PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p121-126Keywords:
hasil belajar IPA, cooperative learning (jigsaw), penelitian tindakan kelasAbstract
Riset ini didasarkan pada siswa yang tampak bosan ketika mengikuti pembelajaran IPA. Hal itu terjadi karena mata pelajaran IPA terletak pada jam terakhir pada kegiatan pembelajaran. Tujuan riset ini yaitu untuk mengetahuii peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII SMPN 9 Balikpapan dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Subjek penelitian ini diambil dari 35 siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Balikpapan. Penelitian tindakan kelas (PTK) diterapkan dalam riset ini dengan menggunakan dua putaran. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa yang berupa soal uraian sebanyak 10 butir soal. Adapun hasil uji validitas ditunjukkan bahwa dari 15 butir soal terdapat 10 butir soal dinyatakan valid dan hasil uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,83 sehingga dapat dikatakan reliabel. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk memperoleh gambaran dari data yang ada. Riset yang telah dilakukan menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,43% sehingga model cooperative learning tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Downloads
References
Azzahra, N., Pratomo, S., dan Sumiati, T. 2019. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, Vol. 14, No. 2, pp. 109‒116.
Jufri, W. 2017. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Handayani, V., Fatimah, S., Maulidiana, F., Putri, A., N., dan Anjarwati, A. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, Vol. 5, No. 2, pp. 125‒130.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Aronson, E., Blaney, N., Stephan, C., Sikes, J., dan Snapp, M. 1978. The Jigsaw Classroom. Baverly Hills, CA: Sage.
Hamdayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sari, E., M., Hamidah, A., dan Hadyanto. 2021. Implementation of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Increase Activities and Science Learning Outcomes of Class V SD. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 10, No. 2, pp. 1‒6.
Carroline, D., Idrus, I., dan Yennita. 2018. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Biologi pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, Vol. 2, No. 2, pp. 67‒72.
Murniatun, Prayunisa, F., dan Rasyidi, M. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Ghafuriyah Subaikah. JPIPAS: Jurnal Pendidikan IPA dan Ilmu Sains, Vol. 1, No. 1, pp. 15‒20.
Syafitri, S., C., I. 2024. Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, Vol. 4, No. 2, pp. 760‒763.
Djabba, R., dan Ilmi, N. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 12, No. 3, pp. 264‒270.
Paizaluddin, dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.
Ringu, A., A., T. Dan Wange, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Waingapu. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, pp. 91‒100.
Anitra, R. 2021. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 6, No. 1, pp. 8‒12.
Kahar, M., S., Anwar, Z., dan Murpri, D., K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol. 9, No. 2, pp. 279‒295
Prasetyo, A., D. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, Vol. 2, No. 1, pp. 21‒29.

