PENGEMBANGAN LKS KOMIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA MATERI STOKIOMETRI (DEVELOPMENT LKS COMICS WITH PROBLEM SOLVING APPROACH TO IMPROVE UNDERSTANDING OF THE STUDENTS IN CLASS X IN STOICHIOMETRIC MATTER)

  • RISMA SARI TRI PUTRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari LKS komik dengan pendekatan problem solving yang dikembangkan berdasarkan validitas isi, validitas konstruksi, respon siswa serta peningkatan pemahaman siswa.  Subyek penelitian ini adalah LKS komik dengan pendekatan problem solving. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah, lembar angket validasi isi dan konstruksi, lembar angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa serta lembar tes untuk siswa. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel & Semmel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKS mendapatakan rata-rata 82,89% pada penilaian validitas isi. (2) LKS mendapatkan persentase nilai rata-rata validitas konstruksi sebesar 87,40% dengan kriteria sangat baik. (3) LKS yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase 89,29%. (4) LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi stokiometri dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 85,71%.

Kata kunci: Problem Solving, Komik, Stokiometri

This study aims to determine the feasibility of LKS comics with problem solving approach developed based on content validity, validity construction, student responses and increased student understanding. The subjects of this study were the comics worksheets with problem solving approach. Instrument of research is the study sheet, sheet validation questionnaire content and construction, sheet student questionnaire responses, feasibility study and observation sheets and student activity sheets for student testing. This research is a form of research development with 4D development model adapted from Thiagarajan, Semmel & Semmel. The results showed that (1) LKS have average 82.89% on content validity assessment. (2) the percentage of LKS obtain an average value of 87.40% construction validity criteria very well. (3) developed LKS get a positive response from students with a percentage of 89.29%. (4) developed worksheets that can improve students understanding of the stoichiometric material with an increasing percentage of the learning outcomes of 85.71%

Key words: Problem solving, Comics, Stoichiometric

Published
2014-06-04
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 54