PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS FANSPAGE FACEBOOK DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING (STUDI PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA)

Authors

  • Rysfa Nuur Ahad Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Danial Universitas Negeri Makassar
  • Hardin . Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p90-100

Keywords:

ADDIE, Media, Fanspage Facebook

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis Fangspage Facebook sebagai media pembelajaran pada materi pokok Ikatan Kimia. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analysis (tahap analisis), (2) design (tahap perancangan), (3) development (tahap pengembangan), (4) implementation (tahap implementasi) dan (5) evaluation (tahap evaluasi). Hasil penelitian ini adalah: (1) kevalidan media Fangspage Facebook berdasarkan ahli media dan ahli materi, masing-masing sebesar 3,60 dan 3,78 dengan kategori sangat valid, (2) kepraktisan media Fangspage Facebook berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 100%, 82,92% dan 80% dengan kategori sangat praktis, (3) keefektifan media Fangspage Facebook berdasarkan angket ketertarikan belajar kimia dan tes hasil belajar masing-masing yaitu sebesar 80% dan 91% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Fangspage Facebook pada materi pokok Ikatan Kimia yang dikembangkan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurillahwaty, E. 2022. Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Vol. 1, pp. 81‒85.

Rosmana, P.D., Sofyan, I., Alifia, N. A. H. A., Nurfanti, W. N., Rahmah, N., dan Virlee, I. A. 2023. Peranan Teknologi pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kabupaten Purwakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Vol. 3, No. 2, pp. 3097‒3110.

Rahayu, K., Indah, W., dan Resti, T. A. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Ikatan Kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, Vol. 1, No. 1, pp. 184‒194

Pujiono, A. 2021. Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, Vol. 2, No. 1, pp. 1–19.

Anwar, Y., Fadillah, A., dan Syam, M. 2021. Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, Vol. 30, No. 3, pp.399‒408

Rayanto, Y. H. dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan, Model Addie Dan R2d2 Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Askar, Auliah, A., dan Hardin. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quick Response (QR) Code Pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon Development. ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia), Vol. 5, No. 1, pp. 28–45.

Widianto, E., Alfina, A. H., Annisa, N. S., Erza, F. R., Fitriana, K. D., dan Shindy, A. I. C. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal Of Education And Teaching, Vol. 2, No. 2, pp. 213‒224.

Sadiman, S. A. 2011. Media Pembelajaran : Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatanya. Jakarta: Grafindo Persada.

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10, No. 3, pp. 282‒289.

Miftah, M., dan Nur, R. 2022. Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis TIK sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 1, No. 4, pp. 412‒420.

Ummah, Khoiruli Siti. 2021. Media Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Riduwan. 2016. Instrumen Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Dewi, M. R. 2022. Kelebihan dan Kekurangan Project-Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Upi, Vol. 19, No. 2, pp. 213‒226.

Gandamana, A., dan Marisa. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi berbasis Animaker pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagai Mana Tubuh Mengolah Makanan di Kelaas 5 SD Negeri 10 Rantauprapat. ESJ (Elementary School Journal), Vol. 11, No. 3, pp. 213‒221.

Downloads

Published

2025-05-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 13