VALIDITAS LKPD IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TOPIK KANDUNGAN KIMIA HIDROPONIK NUTRIENT FILM TECHNIQUE

Authors

  • Dewi Septiyani Universitas Sriwijaya
  • Sofia . Universitas Sriwijaya
  • Rodi Edi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p82-89

Keywords:

LKPD, Problem Based Learning (PBL), validitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan LKPD IPA Terpadu berbasis problem based learning yang akan dikembangkan. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian pengembangan menggunakan model Rowntree dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self evaluation dan expert review. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX.B2 SMP IT Raudhatul Ulum yang berjumlah 19 peserta didik. LKPD divalidasi oleh tiga orang dosen FKIP Universitas Sriwijaya terdiri dari satu dosen pendidikan kimia, satu dosen pendidikan biologi, dan satu dosen pendidikan fisika. Aspek yang dinilai pada LKPD yang dikembangkan adalah aspek desain, aspek pedagogik, dan aspek materi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket validitas aspek desain, materi,dan pedagogik serta menggunakan analisis data validasi menggunakan rumus Aiken. Hasil validitas aspek desain memperoleh skor sebesar 0,91, validitas aspek pedagogik dari hasil penilaian tiga validator diperoleh sebesar 0,90, dan validitas aspek materi diperoleh sebesar 0,88. Ketiga aspek desain, pedagogik, dan materi tersebut memperoleh nilai sebeser 0,91, 0,90, dan 0,88 yang termasuk kategori tinggi menurut Aiken (1985). Keseluruhan skor rata-rata penilaian validitas LKPD dari ketiga aspek (desain, pedagogik, dan materi) sebesar 0,89 yang termasuk kategori tinggi menurut Aiken (1985) yang menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis PBL pada topik kandungan kimia hidroponik metode nutrient film technique dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

King, F. J., Goodson, L., dan Rohani, F. 2018. Higher Order Thinking Skills: Definition, Teaching Strategies, & Assessment. Florida: A Publication of the Educational Services Program, Now Known as the Center for Advancement of Learning and Assessment, Florida.

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13, No. 1, pp. 2239–2253.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Standard Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kebudayaan, K. P. D., dan Indonesia, R. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ka’u, H. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 1, pp. 3329–3335.

Khotimah, N. 2022. Peran Serta Peserta Didik dalam Pelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 2 Mentaya Hulu. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 3, pp. 359–365.

Syamsidah dan Suryani, H. 2018. Model Problem Based Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Upara, N. I. B., Pitri, H. N., Ismadi, Y., Ilham, P. A., dan Afandi, A. 2024. Problematika Pelaksanaan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, Vol. 4, No. 3, pp. 267–273.

Suriani, T., dan Putri, N. H. P. N. H. 2023. Validitas LKPD Berbasis Activity Classroom Discussion Exercise (ACE) pada Siswa Kelas XI Kuliner SMKN 6 Padang. Jurnal JIPS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), Vol. 7, No. 1, pp. 48–58.

Husni, M., Hadi, Y. A., Jauhari, S., dan Huri, H. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centerd Learning (SCL) pada Kelas V SDN 1 Ketangga. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 6, No. 2, pp. 294–303.

Tukan, M. B., Komisia, F., Leba, M. A. U., dan Amtonis, J. S. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pratikum Kimia Berbasis Lingkungan pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, Vol. 3, No. 1, pp. 108–117.

Silalahi, M. 2018. Pemahamam Siswa SMP Pusaka Desa Sindang Jaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur Tentang Pertanian Hidroponik. Prosiding Seminar Nasional PEI Cabang Palembang, pp. 978–979.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. 2017. Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), Vol. 2, No. 1, pp. 28–36.

Rizky, A., dan Andromeda, A. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Termokimia Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains pada Fase F SMA. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, Vol. 4, No. 4, pp. 345–352.

Kusumasari, A., Herdini., dan Susilawati. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Materi Kesetimbangan Kimia. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, Vol. 6, No. 1, pp. 20–29.

Siregar, T. B., Putri, A. N., dan Hindrasti, N. E. K. 2020. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), Vol. 3, No. 2, pp. 130–139.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., dan Amalia, D. A. 2020. Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, No. 2, pp. 311–326.

Azzadev, Q. A., Fadilah, M., Arsih, F., dan Fajrina, S. 2023. Validasi Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembuatan Nata De Saccha Berbasis Project Pemanfaatan Air Sari Tebu pada Materi Inovasi Teknologi Biologi untuk Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 3, pp. 22972–22980.

Salsabila. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Tekanan Zat di SMPN 1 Tapaktuan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Almansyur, A. K., Sujarwanta, A., dan Santoso, H. 2024. Pengembangan LKPD IPA Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Pencemaran Lingkungan SMP Kelas VII. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, Vol. 1, No. 4, pp. 207–219.

Downloads

Published

2025-05-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 18