KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK: MIND MAPPING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p112-120Keywords:
Keterampilan Berpikir Kreatif,, Mind Mapping, Pendidikan KimiaAbstract
Mind mapping yang berfokus pada kimia memiliki relevansi kuat dengan studi kimia. Namun, hingga saat ini belum ada tinjauan sistematis yang membahas pengembangan keterampilan berpikir kreatif melalui mind mapping pada topik kinetika kimia, termodinamika, dan reaksi kimia.. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah tren penelitian mind mapping sebagai metode penguatan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran kimia. Tinjauan sistematis terhadap tujuh jurnal dilakukan dengan memanfaatkan basis data sesuai dengan pola kata kunci (seperti creative thinking skills; mind mapping method; chemistry learning) Selanjutnya, penulis mengkode jurnal penelitian secara deduktif untuk menunjukkan relevansinya. Tinjauan sistematis menunjukkan fokus bidang penelitian pada berbagai topik (misalnya tema ‘tingkat pendidikan’, tema ‘sudut pandang’, tema ‘tujuan’, tema ‘urgensi keterampilan berpikir kreatif’). Selain itu, jurnal penelitian mind mapping yang meneliti keterampilan berpikir kreatif siswa kimia ditemukan memiliki kekurangan. Penelitian terkini menunjukkan bahwa pelatihan guru tertentu diperlukan untuk meningkatkan penggunaan mind mapping dalam kimia.
Downloads
References
Savira, L. 2023. Peran Guru pada Transformasi Pendidikan dalam Menyongsong Generasi Emas 2045. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 4, No. 2, pp. 28‒36.
Rosnaeni, R. 2021. Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 5, pp. 4334‒4339.
Vari, Y. 2021. Pemanfaatan Augmented Reality untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 11, No. 2, pp. 70‒75.
Acesta, A. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 2b, pp. 581-586.
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., dan Priyantoro, D. E. 2024. Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, Vol. 6, No. 1, pp. 27‒38.
Ma, X., Jia, Y., Jiang, X., dan Nie, Z. 2022. Research on the Application of Mind Mapping in Promoting English Learning Efficiency of High School Art and Sports Specialty Students. Open Journal of Social Sciences, Vol. 10, No. 6, pp. 335‒358.
Herdiawan, H., Langitasari, I., dan Solfarina, S. 2019. Penerapan PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Koloid. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), Vol. 4, No. 1, pp. 24‒35.
McHugh, M. L. 2012. Interrater Reliability: The Kappa Statistic. Biochemia medica, Vol. 22, No. 3, pp. 276‒282.
Susilawati, M., Suprapto, Y., Judijanto, L., Subasman, I., dan Santosa, T. A. 2023. The Effect Mind Mapping Model in Science Learning. International Journal of Teaching and Learning, Vol. 1, No. 4, pp. 308‒318.
Nyagblormase, G., Gyampoh, A., Hinson, J., Aidoo, B., dan Yeboah, E. 2021. Effect of Mind Mapping as A Learning Tool on Online Learning of Chemistry. Studies in Learning and Teaching, Vol. 2, No. 2, pp. 47‒58.
Masnaini, Copriady, J., dan Osman, K. 2018. Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) with Mind Mapping Strategy and Its Effects on Chemistry Achievement and Motivation. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, Vol. 19, No. 1, pp. 1‒18.
Kilic, M., dan Cakmak, M. 2013. Concept Maps as A Tool for Meaningful Learning and Teaching in Chemistry Education. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, Vol. 4, No. 4, pp. 152‒164.
Rusmini, Suyono, dan Agustini, R. 2023. Profile of Critical and Creative Thinking Skills of Chemistry Education Students based on Non-routine Problems. Reimagining Innovation in Education and Social Sciences, pp. 66‒73.
Sriyono, S. 2024. Improving Learning Results in Hydrocarbon Chemistry with Mind Mapping and Classical Music Accompaniment. Journal of Chemical Learning Innovation, Vol. 1, No. 1, pp. 1‒6.
Chaliq, M. A., dan Toifur, M. 2024. Analisis Penerapan Metode Mind Mapping untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (SAINS) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 6, No. 1, pp. 88‒95.
Akbar, M. A. R., Safitri, I., dan Rusydiyah, E. F. 2024. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Guru PAI. Journal of Education Research, Vol. 5, No. 2, pp. 1899‒1910.
Karim, A. 2018. Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, Vol. 1, No. 1, pp. 1‒22.
Aprinawati, I. 2018. Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 2, No. 1, pp. 140‒147.
Mitra, S. N., Qomariyah, S., dan Rahmawati, S. 2023. Peran Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Berpikir Sistematis pada Siswa di SMP Islam Hegarmanah Sukabumi. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 1, pp. 84‒103.
Oktaviyani, E. D., dan Licantik, L. 2021. Mendeteksi Redundansi Pasangan Kalimat dalam Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak dengan Pendekatan Kemiripan Semantik. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, Vol. 15, No. 1, pp. 13‒24.

