VALIDITAS BOOKLET EKSTRAKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI INDUSTRI EDIBLE OILS KELAS XII SMK KOMPETENSI KEAHLIAN KIMIA INDUSTRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p148-159Keywords:
Booklet, Ekstraksi, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas booklet ekstraksi sebagai media pembelajaran pada materi industri edible oils untuk peserta didik kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Kimia Industri. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang mencakup tahapan Define, Design, dan Develop. Fokus utama penelitian ini adalah menilai validitas booklet yang dikembangkan melalui uji ahli. Validasi isi dilakukan oleh ahli materi kimia industri dan ahli pendidikan, dengan hasil skor modus 3 (kategori baik), sementara validasi konstruk memperoleh skor modus 4 (kategori sangat baik). Hasil ini menunjukkan bahwa booklet ekstraksi memiliki validitas yang memadai sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, booklet ini dinilai valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung proses belajar pada materi industri edible oils. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji kepraktisan dan keefektifan booklet secara lebih luas.
Downloads
References
Alpian Y. 2019. Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. J Buana Pengabdi, Vol. 1, No. 1, pp. 66–73.
Efendi P. M. 2023. Relevansi Kurikulum Merdeka dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara : Studi Kritis dalam Perspektif Filosofis - Pedagogis. J Elem Edukasia, Vol. 6, No. 2, pp. 549–570.
Rosyad, A. M, Suhendrik, Faozi, R., Nurchamidah, Hamsah, M. 2024. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Berk Ilm Pendidik, Vol. 4, No. 3, pp. 712–723.
Rosginasari, G. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Ekstraksi di SMK N 2 Indramayu. J Univ Pendidik Indonesia, Vol. 6, No. 3, pp. 76–88.
Rohani, A., Subagiyo, L., Qadar. R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Kimia menggunakan Pendekatan Project Based Learning di SMK Negeri 1 Balikpapan. Pros Semin Nas Kim dan Pendidikan Kimia, Vol. 1, No. 4, pp. 51–63.
Putri, N. M., Saino, S. 2020. Pengembangan Booklet sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP di SMKN Mojoagung. J Pendidik Tata Niaga, Vol. 8, No. 3, pp. 925–931.
Utami, W. F. 2018. Pengembangan Media Booklet Teknik Kaitan untuk Siswa Kelas X SMKN 1 Septosari Gunung Kidul. J Fesyen Pendidik dan Teknol., Vol. 7, No. 1, pp. 7577–7588.
Rusmana, J., Ramdiah, S., Prayitno, B. 2019. Pengembangan Booklet sebagai Sumber Belajar Biologi melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembuatan Bakul Purun. Pros Semin Nas Lingkung Lahan Basah, Vol. 4, No. 3, pp. 603–607.
Marsela, N., Nurwahidah, L. S., Damayanti, D. A. 2019. Model Pembelajaran Peer Teaching dan Cooperative Scrip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kelas XI SMAN 26 Garut. Caraka J Pendidik Bhs dan Sastra Indones serta Bhs Drh., Vol. 9, No. 1, pp. 99–106.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ibrahim, M. 2005. Assesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Sudira, P. 2016. Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasi. Yogyakarta: UNY Press.
Lidwell, W., Holden, K., Butler, J. 2010. Universal Principles of Design (2nd ed.). Beverly: MA: Rockport Publishers.
Yulastri, A., Hidayati, H. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi Geometri. RANGE : J Pendidik Mat., Vol. 1, No. 1, pp. 67–78.
Rahmawati, I., Mardapi, D. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA SMP. J Penelit dan Eval Pendidik., Vol. 19, No. 1, pp. 124–135.
Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

