VALIDITAS E-LKPD PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUBMATERI FAKTOR LAJU REAKSI
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v14n2.p160-171Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Validitas, Faktor Laju ReaksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) problem based learning berbasis multipel representasi kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada submateri faktor laju reaksi. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah ADDIE dengan empat tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), dan Evaluate (Evaluasi). Hasil validasi dianalisis berdasarkan modus pada setiap aspek. Berdasarkan hasil validasi diperoleh bahwa E-LKPD PBL berbasis multipel representasi kimia yang dikembangkan memiliki kategori baik dengan skor 3 pada aspek validitas isi dan kategori baik dengan skor 3 pada aspek validitas konstruk. Selanjutnya, E-LKPD yang telah valid dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas guna menilai tingkat kepraktisan dan keefektifan dari E-LKPD yang telah dikembangkan.
Downloads
References
Partnership for 21st Century Skills. 2019. Framework for 21st Century Learning. https://static.battelleforkids.org/documents/P21/P21_Framework_Brief.pdf. Diakses tanggal 5 Februari 2025.
Kemendikbud Ristek. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan. Jakarta: Kemendikbud Ristek.
Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California Academic Press.
Ennis, R. H. 1996. Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal Logic, Vol. 18, No. 2, pp. 165‒182.
Wulansari, N. E., Ismono, dan Yonata, B. 2020. Implementation of guided inquiry learning models train critical thinking skills in reaction rate materials for eleven class SMAN 3 Lamongan. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 9, No. 1, pp. 140‒147.
Johnstone, A. H. 1982. Macro- and micro-chemistry. School Science Review, Vol. 64, pp. 377‒379.
Fukuzawa, S., dan Cahn, J. 2019. Technology in problem-based learning: Helpful or hindrance?. International Journal of Information and Learning Technology, Vol. 36, No. 1, pp. 66‒76.
Gabriella, N., dan Mitarlis. 2021. Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Hidrokarbon. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 10, No. 2, pp. 103‒112.
Hidayati, L. N., Nurhayati, S., Susatyo, E. B., dan Wardani, S. 2022. Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis masalah untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 16, No. 2, pp. 85–91.
Irawan, D. 2014. Pengembangan model. An-Nuha, Vol. 5, No. 2, pp. 225–234.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nieveen, N. 2007. Improving Curriculum Developers’ Formative Evaluation through An Electronic Performance Support System. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research (pp. 1103–1120). Enschede, Netherlands: SLO.
Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2021, November 17. Model Tujuan Pembelajaran ABCD. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/167/model-tujuan-pembelajaran-abcd. Diakses tanggal 5 Februari 2025.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Piaget, J. 1970. Science of Education and the Psychology of the Child. Viking Press.
Vygotsky, L. S. 2007. Mind in Society: Perkembangan Psikologis Tingkat Tinggi. Terjemahan oleh Sylvia Notosusanto. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Bruner, J. S. 2003. Proses pendidikan. Jakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Rahmawati, R., Wulandari, S., dan Putra, M. 2021. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 10, No. 2, pp. 123–130.
Putri, D., dan Noer, S. 2023. Validitas dan kelayakan E-LKPD berbasis PBL pada materi faktor laju reaksi. Jurnal Pendidikan Sains Terapan, Vol. 7, No. 1, pp. 45–52.

