ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL KIMIA TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p139-147Keywords:
Asam Basa, e-modul, EtnosainsAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut siswa untuk belajar secara aktif dengan memanfaatkan teknologi guna mewujudkan masyarakat yang adaptif, kreatif, dan inovatif. Di sisi lain, pendidikan abad 21 mengharapkan siswa dapat menguasai sejumlah kompetensi salah satunya kemampuan literasi sains termasuk literasi kimia yang memungkinkan siswa dapat memahami kimia dalam konteks sehari-hari secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru kimia tentang karakteristik e-modul terintegrasi etnosains yang baik dan sesuai dengan kebutuhan guru di lapangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan kualitatif. Sebanyak 6 guru kimia berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan 15 pertanyaan terbuka. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan metode interpretative coding. Hasil yang diperoleh yaitu guru menyatakan bahwa pengembangan e-modul terintegrasi etnosains pada materi asam basa penting dilakukan untuk meningkatkan literasi kimia siswa. Karakteristik e-modul yang diharapkan oleh guru yaitu menarik baik dari segi tampilan maupun konten, mudah diakses, menyajikan materi secara sistematis, menyajikan konten yang sesuai dengan perkembangan (up to date), serta bersifat interaktif.
Downloads
References
Amalia, F., dan Andromeda, A. 2024. Efektivitas LKPD Asam Basa Berbasis PBL Terintegrasi Etnosains terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase F SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 4, pp. 3853‒3861.
Ariningtyas, A., Wardani, S., dan Mahatmanti, W. 2017. Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA. Journal of Innovative Science Education, Vol. 6, No. 2, pp. 186‒196.
Atmojo, S. E. 2012. Profil Keterampilan Proses Sains dan Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 1, No. 2, pp. 115‒122.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.
Faista, D. H., Sumarni, W., Sudarmin, dan Harjito. 2023. Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Etnosains pada Budaya Jamu Tradisional Terhadap Literasi Kimia Siswa. Chemistry in Education, Vol. 12, No. 2, pp. 138‒143.
Kosasih, E. 2020. Pengembangan bahan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Maytrea, F. I., Namirah, I., dan Solfarina, S. 2020. Development of Ethnosains-Based Learning Module Theme Acid and Base for Senior High School Class XI. JCER: Journal of Chemistry Education Research, Vol. 4, No. 1, pp. 16‒22.
Mulyassa, E. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: Rosadakarya.
Nadlir, M. 2016. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Islamic Education Studies, Vol. 2, No. 2, pp. 299‒330.
OECD. 2023. PISA 2022 Result (Volume I): The State of Learning and Equality in Education. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.html. Diakses tanggal 2 Desember 2024.
Rohaeti, E. E., Bernard, M., dan Primandhika, R.B. 2019. Developing Interactive Learning Media for School Level Mathematics through Open-Ended Approach Aided by Visual Basic Application for Excel. Journal on Mathematics Education, Vol. 10, No. 1, pp. 59‒68.
Saputri, F. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri dan Bermuatan Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Asam Basa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Shidiq, A. S. 2016. Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat & Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia VIII (SN KPK UNS), pp. 227‒236.
Silaban, R., Panggabean, F. T., Sitompul, S., Simarmata, P. R., dan Silaban, I. Y. 2019. Pengembangan Pembelajaran Kimia Larutan Berdasarkan Ilmu Pengetahuan dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa di Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, Vol. 1, No. 2, pp. 100‒106.
Sudarmin. 2015. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains. Semarang: FMIPA UNNES.
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., dan Sumarni, W. 2017. Development of Ethnoscience Approach in the Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student’s Entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, Vol. 824, No. 1, pp. 1‒14.
Sumarni, W., Sudarmin, Wiyanto, Rusilowati, A., dan Susilaningsih, E. 2017. Chemical literacy teaching candidates studying the integrated food chemistry ethnosciences course. Journal of Turkish Science Education, Vol. 14, No.3, pp. 60‒72.
Sumarni, W. 2018. Etnosains dalam Pembelajaran Kimia: Prinsip, Pengembangan dan Implementasinya. Semarang: UNNES Press.
Sungkono. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Wiyarsi, A., Pratomo, H. dan Priyambodo, E. 2020. Vocational High School Students’ Chemical Literacy on Context-Based Learning: A Case of Petroleum Topic. Journal of Turkish Science Education, Vol. 17, No. 1, pp. 147‒161.

