan daripada pemahaman konsep yang mendalam. Sebanyak 43,7% siswa berada pada kriteria tingkat pemahaman yang kurang, menunjukkan perlunya peningkatan strategi pembelajaran untuk memperbaiki pemahaman siswa terhadap materi kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S.W., dan Soleha, N. M. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, Vol. 1, No. 1, pp. 66‒72.

Margiyanti, I. dan Maulia, S. T. 2023. Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, Vol. 3, No. 1, pp. 199‒208.

Munandar, H. dan Jofrishal, J. 2016. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kimia di Kelas Homogen (Studi Kasus Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 11 Banda Aceh). Lantanida Journal, Vol. 4, No. 2, pp. 98‒110.

Mulyani, T., Agustina, S., dan Wiraningtyas, A. 2022. Perbandingan Efektivitas Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Asam Basa dan Stoikiometri. Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, Vol. 5, No. 1, pp. 30‒38.

Rachman, F. A., Ahsanunnisa, R., dan Nawawi, E. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Mata Pelajaran Kimia di SMA. Alkimia: Jurnal Ilmu Kimia dan Terapan, Vol. 1, No. 1, pp. 16‒25.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., dan Maryam, S. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, Vol. 5, No. 1, pp. 11‒18.

Miharti, I., Tentia, I., dan Romundza, F. 2024. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Struktur Atom. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 6, No. 2, pp. 227‒232.

Sihaloho, C. G. M. dan Tahya, C. Y. 2023. Upaya Menguatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa Melalui Pembuatan Aplikasi Sistem Periodik Unsur pada Kelas X IPA. Journal of Chemistry and Education Research, Vol. 3, No. 2, pp. 1‒11.

Hendriyana, A., Mulyani, S., dan Miswandi, S. S. 2013. Pengembangan Software Pembelajaran Mandiri (SPM) Materi Sistem Periodik Unsur dan Struktur Atom. Journal of Innovative Science Education, Vol. 2, No. 1, pp. 42‒48.

Juliana, N., Muflihah, M., dan Usman, U. 2019. Pemahaman Kognitif Siswa tentang Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Setelah Diajar dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (Pros. Semnas KPK), Vol. 2, pp. 14‒17.

Afrianis, N. dan Ningsih, L. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, Vol. 6, No. 2, pp. 102‒108.

Suhesti, D. S. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kimia SMA Kurikulum 2013. Jurnal Ide Guru, Vol. 4, No. 1, pp. 19‒24.

Larasati, P. R. 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tema 1 Menggunakan Quizizz di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi.

Hanifah, N. 2014. Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Sosioekons, Vol. 6, No. 1, pp. 41‒55.

Putri, W. P., Fauziyah, S., Khair, M. U. I., dan Gusmaneli, G. 2024. Efektivitas Penerapan Teknik Umpan Balik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 2, No. 4, pp. 1‒13.

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., dan Titaley, H. D. 2021. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, Vol. 11, No. 1, pp. 432‒439.

Fitriani, N. 2021. Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, Vol. 12, No. 2, pp. 199‒205.

Oktaviani, S. dan Haerudin, H. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 4, No. 4, pp. 875‒882.

Nani, N. dan Hendriana, E. C. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, Vol. 2, No. 1, pp. 55‒62.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., dan Anam, M. A. K. 2020. Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, Vol. 1, No. 1, pp. 155‒163.

Fatah, M., Suud, F. M., dan Chaer, M. T. 2021. Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komprehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Jurnal Ilmiah Psikologi: Psycho Idea, Vol. 19, No. 1, pp. 89‒102.

Fauziana, A. dan Wulansari, A. D. 2021. Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, Vol. 6, No. 1, pp. 10‒19.

Djarwo, C. F. 2020. Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Vol. 7, No. 1, pp 1‒7.

Maulana, M. I., Suyoto, S. dan Suprihatini, G. 2024. Analisis Tingkat Pemahaman Peserta Didik terhadap Materi Fakta dan Opini (Studi pada: Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar). Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 2, pp. 172‒176.

Downloads

Published

2025-01-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 189 , PDF Downloads: 170